a. Suatu unit materi yang dirancang secara khusus sehingga dipelajarai oleh pelajar secara mandiri.
b. Merupakan acara pembelajaran yang utuh, disusun secara sistematis, mengacu pada tujuan pembelajaran yang terang dan terukur.
c. Memuat tujuan pembelajaran, materi dan kegiatan untuk mencapai tujuan serta penilaian terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
2. Komponen Modul
a. Modul untuk siswa, berisi kegiatan berguru yang dilakukan siswa.
b. Modul Untuk Guru, berisi petunjuk guru, tes selesai modul, dan kunci balasan tes selesai modul.
3. Karakteristik Modul
a. Dirancang untuk sistem pembelajaran mandiri.
b. Program pembelajaran yang utuh dan sistematis.
c. Mengandung tujuan, bahan/kegiatan dan evaluasi.
d. Disajikan secara komunikatif, dua arah.
e. Diupayakan biar sanggup mengganti beberapa kiprah pengajar.
f. Cakupan bahasan terfokus dan terukur.
g. Mementingkan aktifitas berguru pemakai.
4. Struktur Modul
a. Pendahuluan
Pendahuluan setidaknya memuat lima elemen, yaitu
1) Tujuan
2) Pengenalan terhadap topik yang akan dipelajari
3) Informasi perihal pelajaran
4) Hasil Belajar
5) Orientasi
b. Kegiatan Belajar
Struktur Kegiatan Belajar meliputi
Kegiatan Belajar I: Judul
1) Tujuan
2) Materi Pokok
3) Uraian materi, berisi penjelasan, contoh, ilustrasi, aktivitas, tugas/latihan, rangkuman
4) Tes Mandiri 1
Kegiatan Belajar 2 : Judul, struktur menyerupai Kegiatan Belajar I.
Bentuk Aktivitas Belajar, antara lain:
1) Aktivitas Mental/Pikiran (aktivitas yang bersifat memotivasi untuk berfikir)
Contoh:
Penyaringan dipakai untuk memisahkan adonan heterogen yang terdiri dari zat padat dengan zat cair pelarutnya. Misalnya kalau ingin membersihkan air keruh. Di laboratorium ada kertas saring … (dan seterusnya). Coba Anda pikirkan apakah larutan gula dalam air sanggup dipisahkan dengan cara penyaringan? Berikan alasan Anda.
2) Aktivitas Membaca/Menulis (aktivitas yang bersifat memotivasi untuk mau membaca dan menjawab pertanyaan secara tertulis).
Contoh:
…………..…………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………… (uraian materi)
Dari beberapa definisi yang telah dipelajari, cobalah Anda rumuskan definisi gerak dalam fisika! Tulislah balasan Anda pada titik-titik di bawah ini !
………………………………………………………………………………………………….
3) Aktivitas Melakukan Tindakan Lain (aktivitas yang bersifat memotivasi untuk melaksanakan kegiatan, penelitian, praktikum, observasi, demonstrasi, kiprah pekerjaan rumah). Contoh acara ini berupa kiprah melaksanakan pekerjaan dan praktikum.
c. Penutup
1) Salam, Rangkuman, aplikasi, tindak lanjut, kaitan dengan modul berikutnya
2) Daftar Kata Penting
3) Daftar Pustaka
4) Kunci Tes Mandiri
Modul yang baik baik ditentukan berdasarkan:
a) kecermatannya (accuracy);
b) ketepatannya (matching);
c) kecukupannya (sufficiency);
d) keterbacaannya (readability);
e) bahasanya (fluency);
f) illustrasinya (attractiveness);
g) perwajahannya (impression).
5. Bahasa dalam modul
1) Gunakan bahasa percakapan, bersahabat, komunikatif
2) Buat bahasa ekspresi dalam bentuk tulisan
3) Gunakan sapaan dekat yang menyentuh secara langsung ( Kata ganti )
4) Pilih kalimat sederhana, pendek, tidak beranak cucu
5) Hindari istilah yang sangat abnormal dan terlalu teknis
6) Hindari kalimat pasif dan negatif ganda
7) Gunakan pertanyaan retorik
8) Sesekali sanggup dipakai kalimat santai, humor, ngetrend
9) Gunakan santunan gambaran untuk informasi yang abstrak
10) Berikan ungkapan pujian, memotivasi
11) Ciptakan kesan modul sebagai materi berguru yang hidup
6. Penyajian Materi dalam Modul
Materi disajikan secara naratif, deskriptif, argumentatif, dan Illustratif. Beberapa kiat lain terkait penyajian materi ini yaitu sebagai berikut.
a. Gunakan Pertanyaan Retorik
Contoh:
Apakah Anda pernah mendengar penyakit diabetes? Atau barangkali keluarga Anda ada yang menderita diabetes? Apa bekerjsama diabetes itu? Ya, diabetes bekerjsama bukan penyakit, diabetes yaitu … .
Apakah Anda pernah mendengar istilah gerak? Apakah pengertian gerak dalam fisika berbeda dengan pengertian fisika dalam kehidupan sehari-hari? Apa yang terjadi kalau di dunia ini tidak ada gerak? Apa bekerjsama gerak dalam fisika itu? Ya, pengertian gerak dalam fisika berbeda dengan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam fisika benda dikatakan bergerak kalau ...
b. Hindari ancaman
ü Jika nilai tes selesai modul Anda masih kurang dari 60 jangan berkecil hati, cobalah membaca sekali lagi
ü Jika Anda telah memahami modul ini, silakan melanjutkan mempelajari modul berikutnya….
ü Usahakan tidak melihat kunci balasan sebelum selesai mengerjakan soal ….
c. Berbicara dengan pembaca
ü Melalui modul ini Anda akan mempelajari perihal ... .
ü Setelah selesai mempelajari modul ini Anda diperlukan sanggup … .
ü Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa teladan berikut … .
ü Sebagai seorang siswa, kita seharusnya selalu siap mengerjakan kiprah yang diberikan guru … .
d. Gunakan kata ganti orang
Pada bab sebelumnya, Anda telah mempelajari pengertian gaya. Selanjutnya, pada bab ini kita akan membahas tentang….
e. Hindari Kalimat Negatif Ganda
Contoh kalimat negatif ganda:
Jika kau sudah memahami perihal konsep gaya, tak mungkin kau tidak sanggup mengerjakan soal perihal konsep gaya.
Kalimat di atas sanggup diperbaiki menjadi:
Jika kau sudah memahami perihal konsep gaya, kau niscaya sanggup mengerjakan soal perihal konsep gaya.
f. Kalimat Aktif Lebih Dianjurkan
Contoh:
Daripada menggunaan kalimat: Materi gaya ini pernah dibahas pada waktu kelas VIII. Apakah materi ini masih diingat? dianjurkan: Kita pernah membahas materi gaya ini pada waktu kelas VIII. Kamu masih ingat, bukan ?
g. Lihatlah Perasaan Pembaca
Contoh:
Sebenarnya IPA itu mudah. Tapi, mengapa banyak siswa yang menyampaikan IPA itu sukar ? Mungkin Anda termasuk siswa yang ingin berguru IPA terasa mudah. Jika demikian, Anda perlu mencoba tips berguru IPA menjadi gampang berikut ini !
EmoticonEmoticon