Senin, 31 Juli 2017

Karakteristik Ideologi Pancasila



Karakteristik Ideologi Pancasila-. Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bagi bangsa dan negara Indonesia tidak dibuat secara mendadak. Pancasila juga bukan diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi – ideologi lain diberbagai dunia, melainkan dengan proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia.



Karakteristik Ideologi Pancasila


Pancasila sebagai ideologi bangsa mempunyai kekuatan sakral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Karakteristik ideologi pancasila yang dimaksud yaitu ciri khas yang dimiliki pancasila sebagai ideologi negara, yang membedakannya dengan ideologi – ideologi lainnya. Karakteristik ini berafiliasi dengan perilaku konkret bangsa Indonesia yang mempunyai Pancasila.


Karakteristik ideologi pancasila tersebut yaitu sebagai berikut :




  • Tuhan Yang Maha Esa




Pengakuan bangsa Indonesia akan eksistensi Tuhan sebagai pencipta dunia beserta segala isinya. Tuhan sebagai kausa prima. Oleh lantaran itu, sebagai umat yang ber-Tuhan yaitu dengan sendirinya harus taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.



  • Penghargaan Kepada Sesama Umat Manusia Apapun Suku Bangsa Dan Bahasanya




Sebagai umat insan kita sama dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini sesuai dengan sila ke-2 pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Adil dan beradab yang berarti bahwa adil merupakan perlakuan yang sama terhadap sesama manusia, dan beradab yang berarti perlakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemanusiaan. Atas dasar perlakuan inilah maka kita menghargai akan hak-hak asasi insan seimbang dengan kewajiban-kewajibannya. Sehingga harmoni antara hak dan kewajiban yaitu penjelmaan dari kemanusiaan yang adil dan beradab. Adil dalam hal ini yaitu seimbang antara hak dan kewajiban. Maka sanggup dikatakan hak timbul akhir adanya suatu kewajiban.



  • Bangsa Indonesia Menjunjung Tinggi Persatuan Bangsa




Di dalam persatuan inilah sanggup dibina kolaborasi yang harmonis. Dalam hubungan ini, maka persatuan Indonesia kita tempatkan di atas dari kepentingan sendiri. Pengorbanan untuk kepentingan bangsa, lebih ditempatkan dari pada pengorbanan untuk suatu kepentingan pribadi. Tidak juga berarti kehidupan langsung itu diingkari. Sebagai umat yang takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maka kehidupan langsung yaitu utama. Tetapi demikian tidak berarti bahwa demi kepentingan langsung itu maka kepentingan bangsa harus dikorbankan. 



  • Bahwa Kehidupan Kita Dalam Kemasyarakatan Dan Bernegara Berdasarkan Atas Sistem Demokrasi




Demokrasi yang dianut Indonesia yaitu Demokrasi Pancasila. Sesuai dengan sila ke-4 yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan/perwakilan. Dalam rangka pelaksanaan demokrasi kita harus selalu mementingkan akan musyawarah. Musyawarah tidak didasarkan atas kekuasaan lebih banyak didominasi ataupun minoritas. Keputusan dihasilkan oleh musyawarah itu sendiri. Kita menolak demokrasi liberal. 



  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia




Keadilan dalam kemakmuran yaitu harapan bagi bangsa kita semenjak masa lampau. Sistem pemerintahan yang kita anut bertujuan semoga tercapainya masyarakat yang adil dan makmur. Itulah sebabnya disarankan semoga semua masyarakat selalu bekerja keras dan menghargai prestasi kerja sebagai suatu perilaku hidup yang diutamakan.
Sila dalam pancasila sebagai perwujudan dari huruf bangsa dengan banyak sekali perbedaan yang ada dalam kehidupan masyarakat. 



Itulah ulasan mengenai Karakteristik Ideologi Pancasila. Semoga apa yang diulas sanggup bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.


Baca juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon