Sabtu, 12 Mei 2018

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat


Sedulurtani.com. Salak atau yang dikenal dengan nama latin (Salacca zalacca), merupakan tumbuhan monokotil (berkeping biji tunggal) yang sifatnya merumpun. Salak termasuk dalam tumbuhan palma yang berbentuk perdu dengan batang yang mempunyai banyak duri yang panjang.


Tanaman yang sering dijuluki snake fruit ini diduga berasal dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Tanaman salak banyak terdapat di Jawa bab barat daya dan Sumatra. Baru lalu tumbuhan ini menyebar ke Mulucca, Papua New Guinea, Filipina, kepulauan Fiji dan Queensland (Australia).


Salak yang merupakan buah terkenal ini sering dihidangkan sebagai buah meja. Selain itu, salak juga sanggup dibentuk menjadi manisan, makanan kaleng, asinan, maupun kripik salak.


Untuk mengenal lebih terang wacana tumbuhan salak, maka pada pertemuan kali ini Sedlurtani.com. Ingin membuatkan Informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat


Berikut ini ialah pembagian terstruktur mengenai dari tumbuhan salak :












































KingdomPlantae
Sub KingdomTrachebionta
Super DevisiSpermatophyta
DevisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
Sub KelasArecidae
OrdoArecales
FamiliaArecaceae
GenusSalacca
SpesiesSalacca zalacca (Gaertn.) Voss

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tumbuhan salak, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan salak. Berikut ini ialah morfologi dari tumbuhan salak :

1. Akar

Tanaman salak mempunyai perakaran serabut yang banyak dan kuat. Akar serabut ini tumbuh dangkal dan sedang dengan kedalaman antara 10-50 cm.


2. Batang

Tanaman salak memilki batang yang dipenuhi duri panjang dan tajam, serta tidak begitu terlihat alasannya tertutup daun yang sangat lebat.


Batang tumbuhan salak berwarna hijau dan pada daging batang berwarna putih. Batang tumbuhan ini menjalar ke bawah membentuk ibarat rimpang, dengan diameter antara 10-15cm dan berukuran pendek.


3. Daun

Tanaman salak mempunyai daun tipe beragam menyirip dengan panjang antara 3-7 meter dan terdapat urat utama yang berpengaruh ibarat pada kelapa yang dijadikan lidi.


4. Bunga

Terdapat tiga macam bunga salak, yaitu bunga jantan, bunga betina, dan sempurna. Pada bunga jantan terbungkus seludang (spandex) dengan tangkai panjang, sedangkan bunga betina terbungkus seludang dengan tangkai yang pendek.


Bunga jantan mempunyai warna coklat kemerahan dan sekelompok bunga jantan terdiri dari 4-12 malai. Sedangkan bunga betina berwarna hijau kekuningan berbintik merah dan mempunyai tiga petal.


Bunga tersebut muncul dari ketiak pelepah daun. Sedangkan penyerbukanya terjadi secara silang dengan pemberian serangga, ibarat halnya kumbang moncong (Curculinoid sp).


5. Buah

Buah salak memiliki bentuk hampir ibarat segitiga agak  bundar telur terbalik dengan pangkal yang runcing kerucut dan ujung yang membulat. Buah ini terdiri dari tiga bakal biji yang dibungkus daging (sarcotesta) dengan tekstur lunak dan yummy untuk dikonsumsi.


Pada bab daging buah dibukus oleh selaput tipis yang transparan tidak tembus air, akan tetapi tembus oleh cahaya matahari.


Daging buah salak mempunyai warna kuning agak keputihan. Buah ini mempunyai kulit ibarat sisik ular dengan warna coklat kekuningan, hingga coklat kehitaman.


Pada umumnya setiap satu buah salak terdapat 2-3 biji salak dengan warna coklat hingga hitam.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda yang sedang mencari gosip terkait tumbuhan salak.

 




Sumber https://www.sedulurtani.com


EmoticonEmoticon