Jumat, 03 Agustus 2018

Peluang Perjuangan Jamur Tiram Dan Analisa Perjuangan Jamur Tiram

Peluang Usaha Jamur Tiram Dan Analisa Usaha Jamur Tiram Peluang Usaha Jamur Tiram Dan Analisa Usaha Jamur TiramBerikut ini saya akan sajikan analisa perjuangan jamur tiram, seiring dengan meningkatnya usul akan jamur tiram menciptakan peluang perjuangan jamur tiram mempunyai prospek yang menjanjikan. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur pohon. Jamur tiram hidup di permukaan batang pohon lapuk atau di batang pohon yang sudah ditebang. Jamur tiram sanggup dijumpai sepanjang tahun di hutan atau kawasan sejuk.


Tapi tentu saja Anda tidak perlu repot-repot mencari jamur tiram di dalam hutan. Karena banyak orang yang sudah membudidayakan jamur tiram. Andapun sanggup memanfaatkannya sebagai sebuah peluang perjuangan yang menguntungkan. Permintaan akan jamur tiram semakin hari semakin meningkat. Banyak orang gemar makan jamur tiram alasannya rasa dan teksturnya yang kenyal. Tidak hanya itu, produk olahan jamur tiram juga semakin bermacam-macam dari sekedar dimasak sebagai sayur hingga dikemas sebagai jamur crispy.


Disamping itu perjuangan budidaya jamur tiram terbilang simpel untuk dijalani. Semua kalangan sanggup melakukannya, termasuk ibu rumah tangga sanggup menekuni perjuangan ini disela kesibukannya mengelola urusan rumah tangga. Karena itu peluang perjuangan jamur tiram layak untuk Anda pertimbangkan.


Baca juga: Kisah Sukses Bisnis Tanaman Hidroponik Berawal Dari Hobi


Cara Usaha Budidaya Jamur Tiram


Sebelum dilakukan penanaman bibit ke dalam media tanam, beberapa persiapan perlu dilakukan, diantaranya:



  1. Siapkan materi dan alat yang hendak digunakan

  2. Campur serbuk kayu dengan materi lain menyerupai bekatul, tepung jagung, dan kapur hingga merata, kemudian diayak.

  3. Tambahkan air, hingga kandungan air dalam media mencapai kurang lebih 65%, kemudian ukur PH-nya dengan memakai kertas lakmus. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa adonan tersebut sudah sempurna atau belum? Caranya yakni dengan menggenggam adonan tersebut, bila adonan sanggup mengepakl dan tidak mengeluarkan air, maka itu tandanya adonan sudah manis dan sesuai.

  4. Selanjutnya masukkan media tanam tersebut ke dalam kantung-kantung plastik, dan padatkan. Kemudian beri cincin paralon pada bab atas kantung plastik. Lantas lubangi setengah kantung plastik dengan kayu, dan tutup dengan kertas lilin serta ikat memakai karet pentil.

  5. Media taman yang sudah dikemas tersebut, selanjutnya disterilisasi pada suhu 120 oC selama 7 hingga 8 jam.

  6. Setelah proses sterilisasi selesai, dinginkan media tanam selama 8 hingga 12 jam dalam ruangan inokulasi. Pada waktu itu, bibit pribadi dimasukkan ke dalam baglog.


Catatan: Saat ini banyak petani yang menjual baglog (media tanam baglog yang didalamnya sudah dimasukkan bibit jamur). Harga satu baglog sekitar Rp 2 ribu hingga Rp 2.500,-. Ini sangat membantu bagi Anda pemula yang ingin terjun menekuni peluang perjuangan jamur tiram.


Strategi Pemasaran dan Promosi


Pemasaran hasil panen merupakan faktor terpenting dalam peluang perjuangan jamur tiram. Karena jamur tiram tidak mempunyai umur yang panjang, jadi harus cepat laris terjual. Cara lain yakni dengan menimbulkan jamur tiram sebagai produk masakan olahan, misal dibentuk jamur crispy.


