Kamis, 02 Agustus 2018

Clef Untuk Wordpress


Keamanan merupakan salah satu hal yang banyak menjadi perhatian. Salah satu yang menjadi sorotan ialah problem password.

Password itu menyerupai kunci dalam kehidupan digital kita. Ketika seseorang telah bisa mengambil atau mempunyai kunci tersebut. Bukan tidak mungkin, problem yang sangat besar akan menghampiri kita. Terlebih bagi orang yang menerapkan satu password untuk semua akun. Bayangkan, hanya dengan satu password yang terungkap kita bisa mempunyai jalan masuk ke segala data digital mereka. Data pribadi, keuangan, pekerjaan.

Untuk mengantisipasi problem yang mungkin terjadi, banyak orang yang mulai meningkatkan kesadaran akan penggunaan password mereka. Memiliki password dengan abjad yang lebih panjang dan dengan variasi yang lebih bermacam-macam pun mulai dilakukan oleh banyak orang ketika ini.

Namun, bukan berarti problem selesai. Password yang lebih sulit, bukan tidak mungkin untuk dipecahkan. Belum lagi, banyak orang yang mempunyai kesulitan untuk mengingat password yang panjang dan rumit tersebut. Sehingga kadang memakai solusi ini malah banyak menyebabkan problem baru. Solusi lain pun mulai bermunculan. Salah satunya berasal dari sebuah software yang berjulukan Clef.
Apa itu Clef?


Clef ialah sebuah aktivitas yang merancang kita untuk mulai berhenti memakai password. Dengan Clef, password akan digantikan oleh sesuatu yang lebih personal and unik, yaitu ponsel kita. Clef memakai algoritma keamanan yang unik, kemudian di implementasikan menjadi sebuah grafik / gambar yang akan menjadi kunci kita. Untuk membukanya, kita cukup men-scan gambar yang ada dengan ponsel kita yang sudah terinstall aplikasi Clef di dalamnya. Salah satu aplikasi yang sudah didukung Clef ialah WordPress.
Cara Menggunakan Clef dengan WordPress

1. Install Aplikasi Clef di Smartphone

Saat ini aplikasi Clef sudah tersedia untuk iOS dan Android. Ketika sudah terinstall kita harus menciptakan Clef Account. pendaftaran dan aktivasi Clef account.

2. Install Clef Plugin untuk WordPress

Plugin untuk Clef bisa di unduh pada halaman berikut. Setelah Plugin Clef, terinstall dan teraktivasi kita akan disambut oleh Clef Welcome Messege. Click tombol Get Started untuk melanjutkan proses instalasi.


3. Sync WordPress dengan Clef

Setelah aplikasi Clef terinstall di Smartphone kita, dan Clef plugin juga telah terinstall pada WordPress kita, langkah selanjutnya ialah menyatukan mereka.

Proses synkronisasinya sangat mudah. Setelah menekan tombol Get Started pada langkah nomer 2, kita akan di perintahkan untuk menginstall Clef App. Skip langkah ini, dikarenakan telah kita lakukan diawal. Halaman berikutnya, kita akan dihadapkan oleh sebuah halaman dengan grafik berwarna biru. Buka aplikasi Clef dan arahkan kamera ponsel kita ke arah gambar tersebut. Setelah itu proses sinkronisasi akan berjalan secara otomatis. Cukup ikuti langkah yang diarahkan oleh Clef.

Dalam Clef Option Setting, kita juga bisa menentukan untuk mematikan fungsi password pada WordPress. Dengan begitu kita, secara murni akan memakai ponsel kita untuk login kedalam WordPress. Tolong berhati-hati, alasannya ialah dengan begitu kita diwajibkan ponsel untuk selalu berada di akrab kita, ketika ingin login.

Potensi Masalah

Meskipun memperlihatkan solusi yang menarik, bukan berarti Clef tidak mempunyai cela. Bagaimana bila contohnya ponsel kita rusak atau hilang entah kemana? Clef juga sudah memikirkan problem ini. Ketika ponsel kita bermasalah, kita cukup pergi ke halaman Lost Phone mereka. Kemudian masukkan, alamat email dan token Clef kita. Dengan begitu Clef kita akan dinon-aktifkan, sehingga kita bisa kembali login memakai password.



Sumber http://www.arjunservice.net


EmoticonEmoticon