Senin, 06 Agustus 2018

Pengertian Komik Berdasarkan Para Ahli, Ciri-Ciri Komik Dan Jenis-Jenis Komik | Ayoksinau.Com

Pengertian Komik – Pada pembahasan kali ini Ayoksinau.com akan membahas ihwal komik. Apakah kalian sudah tahu apa itu komik, ciri-ciri komik dan jenis-jenis komik? Nah, kalau kalian belum mengetahuinya mari kita bahas bahu-membahu apa itu komik.

 kalau kalian belum mengetahuinya mari kita bahas bersama Pengertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik dan Jenis-Jenis Komik | Ayoksinau.com
Pegertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Komik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik diartikan sebagai suatu dongeng bergambar yang sifatnya gampang dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah surat kabar atau dibentuk berbentuk buku). Secara umum komik sanggup diartikan sebagi salah satu media yang berfungsi untuk memberikan dongeng melalui gambaran gambar untuk pendeskripsian cerita. Selain itu, komik juga sanggup diartikan sebagai karya sastra berbentuk dongeng yang ditampilkan berupa gambar, yang didalam kisah ceritanya terdapat satu tokoh yang diunggulkan. Komik pada umumnya berisi ihwal dongeng fiksi, sama menyerupai dengan karya sastra yang lain.

Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Adapun pengetian komik berdasarkan para andal ialah sebagai berikut:

  1. Menurut Franz & Meier (1994:55), komik ialah suatu dongeng yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibentuk secara khas dengan paduan kata-kata.
  2. Menurut Scott McCloud (2002:9), komik ialah kumpulan gambar yang berfungsi unutk memberikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihatnya. Seluruh teks dongeng dalam komik tersusun secara rapi dan saling bekerjasama antara gambar (lambang visual) dengan kata-kata (lambang verbal). Gambar di dalam sebuah komik diartikan sebgai gambar-gambar statis yang tersusun secarata berurutan dan saling berkaitan antara gamabar yang satu dengan gambar yang lain sehingga membentuk sebuah cerita.
  3. Menurut Hurlock (1978), komik merupakan sebuah media yang sanggup menunjukkan model yang sanggup dipakai untuk meningkatkan dan membuatkan kepribadian anak. Komik juga sanggup dijadikan sebagai sarana komunikasi, sarana untuk memberikan cerita, pesan, dan bahkan hingga pada hal-hal yang berbau ilmiah sekalipun menyerupai halnya genre sastra anak yang lainnya.
  4. Menurut Sudjana dan Rifai (2011), komik sanggup dipergunakan sebagai materi latih berupa komik. Komik sanggup dijadikan materi latih alasannya sanggup mengefektifkan proses berguru mengajar, meningkatkan minat berguru siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa.

Dari banyak sekali pendapat ihwal komik berdasarkan para andal yang telah dibahas diatas, sanggup disimpulkan bahwa komik merupakan suatu dongeng yang berupa kumpulan-kumpulan gambar yang diberi keterangan teks untuk klarifikasi ceritanya. Dalam bidang Pendidikan komik sanggup dipakai sebagai materi latih atau media pembelajaran. Adapun materi latih yang jalan ceritanya menyerupai komik yang menuangkan dongeng ihwal potensi lokal kawasan disebut dengan local wisdom education.

Baca juga artikel di bawah ini:

Pengertian Sinonim & Antonim Lengkap Dengan Contohnya | Ayoksinau.com

Teks Prosedur (Pengertian,Ciri, Tujuan, Macam & Contoh) Lengkap Terpercaya

Pengertian & Contoh Kalimat Ungkapan Dalam Bahasa Indonesia | Ayoksinau.com

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Ciri-Ciri Komik

Sebagaimana halnya dengan buku bacaan fiksi dan nonfiksi, komik mempunyai beberapa ciri-ciri tersendiri sehingga sanggup dibedakan dengan karya sastra yang lain. Adapun ciri-ciri komik antara lain sebagai berikut:

1) Komik hadir untuk memberikan dongeng melalui gambar dan bahasa.

Hal ini tentu berbeda dengan karya fiksi dan nonfiksi yang lain yang memberikan dongeng dengan terks verbal.

2) Bersifat Proposional

Komik sanggup menciptakan pembaca terlibat pribadi secara emosional ketika membaca komik. Pembaca menyerupai ikut berperan dan terlibat dalam komik dan menjadi pelaku utamanya.

3) Bahasa Percakapan

Komik tidak pernah memakai bahasa yang sulit untuk dipahami oleh pembaca. Dalam komik, bahasa yang dipakai biasanya ialah bahasa yang dipakai untuk percakapan sehari-hari sehingga pembaca gampang mengerti dan memahami isi komik tersebut.

