Minggu, 13 Mei 2018

Klasifikasi Dan Morofologi Semangka Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap


Sedulurtani.com. Tanaman semangka merupakan jenis flora merambat dan bersifat semusim serta tergolong cepat berproduksi alasannya umurnya hanya sekitar enam bulan. Tanaman semangka berasal dari Afrika dan pada ketika ini flora ini telah menyebar keseluruh dunia, baik itu wilayah tropis maupun sub tropis.


Sementara itu, di Indonesia sendiri semangka banyak diusahakan menyerupai halnya, di Madiun, Malang, Madura, Klaten, Lombok, Indramayu dan Cirebon. Semangka mempunyai jenis-jenis yang bermacam-macam dengan rasa buah yang bagus dan lembap serta menyegarkan.


Supaya Anda mengenal lebih terperinci perihal flora semangka, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan info perihal Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap.


Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap


Berikut ini ialah pembagian terstruktur mengenai flora semangka :




















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoCucurbitales
FamiliCucurbitaceae
GenusCitrullus Schrad. Eckl. & Zeyh.
SpesiesCitrullus lanatus (Thunb). Matsum. & Nakai

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari flora semangka, maka selanjutnya yaitu morfologinya. Berikut ini ialah morfologi dari flora semangka :

1. Morfologi Akar

Tanaman semangka mempunyai akar tunggang dan akar samping sedikit, tetapi agak dalam.


2. Morfologi Daun

Daun semangka mempunyai contoh yang selang-seling, daunya lebar dan bercangap menjari serta berbulu.Ukuran daun semangka mempunyai panjang sekitar 3-25cm dan lebar 1,5- 5 cm dan berbentuk lancip pada bab ujung daun.


Sedangkan pada bab samping daun semangka bergelombang dan dibagian bawah daun berambut rapat pada bab bawah.


3. Morfologi Batang

Batang flora semangka mempunyai ukuran yang kecil dan panjang, sehingga bisa untuk memanjat dengan mediator alat pemegang. Akan tetapi secara umum petani menjalarkan flora semangka di atas tanah.


Batang semangka sanggup tumbuh merambat dengan panjang sekitar 3-5 meter dengan bentuk persegi. Batang ini mempunyai sifat lunak dan berambut panjang antara 1-5-5 cm.


4. Morfologi Bunga

Tanaman semangka mempunyai bunga berwarna kuning cerah dan muncul pada ketiak daun yang berbeda. Bunga berumah satu (monoecius), akan tetapi berkelamin satu (unisecual). Bunga jantan mempunyai bentuk menyerupai terompet, sedangkan bunga betina mempunyai bakal  buah yang cukup besar seukuran kaleng.


Pada umumnya bunga jantan dengan bunga betina mempunyai proporsi perbandingan 7:1 lebih banyak bunga jantan. Penyerbukan bunga semangka terjadi secara silang melalui mediator serangga, menyerupai lalat hijau dan lebah madu.


Biasanya flora akan mulai berbunga sesudah berumur 45-60 hari sesudah tanam, gres kemudian sanggup berbunga setiap waktu.


5. Morfologi Buah

Buah semangka memiliki bentuk yang beragam, ada yang bulat, lingkaran telur, lonjong, dan ada juga yang berbentuk menyerupai kubis. Buah semangka mempunyai ukuran cukup besar dengan panjang antara 20-40 cm, dan diameter 20-40 cm. Pada umumnya buah ini mempunyai berat sanggup mencapai 5 kg, dan bahkan kini sanggup mencapai 20kg.


Daging buah berwarna merah, kuning, atau jingga tergantung dari jenisnya. Buah semangka mempunyai rasa manis, renyah, mengandung banyak air dan menyegarkan.


Sedangkan kulit buah semangka juga mempunyai warna beragam, ada yang hijau tua, kuning keputihan, atau hijau muda bergaris putih. Kulit buah mempunyai permukaan yang licin dan berdaging tebal. Pada permukaan kulit buah tersebut mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.


6. Morfologi Biji

Biji semangka mempunyai ukuran yang kecil dan berbentuk pipih memanjang serta berwarna hitam, kuning, putih, atau coklat kemerahan tergantung jenisnya.


Bahkan ada juga semangka yang tidak mempunyai biji (seedless), hal tersebut bisa terjadi alasannya flora semangka sengaja diberi hormon (ZPT) pada bab bunga flora semangka.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap. Semoga sanggup menjadi tumpuan bagi Anda yang sedang mencari info berkaitan dengan flora semangka.

 




Sumber https://www.sedulurtani.com


EmoticonEmoticon