Berikut ini beberapa taktik pemasaran dan promosi yang sanggup Anda lakukan dalam perjuangan budidaya jamur tiram:



  1. Survei Pasar. Survei pasar sebaiknya dilakukan jauh hari, sehingga ketika panen datang Anda tidak kebingungan hendak menjual hasil panen jamur tiram.

  2. Jadwal Panen. Panen sebisanya dilakukan sesuai dengan jadwal panen. Jika Anda menunda jadwal panen, maka kualitas jamur yang dihasilkan akan menurun.

  3. Lakukan pengemasan dengan baik dan benar. Cara pengemasan ini akan menghipnotis daya tahan jamur, dan dari segi tampilan juga akan besar lengan berkuasa terhadap harga jual. Sebelum dikemas, sebaiknya diamkan dulu jamur tiram selama 1 jam. Kemudian gunakan ukuran plastik yang sesuai, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, untuk berat jamur 200 gram gunakan plastik ukuran 18 cm. Pada tahap tamat gunakan sealer biar kemasan tersebut menjadi kedap udara. Dengan cara pengemasan tersebut, jamur tiram akan sanggup bertahan hingga 3 hari.

  4. Anda sanggup menjual hasil panen perjuangan budidaya jamur tiram Anda ke pengepul jamur tiram. Atau menjualnya secara pribadi ke pasar tradisional. Bisa juga dengan sistem titip jual ke beberapa pedagang sayur, baik pedagang sayur yang mangkal di perumahan, maupun pedagang sayur keliling. Cara lain yang lebih profesional sanggup Anda lakukan dengan mengirim beberapa sample jamur ke hotel dan restoran.

  5. Makanan Olahan Jamur. Anda juga sanggup menjualnya sanggup bentuk matang, sebagai masakan olahan jamur, misal jamur crispy. Keuntungan dari cara ini, margin yang Anda peroleh akan lebih besar, umur jamur juga sanggup lebih tahan lama. Jamur cripy yang sudah dikemas sanggup dijual lewat jejaring sosial facebook, dititipkan ke toko swalayan, atau titip ke toko oleh-oleh.


Analisa Usaha Jamur Tiram


Berikut ini analisa perjuangan jamur tiram untuk skala rumah tangga dengan kapasitas kurang lebih 7.500 baglog untuk jangka waktu 5 tahun. Setiap periode perjuangan budidaya jamur tiram membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan.


Analisa perjuangan jamur tiram ini merupakan perhitungan sederhana, khususnya bagi para pemula yang ingin menjajal gurihnya peluang perjuangan jamur tiram.


Modal perjuangan jamur tiram



  • Baglog 1.000 pcs x Rp 2.500 Rp 2.500.000,-

  • Peralatan, air, listrik, dan lain-lain selama 4 bulan Rp 1.000.000,-

  • Modal persiapan dan lain-lain Rp 500.000,-

  • TOTAL Rp 4.000.000,-


Berikut ini asumsi-asumsi analisa perjuangan jamur tiram berdasar pengalaman lapangan:



  • 1 baglog dengan berat 1,5-1,7 kg akan menghasilkan 0,5-0,7 kg. Dalam perhitungan ini kita gunakan angka terendah, yaitu 0,5 kg.

  • Harga pasaran jamur segar di tingkat petani pribadi Rp 17.500,-

  • Masa pemeliharaan 4-5 bulan


Perkiraan Pemasukan



  • Kegagalan baglog 5%, dari 1.000, sehingga produktifitas tersisa 950 baglog

  • Pendapatan: (hasil panen tiap baglog) x (jumlah baglog produktif) x (harga jual di tingkat petani)

    = 0,5 kg/log x 950 log x Rp 17.500

    = Rp 8.312.500,-


Laba Bersih: pendapatan – biaya = Rp 8.312.500 – Rp 4.000.000 = Rp 4.312.500,-


Bagaimana Sahabat Pobi? Semoga uraian mengenai peluang perjuangan jamur tiram yang saya sertai analisa perjuangan jamur tiram tersebut sanggup membantu Anda.


sumber gambar: pikirusaha.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com


EmoticonEmoticon