Apa itu leadership? Kita bisa melihat banyak sekali pengertian leadership yang berbeda-beda dari banyak sekali sumber. Akan tetapi, semua pengertian leadership pada umumnya sama. Hanya saja, gagasan dan cara menjabarkan pengertian leadership atau kepemimpinan di banyak sekali sumber berbeda-beda. Jika kita harus mendefinisikan konsep leadership atau kepemimpinan, gambarannya tidak begitu jelas. Bagi sebagian orang, leadership atau kepemimpinan itu berupa motivasi. Sedangkan bagi yang lain cenderung ke inspirasi.
Pengertian Leadership
Dalam konteks profesionalisme, leadership merupakan seorang pemimpin dalam organisasi yang diangkat secara kolektif untuk memimpin sekelompok orang atau suatu organisasi, yang mempunyai fungsi-fungsi mirip yang diuraikan di bawah ini.
Fungsi kepemimpinan meliputi:
- membangun visi yang jelas,
- menyampaikan visi tersebut kepada orang lain, sehingga mau mengikuti dengan sukarela,
- memberikan informasi, pengetahuan, dan cara atau taktik untuk mewujudkan visi tersebut, dan
- mengoordinasi serta menyeimbangkan kepentingan yang berbeda dari semua anggota yang berkepentingan.
Seorang pemimpin yang baik bisa mengambil tindakan pada ketika krisis dan bisa berpikir kreatif dalam situasi yang sulit. Tidak mirip manajemen, yang mana, kepemimpinan tidak sanggup diajarkan, meskipun bisa dipelajari dan ditingkatkan melalui training atau pendampingan yang tepat. Seseorang yang mempunyai talenta kepemimpinan yang jago pada ketika ini ialah Bill Gates. Meskipun Bill Gates mengalami kegagalan di awal-awal usahanya, dengan semangat dan penemuan yang berkelanjutan, ia bisa mendorong Microsoft dan industri perangkat lunaknya meraih kesuksesan dalam jangka waktu yang usang hingga pada ketika ini.
Seorang yang mempunyai talenta leadership bisa menginspirasi anggotanya untuk terlibat dalam pengambil tindakan (misi) untuk mencapai suatu tujuan (visi).
Kemampuan atau Skill yang Dibutuhkan oleh Seorang Pemimpin
Definisi kepemimpinan bisa didasarkan dengan elemen umum atau kemampuan yang dibutuhkan seorang pemimpin. Dibawah ini ialah 10 kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin agara bisa memimpin dengan baik dan benar:
1. Visi
Memimpin berarti mempunyai visi dan mengutarakannya kepada orang lain, khususnya kepada orang yang dipimpin. Jika kau bisa menginspirasi orang lain, ialah mungkin untuk menyebarkan visi atau mengakibatkan visi bersama, yang mengarahkan upaya dan pengabdian seluruh anggota tim. Jadi, semoga menjadi pemimpin yang baik, perlu mempunyai visi yang terang yang bisa menginspirasi orang lain.
2. Motivasi
Seorang pemimpin yang baik cenderung mempunyai kemampuan memotivasi lebih baik dibandingkan orang yang dipimpinnya. Motivasi ialah suatu fungsi utama bagi manager (pengatur). Melalui motivasi, pemimpin sanggup menyalurkan energi dan potensi rekan kerja untuk mencapai tujuan. Jadi, seorang pemimpin yang bijak bisa memotivasi anggotanya semoga antusias dan semangat dalam melaksanakan kiprah untuk mencapai target.
3. Melayani
Seorang pemimpin yang baik juga melayani tim, bukan malah sebaliknya. Anggota tim harus mencicipi pemberian dari pemimpinnya. Contohnya, pemimpin mencari cara untuk menyediakan peralatan yang sempurna yang diharapkan anggota untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan efisien dan efektif. Dalam arti lain, seorang pemimpin harus menghargai upaya anggotanya dengan cara memperhatikan apa yang dibutuhkan anggota dalam melaksanakan upaya untuk mencapai target. Anggota tim yang dipimpin oleh seorang pemimpin yang baik juga tahu bahwa ada orang yang memperhatikan mereka untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Hal-hal tersebut ialah bab dari leadership yang merupakan pelayanan terhadap tim, bukan malah sebaliknya.
4. Empati
Salah satu kualitas dasar dari seorang pemimpin yang mencari kesuksesan ialah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional biasanya merupakan kemampuan bawaan yang bisa menempatkan diri di antara orang-orang, mempunyai rasa peduli, memahami kekhawatiran anggota dan memecahkan dilema yang dihadapi. Pemimpin tahu rahasia, kiat atau trik upaya yang dilaksanakan anggotanya. Dengan demikian, seorang pemimpin bisa berempati terhadap anggota tim sekaligus terhadap pelanggan atau klien. Empati maksudnya menginspirasi dan membangun kekerabatan yang mengarah kepada kesuksesan.
5. Kreativitas
Definisi kepemimpinan juga berkaitan dengan kreativitas. Pemimpin yang baik sanggup membuat lingkungan yang bisa mendorong semua anggota tim untuk mengembangkan keterampilan dan imajinasi masing-masing. Sehingga bawahan sanggup berkontribusi pada proyek dan visi umum perusahaan. Jika kau ingin memimpin dengan sukses, hormatilah kreativitas orang lain dan berguru dari orang-orang di sekitar kamu. Cara tersebut juga akan membawa dampak faktual bagi kreativitas kamu.
6. Ketelitian (Detailed Oriented)
Seorang pemimpin yang baik bisa menetapkan atau memilih level kemampuan untuk anggotanya. Dengan demikian, tujuan atau visi sanggup diupayakan dengan kinerja terbaik dari masing-masing anggota. Hanya seorang pemimpin berkualitas akan yang bisa mencapai hasil luar biasa. Selain ketelitian, pemimpin harus tahu cara mendengarkan (listening skills), semoga mengetahui kebutuhan anggotanya, dan kemudian meluangkan waktu dan sumber daya yang diharapkan anggota untuk melaksanakan kiprah dengan benar. Oleh alasannya ialah itu, seorang pemimpin perlu memenuhi apa yang idbutuhkan oleh anggotanya.
7. Mengarahkan (Managing)
Pemimpin harus berada di garis depan untuk memimpin dan membimbing tim dalam setiap proses hingga tujuan tercapai. Jika diibaratkan, seorang pemimpin menjadi “pembawa obor” dalam jalan yang gelap. Pemimpin juga tahu kapan harus mundur dan bisa membuat tim mau mengambil inisiatif. Dengan demikian, tim mempunyai kesempatan untuk berkembang, baik secara langsung maupun secara profesional. Manajemen murni berfokus pada tugas, sedangkan kepemimpinan berfokus pada anggota langsung lepas pribadi.
8. Membangun Tim
Kepemimpinan sejati ialah mengenai bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen sumber daya insan ialah salah satu kiprah tersulit yang dihadapi oleh para pemimpin. Sikap faktual diharapkan oleh sorang pemimpin yang mempunyai kepercayaan terhadap rekan kerja, sehingga bisa mendapat hasil yang lebih baik. Pemimpin yang mengetahui situasi dan kondisi timnya bisa bertanggung jawab ketika menghadapi suatu masalah, dan memperlihatkan penghargaan kepada anggota sehabis pekerjaan diselesaikan dengan baik dan benar.
9. Mengambil Risiko
Pemimpin ialah orang yang bertanggung jawab dalam mengambil risiko dan tidak menitikberatkannya kepada orang lain. Seorang leader cukup percaya diri untuk membuat keputusan, dan bila anggotanya membuat kesalahan, pemimpin harus mempunyai keberanian untuk memperbaiki, mengasumsikan kesalahan mereka dan mengambil jalan yang benar tanpa menyalahkan tim. Pemimpin yang baik tahu bagaimana mengutamakan waktu anggota, melihat hal-hal yang tidak bisa dilaksanakan anggota dan tahu bagaimana membangkitkan semangat tim untuk mewujudkan visi bersama.
10. Meningkatkan
Leadership sejati mencari cara dan taktik untuk perbaikan atau peningkatan berkelanjutan. Pemimpin mempunyai kemampuan untuk mengubah orang-orang dalam tim menjadi lebih baik dalam fungsi dan tugas. Peningkatan kemampuan anggota tim ialah imbas pemimpinnya.
Sebagai ringkasan, definisi atau pengertian leadership tidak ada kaitannya dengan hierarki atau posisi siapa pun pada sebuah perusahaan. Kepemimpinan atau leadership tidak ada hubungannya dengan pemaksaan kehendak, tetapi justru malah mendengarkan dan memberdayakan anggota yang tahu dalam bidang tertentu. Kepemimpinan ialah perilaku yang dimiliki oleh orang yang mencari sesuatu yang berbeda, yang berkomitmen untuk mencapai tujuan dan keyakinan yang ditanamkan kepada orang lain melalui antusiasme dan optimisme untuk mencapai tujuan bersama. Demikianlah pembagian terstruktur mengenai pengertian leadership menurut fungsi yang diperankan dan kemampuan yang dimiliki. Jika kau ingin menambahkan atau ada yang ingin ditanyakan, boleh berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah. Semoga bermanfaat!
Sumber https://www.wongunik.com
EmoticonEmoticon