Minggu, 13 Mei 2018

Pakan Ikan Mas Ini Dapat Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini…

Membudidayakan ikan mas kadang terkendala dengan problem biaya pakan ikan mas atau biaya makanan ikan mas. Biasanya pakan atau makanan ikan mas yang dipakai secara umum yakni pelet. Akan tetapi dengan naiknya harga pelet menciptakan ongkos pakan ikan Anda akan terus membengkak.


Membudidayakan ikan mas kadang terkendala dengan problem biaya pakan ikan mas atau biaya m Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini…
Aneka Pakan Ikan Mas

Kenaikan harga pelet sudah menjadi sebuah beban tersendiri bagi pelaku bisnis budidaya ikan mas. Untuk menekan pengeluaran yang besar, Anda dibentuk berpikir lebih keras untuk mencari jalan keluar atau solusi terkait kenaikan harga pelet sebagai pakan utama. Anda tidak perlu khawatir. Berikut kami berikan ulasan ihwal pakan ikan mas yang mempunyai harga super murah bahkan gratis.


Cacing


Cacing termasuk binatang yang mempunyai kandungan protein tinggi. Sangat cocok untuk binatang khususnya ikan. Dari dulu hingga sekarang  cacing yakni makanan favorit ikan mas. Untuk mendapat cacing pun tidak sulit Anda sanggup menemukan di halaman sekitar rumah tentunya secara gratis.


Artikel terkait cacing: Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus Untung 3X Lipat..Klik Di Sini.


Kroto


Kroto atau telur semut rangrang sangat cocok dijadikan tambahan makanan atau ekstra food yang sangat baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi ikan mas Anda. Untuk mendapat kroto, Anda sanggup mencari pada pohon – pohon sekitar rumah Anda. Hindari untuk membeli kroto di warung – warung pakan. Karena harganya sangat mahal.


Artikel terkait kroto : Mau bisnis kroto? Baca Dulu Analisis Bisnisnya Di Sini.


Ulat Daun Pisang


Mungkin sedikit terdengar absurd dan asing, namun ulat daun pisang sanggup dijadikan makanan ikan mas. Anda sanggup mendapat ulat daun pisang di pohon pisang sekitar rumah Anda. Ulat ini biasanya dalam posisi menggulung.


Campuran Sekam Padi Dengan Kotoran Sapi


Membuat makanan ikan mas yang satu ini yakni dengan cara mencampurkan sekam padi dengan kotoran sapi. Dengan cara ini masa panen Anda sanggup lebih cepat dan tentunya mendapat hasil yang optimal. Caranya terbilang mudah, cukup mencampurkan sekam padi dan kotoran sapi dan aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan tetes tebu dan tepung ikan. Jangan lupa menambahkan karbon sebagai penyerap kandungan racun yang ada. Setelah teraduk rata dan berbentuk adonan, cetak gabungan berbentuk lingkaran menyerupai dengan pakan pabrikan. Setelah dicetak, keringkan dibawah terik matahari langsung.


Selain pertolongan makanan tambahan ikan mas atau ekstra food untuk menekan pertolongan pelet, Anda juga sanggup menciptakan sendiri makanan untuk ternak ikan mas Anda. Tentunya dengan teknik yang sangat mudah.


Cara Membuat Makanan Ikan Mas


Bahan Pembuat Pakan Ikan Mas


Bahan pembuat pakan atau makanan ikan mas yang kami maksudkan yakni materi nabati dan materi hewani. Bahan nabati merupakan materi – materi yang didapatkan dari tanaman/tumbuhan menyerupai daun, dedak, atau bekatul. Sedangkan materi hewani merupakan materi – materi yang tergolong organik dan berasal dari binatang menyerupai telur ataupun tepung ikan. Saat ini teknik pertolongan pakan model ini sudah populer. Kesadaran masyarakat akan kandungan nutrisi dan protein dari materi ini menciptakan banyak yang beralih melaksanakan teknik menciptakan pakan ini. Disamping itu materi – materi tersebut sanggup Anda olah lalu dijadikan pelet untuk makanan ikan mas Anda. 


Membudidayakan ikan mas kadang terkendala dengan problem biaya pakan ikan mas atau biaya m Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini…
Membuat Pakan Ikan Mas

Pembuatan Emulsi Pakan Ikan Mas


Pembuatan emulsi merupakan bentuk pakan ikan mas yang sanggup Anda buat sendiri. Untuk jenis pakan ini cocok untuk makanan ikan mas yang dibudidayakan untuk pembenihan. Karena kandungannya sangat baik bagi ikan mas yang berumur berksiar 5 – 21 hari. Bahan yang dipakai dalam pembuatan emulsi diantaranya tepung kedelai yang dicampurkan kuning telur ayam, dengan komposisi 1 : 1. Jika perlu Anda sanggup menambahkan vitamin ikan dengan takaran 1%.


Cara pembuatannya cukup sederhana, yaitu :



  • Larutkan kuning telur ayam ke air mendidih 200ml.

  • Tambahkan 40 gr tepung kedelai.

  • Tambahkan 5 gr tepung sagu.

  • Tambahkan vitamin ikan 1 gr.

  • Aduk hingga berbentuk gumpulan.


Untuk pengaplikasiannya juga cukup sederhana yaitu dengan disebarkan diatas air kolam. Penyebaran dilakukan secara bersiklus yaitu 6 hingga 8 kali dalam sehari.


Membuat Pelet dari Tepung


Untuk menciptakan pelet dari tepung, materi yang diharapkan terdiri dari tepung ikan, tepung kedelai, dan tepung terigu. Sebagai materi tambahan yakni kuning telur. Cara pembuatannya yakni campurkan semua tepung di tambah vitamin ikan 1 g. Setelah itu masukkan kuning telur dan aduk hingga merata hingga membentuk adonan. Cetak gabungan sesuai dengan selera anda. Pelet yang sudah jadi sebaiknya dijemur dahulu sebelum dipakai atau diberikan sebagai makanan ikan mas.


Membudidayakan ikan mas kadang terkendala dengan problem biaya pakan ikan mas atau biaya m Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini…
Pengeringan Pakan Ikan

Pakan Kultur Alami


Membudidayakan plankton yakni alternatif lain untuk menyediakan pakan pada ikan mas. Jenis plankton yang sanggup Anda budidayakan yakni daphnia, rotifera dan moina. Anda sanggup juga membudidayakan cacing tubifek sebagai alternative pakan ikan mas Anda.


Cacing sutera sanggup dijadikan pakan kultur alami ikan mas. Ingin budidaya cacing sutera? Baca: Budidaya Cacing Sutera – Si Kecil Penghasil Rupiah


Itulah beberapa pakan alternatif yang sanggup Anda gunakan sebagai makanan pendamping pelet. Semoga sanggup menimbulkan perjuangan ternak ikan mas Anda semakin berhasil. Jika ada pertanyaan Anda sanggup menanyakan pada kolom komentar di bawah ini.


Sumber gambar : Youtube.google,facebook,mandirikotamobagu




Sumber https://www.infoagribisnis.com


EmoticonEmoticon