Minggu, 06 Mei 2018

Pengertian, Segmentasi Pasar [Strategi Dan Contoh]

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Pengertian, Segmentasi Pasar [Strategi dan Contoh] “Pengertian, Contoh, Strategi Segmentasi Pasar”

Akuntansilengkap.com – Pengertian Segmentasi Pasar | Secara sederhana artinya yaitu taktik memahami struktur pasar dan pihak-pihak yang ada di dalamnya.

Tahukah Kamu ?

Menurut Kasali, memahami struktur pasar (segmentasi pasar), maka penjual akan menerima laba seperti. 1) Mendesain produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar. 2) membantu mendeteksi siapa saja yang menjadi pesaing dalam pasar. 3) menemukan peluang (niche). 4) menguasai posisi yang superior dan kompetitif. 5) menentukan komunikasi yang strategis, efektif dan efisien. 

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Menurut Kotler

Segmentasi pasar yaitu sekelompok pelanggan yang merupakan bab dari pasar yang mempunyai kebutuhan dan impian yang serupa. (Baca juga: pengertian dan referensi pasar monopolioligopoli )

Menurut Kasali

Segmentasi pasar merupakan proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok “potential costumer” yang mempunyai kesamaan abjad atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Pengertian segmentasi pasar yaitu membagi sebuah pasar berdasarkan kebutuhan, sikap yang membutuhkan produk atau karakteristik atau bauran pemasaran. Dengan kata lain membagi pembagi kedalam kelompok-kelompok tersebut.

Baca juga:

  1.  Pengertian Stakeholder [Teori Analisis dan Contoh]
  2. (Lengkap) Pengertian, Contoh, Fungsi Lembaga Ekonomi dan Tujuannya
  3. 11 Pengertian, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsi Lembaga Sosial di Indonesia

Tahap Segmentasi Pasar

Berdasarkan pengertian tersebut segmentasi pasar sanggup kita definisikan kedalam dua hal yaitu:

Penetapan Target Pasar, yaitu proses dalam mengevaluasi daya tarik dari banyak sekali segmen dan menentukan salah satu diantaranya untuk dijadikan segmen yang akan dimasuki. (Baca juga: contoh pasar input )

Penempatan posisi, yaitu upaya mengatur produk biar sanggup menempati posisi pada benak konsumen yang terperinci dan khas dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.

Tabel dibawah ini mengatakan beberapa langkah dalam segmentasi pasar, penetapan sasaran dan penempatan posisi pasar.

Segmentasi Pasar 1. Mengenali basis yang dipakai untuk mensegmentasi pasar.
2. Menyusun Profil-profil segmen.
Penetapan Target Pasar 3. Mengevaluasi daya tarik masing-masing Segmen.
4. Memilih segmen sasaran
Penempatan Posisi di Pasar 5. Menyusun penempatan segmen-segmen yang ditargetkan.
6. Menyusun bauran pemasaran tiap-tiap segmen.

Tingkatan Strategi Segmentasi Pasar

Tingkatan taktik segmentasi pasar diantaranya terdiri dari Pemasaran Massal, Pemasaran Segmen, Pemasaran Relung dan Pemasaran Mikro.

  1. Pemasaran Massal, yaitu memproduksi, mendistribusi dan mempromosikan secara masal kepada semua konsumen dengan produk yang hampir sama dan dengan cara yang hampir sama pula.
  2. Pemasaran Segmen, yaitu membagi segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan atau lebih segmen tersebut. (Baca juga: jenis taktik pemasaran )
  3. Pemasaran Relung, yaitu membagi segmen dengan cara memfokuskan kepoada subsegmen (segmen yang lebih khusus/relung pasar) yang mempunyai jumlah ciri bawaan yang khas dengan kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
  4. Pemasaran Mikro, yaitu pernancangan produk dan agenda yang sesuai dengan selera individu di setiap lokasi yang spesifik atau dengan kata lain yaitu pemasaran lokal dan pemasaran individual.
  • Pemasaran lokal adalah perancangan merek dan promosi untuk wilayah/pelanggan lokal, kota, pemukiman atau bahkan untuk yang spesifik.
  • Pemasran individual adalah perancangan produk beserta agenda pemasaran supaya sempurna dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Istilah ini juga sering disebut dengan pemasaran satu per satu (one to one marketing) atau pemasaran yang terdiri dari satu orang (market of one marketing) dan sesuai dengan kebutuhan dan pemasaran pasar yang.

Baca juga:

  1. Pengertian, Tujuan Administrasi Perkantoran [Ruang Lingkup Dan Fungsi]
  2. 10 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Mensegmentasi Pasar Konsumen

Cara mensegmentasi pasar konsumen sanggup dikelompokkan menjadi menyerupai berikut ini:

  1. Segmentasi Geografis, yaitu membagi pasar kedalam unit geografis yang berbeda menyerupai misalnya kota, pemukiman, wilayah negara bagian, negara dan kabupaten.
  2. Segmentasi Demografis, yaitu upaya untuk membagi pasar kedalam kelompok yang berdasarkan variabel usia, ukuran keluarga, pendapatan, agama, ras, pekerjaan dan kebangsaan.
  3. Segmentasi Psikografis, yaitu upaya yang mengelompokkan pembeli menjadi berbeda atau berdasarkan kelas sosial, karakterisitik kepribadian atau gaya hidup (lifestyle).
  4. Segmentasi Perilaku, yaitu membagi pasar menjadi kelompok yang berdasarkan kepada jawaban atau penggunaan konsumen terhadap suatu produk.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 12 Cara Mendirikan Koperasi (Simpan Pinjam, Yang Benar
  2.  4 (Tahap Lengkap) Cara Mendirikan Koperasi Sekolah Dan Contohnya
  3. 4 Tingkatan Koperasi Di Indonesia (Struktur Dan Usahanya) Lengkap
  4. [Lengkap] Contoh Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Beserta Penjelasan
  5. Pengertian Badan Hukum Serta Bentuk-Bentuk Dan Tanggung Jawabnya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com


EmoticonEmoticon