Minggu, 01 Oktober 2017

✔ Cara Menanam Bayam Hidroponik Dirumah

Cara menanam bayam hidroponik dirumah-Amaranthus spp atau biasa disebut bayam merupakan salah satu sayur yang memiliki banyak kandungan zat besi. Jaman sekarang, dengan adanya bercocok tanam memakai metode hidroponik, bayam menjadi gampang ditanam dirumah sendiri. Tak hanya bayam, ada banyak tumbuhan kebun yang sanggup ditanam memakai metode hidroponik. 

Menanam bayam hidroponik dirumah ini bergotong-royong gampang dilakukan. Menggunakan metode hidroponik pada penanaman bayam ini menghasilkan bayam tumbuh lebih besar. Sekaligus kandungan bayam menadi lebih bergizi. Untuk tau bagaimana cara menanam bayam hidroponik dirumah. Simak pembahasan dibawah ini. 

Cara Menanam Bayam Hidroponik dirumah 
Cara menanam bayam hidroponik ini ada beberapa teknik yang sanggup diterapkan. Teknik tersebut ialah menanam hidroponik dengan memakai NFT ( nutrient film technique ).Teknik NFT ini sanggup andakreasikan dnegan memakai paralon air bekas untuk media tanamnya. Yang kedua ada menanam hidroponik memakai sistem wick. Sedangkan untuk teknik ini, mengguanakan sistem sumbu yang berperan sebagai jalur nutrisi ke tumbuhan. Untuk lebih mudahnya kita akan menanam bayam hidroponik dirumah memakai sistem wick. 

Pertama, anda harus menyiapkan materi dan alatnya. Pastikan anda sudah memiliki media tanam yang terbuat dari botol air mineral bekas. Bersihkan sebelum dipakai. Botol ini nantinya akan dipotong menjadi dua penggalan kemudian pada penggalan atas botol dibalik dan dimasukkan ke penggalan botol yang bawah. 

Setelah itu, isi penggalan botol yang bawah dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak sebab nantinya akan ditambahi dengan air nutrisi. Pada menanam bayam hidroponik dirumah memakai teknik wick ini, anda tidak perlu memindah tanam. Setelah itu letakkan benih bayam yang berkualitas. isi setiap media tanam kurang lebih 3 – 4 biji supaya bayam tumbuh lebih lebat. 

Menanam bayam hidroponik dirumah dengan memakai teknik wick ini anda harus memperhatikan posisi sumbu kompor sebab sebagai jalur larutan nutrisi. Sumbu kompor inilah nantinya akan menjadi materi pokok dalam hidroponik wick. Setelah memasukkan benih bayam, anda sanggup menempatkan tumbuhan di area teduh supaya proses percambahan lebih cepat. Biasanya, akan tumbuh 3 hari sesudah penyemaian. 

Selanjutnya, sesudah tumbuh percambahan kemudian flora adna akan tumbuh daun. Nah,pada fase pertumbuhan daun ini anda sanggup memindah letak tumbuhan ke daerah yang lebih bercahaya. Usahakan untuk menempatkan pada area yang tak terlalu terkena matahari langung. Karena sanggup memperabukan bayam. 

Pada tahap selanjutnya, anda sanggup menyidik kelembapan air yang terdapat pada tanaman. Jangan hingga tumbuhan bayam kekeringan sebab pinjaman air yang kurang. Menanam bayam hidroponik dirumah memakai teknik wick ini sesekali harus anda kenalkan dengan sinar matahari dan gunakan sistem sumbu kompor dan air yang tergenang dengan memakai kolam penampung yang terbuat dari kayu supaya menampung air lebih banyak. 

Anda juga sanggup memakai net pot dari gelas berukuran sedang dan beri lubang pada botol tersebut. Setelah itu, gunakan styrofoam untuk dudukan pot. Sumbu yang digunaan juga sanggup jikalau anda kesusahan mencari sumbu kompor, anda sanggup menggantnya dnegan kain flanel. Hal ini digunakan sebab tekstur sumbu kompor dan kain flanel lebih tebal dan menyalurkan banyak air nutrisi ke bayam. 

Dengan demikian itulah cara menanam bayam hidroponik dirumah. Selain metode WICK, bercocok tanam hidroponik juga sanggup dilakukan memakai metode NFT ( Nutrient Film Technique ). Menanam bayam hidroponik ini sanggup membantu anda lebih ekonomis serta efektif meanfaatkan lahan kosong disekitar rumah yang sanggup digunakan untuk dekorasi rumah. Selamat bercocok tanam. 

Sumber http://budidaya-petani.blogspot.com


EmoticonEmoticon