4) Bersifat Kepahlawanan

Pada umumnya isi dongeng yang terdapat di dalam sebuah komik akan menciptakan pembacanya mempunyai rasa ataupun perilaku kepahlawanan.

5) Penggambaran Watak

Penggambaran tabiat dalam komik biasanya digambarkan secara sederhanasehingga pembaca lebih gampang mengerti karakteristik tokoh-tokoh yang terlibat dalam komik tersebut.

6) Menyediakan Humor

Humor yang tersaji dalam komik akan sangat gampang dipahami oleh pembaca komik alasannya humor yang disajikan tersebut sering terjadi dalam masyarakat.

Jenis-Jenis Komik

Sama menyerupai halnya dengan banyak sekali jenis genre sastra anak yang lain, komik juga terbagi kedalam beberapa kategori-kategori.

Berdasarkan segi bentuk penampilan atau kemasan, komik dibedakan menjadi 4 jenis sebagai berikut:

1) Komik Strip (Comic Strip)

Komik stripm merupakan jenis komik yang hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja. Akan tetapi kalau dilihat dari segi isinya komik ini telah mengungkapkan gagasan isi yang utuh. Karena gambarnya yang hanya sedikit sehingga gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak, biasanya hanya melibatkan satu fokus pembicaraan saja menyerupai jawaban terhadap banyak sekali peristiwa-peristiwa atau isu-isu yang sedang terjadi. Komik strip biasanya sering ditemukan dalam banyak sekali majalah anak dan surat kabar menyerupai majalah Bobo.

2) Komik buku

Komik buku merupakan jenis komik yang dikemas dalam bentuk buku dan biasanya dalam satu buku hanya menampilkan sebuah dongeng yang utuh. Komik buku biasanya berbentuk seri dan satu judul buku komik sering muncul berpuluh seri dan menyerupai tidak ada habisnya. Komik-komik tersebut ada yang memang menampilkan dongeng yang berkelanjutan, tetapi ada juga yang tidak.

3) Komik humor dan petualangan

Komik humor dan petualangan ini merupakan komik yang paling banyak digemari oleh anak-anak. Komik humor merupakan komik yang isinya menampilkan sesuatu yang lucu dan mengundang pembaca untuk tertawa ketika pembaca sedang menikmati komik tersebut. Aspek humoris tersebut sanggup diperoleh melalui banyak sekali cara baik melalui gambar maupun melalui kata-kata.

Sedangkan komik petualangan ialah komik isi ceritanya berupa petualangan dalam menyerupai pencarian, pembelaan, usaha perkelahian atau pun agresi yang lain yang termasuk jenis petualangan. Biasanya komik ini menceritakan dua kelompok tokoh yaitu protagonis dan antagonis. Kelompok protagonis merupakan kelompok yang baik  dan antagonis merupakan kelompok yang jahat. Biasanya antar kedua kelompok tersebut memperebutkan sesuatu atau pun mempertahankan sesuatu dan biasanya dongeng dalam komik jenis ini selalu berakhir dengan kelompok protagonislah yang memenangkan dongeng walaupun pada awalnya kelompok protagonis inilah yang mempunyai banyak kesulitan.

4) Komik biografi dan komik ilmiah

Komik biografi biasanya menceritakan kisah kehidupan seorang tokoh sejarah yang ditampilkan dalam bentuk komik. Sedangkan, komik ilmiah biasanya berisi adonan antara komik dan arasi. Contoh komik yang berisi adonan dari komik dan narasi antara lain inovasi listrik, inovasi lampu, inovasi telepon dan lain sebagainya.

Sedangkan, kalau dilihat dari jenis ceritanya komik sanggup dibagi kedalam 4 jenis yaitu:

1) Komik Edukasi

Komik edukasi bisanya berfungsi sebagai hiburan dan sebagai media edukatif

2) Komik Promosi (Iklan)

Komik jenis ini dipakai dibentuk untuk keperluan promosi sebuah produk.

3) Komik Wayang

Komik wayang merupakan komik yang isi ceritanya ihwal dongeng perwayangan menyerupai Mahabharata, Ramayana, dan lain sebagainya.

4) Komik Silat

Komik silat merupakan komik yang sangat popular, alasannya tema yang disajikan dalam komik berupa adegan laga atau pertarungan yang hingga dikala ini tetap menjadi idola. Misalkan komik Naruto, One Piece, Dragon Ball dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan Ayoksinau.com ihwal pengertian komik berdasarkan para ahli, ciri-ciri dan jenis-jenis komik. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda. kunjungi terus Ayoksinau.com untuk informasi lainnya.


Sumber https://www.ayoksinau.com


EmoticonEmoticon