Minggu, 01 Oktober 2017

3 Jenis Teknik Pernapasan


Dalam bernapas, kita sanggup melakukannya dengan 3 cara berbeda. Hal ini disebut dengan teknik pernapasan. Teknik pernapasan biasanya dibutuhkan dalam mendukung teknik vokal, namun ada juga kegunaan lainnya dari teknik pernapasan menyerupai untuk mengontrol emosi misalnya. Pada artikel ini, kami akan membahas kegunaan teknik pernapasan dalam vokal. Berikut ini ialah klarifikasi mengenai ketiga jenis teknik pernapasan.

Teknik Pernapasan

A.Pernapasan Dada
Untuk melaksanakan pernapasan dada, maka cara yang harus dilakukan ialah mengisi udara dalam paru-paru. Pernapasan ini sangat pendek dan tidak cocok dipakai dalam vokal. Dalam pernapasan ini, bab badan yang mengembang ialah bab dada. Biasanya pernapasan ini dipakai untuk menghasilkan nada-nada rendah. Namun, kelemahannya penyanyi akan gampang kehabisan napas sehingga tidak cocok dipakai untuk bernyanyi.

B.Pernapasan Perut
Untuk melaksanakan pernapasan perut, maka cara yang harus dilakukan ialah menciptakan perut berongga besar sehingga udara luar sanggup masuk. Pernapasan ini kurang efektif untuk vokal alasannya udara dengan cepat sanggup keluar sehingga paru-paru melemah dan cepat letih. Dalam pernapasan ini, bab badan yang mengembang ialah perut. Jenis pernapasan ini sanggup menghasilkan bunyi yang keras namun tidak begitu baik dipakai dalam bernyanyi.

C.Pernapasan Diafragma
Saat diafragma menegang atau lurus maka rongga dada dan rongga perut menjadi longgar dan volume menjadi bertambah. Volume yang bertambah ini menyebabkan tekanan berkurang sehingga udara dari luar sanggup masuk ke paru-paru dan napas yang dikeluarkan sanggup diatur secara sadar oleh diafragma dan otot-otot bab samping kiri. Pernapasan ini cocok untuk bernyanyi alasannya sanggup mengambil napas sebanyak-banyaknya dan mengeluarkan secara perlahan-lahan dan teratur. Dalam pernapasan diafragma udara ditarik sedalam mungkin dan disimpan dalam diafragma kemudian dikeluarkan secara perlahan sewaktu bernyanyi. Pernapasan ini memungkinkan kita menghasilkan bunyi murni dengan napas yang panjang.

Itu tadi klarifikasi mengenai 3 jenis teknik pernapasan, dimana dalam artikel ini dijelaskan mengenai kegunaanya dalam bernyanyi. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup menambah ilmu pembaca.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi : 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya Kelas VII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon