Senin, 02 Oktober 2017

Motif Ragam Hias

Batik
Ragam hias yaitu bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi referensi yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. Ragam hias sanggup diambil dari bentuk-bentuk flora, fauna, manusia, dan geometris. Berikut ini yaitu klarifikasi mengenai banyak sekali motif ragam hias tersebut.

Motif Ragam Hias

1.Ragam Hias Flora


Ragam hias tumbuhan yaitu motif ragam hias yang diambil dari bentuk tumbuhan. Ragam hias ini hampir sanggup dijumpai di seluruh Indonesia. Ragam hias ini gampang dijumpai pada barang seni menyerupai batik, ukiran, kain sulam, kain tenun, dan bordir.

2.Ragam Hias Fauna


Ragam hias fauna yaitu motif ragam hias yang diambil dari bentuk hewan. Ragam hias ini sanggup digabung dengan motif ragam hias tumbuhan maupun geometrik. Daerah yang biasanya memakai ragam hias fauna yaitu Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Motif ini sanggup dijumpai pada batik, ukiran, sulaman, anyaman, tenun, dan kain bordir.

3.Ragam Hias Geometris


Ragam hias geometris yaitu motif ragam hias yang diambil dari bentuk bentuk geometris menyerupai persegi, segitiga, dan semacamnya. Motif ini sanggup dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ragam hias geometris sanggup dibentuk dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris kedalam satu motif ragam hias.

4.Ragam Hias Figuratif
Ragam hias figuratif yaitu motif ragam hias yang memakai insan sebagai objek yang digambar dengan penggayaan bentuk. Ragam hias ini biasanya terdapat pada materi tekstil maupun materi kayu, yang proses pembuatannya sanggup dilakukan dengan cara menggambar.

Itu tadi klarifikasi mengenai motif ragam hias. Semoga dengan adanya artikel ini menambah ilmu pembaca mengenai ragam hias.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
1.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya Kelas VII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Ragam_hias

Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon