Jumat, 30 Maret 2018

Mendesain Dan Memakai Mail Merge Pada Microsoft Word

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan banyak data, contohnya saja saat kita akan menciptakan usul atau akta maka kita dituntut untuk menciptakan dalam jumlah yang banyak akan tetapi dengan desain yang sama, perbedaanya hanya pada alamat,nama atau jurusan. Tidak mungkinkan saat kita menciptakan usul tersebut secara manual mengingat jumlah dari usul tersebut kadang mencapai ratusan. Mail merge lah solusinya.

Sebelum melaksanakan Mail Merge ada dua hal yang harus anda lakukan yaitu

1. Mempunyai desain dari surat atau usul atau ijasah. Untuk kasus ini saya memakai usul dengan form menyerupai pada gambar dibawah ini.

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

Maksud dari usul diatas yaitu saya akan mengisi Nama dan alamat saya tidak akan mengisinya secara manual.

2. Data isian atau database

Adalah data yang akan dipakai untuk mengisi surat diatas . berikut yaitu data saya yang saya sudah buat dan save didalam folder. ( anda harus mengingat dimana folder tersebut tersimpan sebab nanti akan digunakan)

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

Setelah kita memiliki data sumber dan surat yang akan dibentuk mari kita isi tersebut dengan memakai mail merge

Langkah langkah Mail Merge saat sudah memiliki database pada ms.word

1. Letakkan pada potongan yang akan anda isi kursor mouse

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

2. Klik Mailing, pilih select recipients ….pilih existing list, menyerupai pada gambar dibawah ini.

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

3. Setelah itu cara dimana database anda berada ( database yaitu daftar yang berisi nama dan alamat)

catatan : sebaiknya pada potongan atas table database tidak ada goresan pena apapun, sebab nanti akan mengganggi jalannya pencarian data.

4. Klik OK, pada potongan insert merge field akan aktif

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

5. Isikan data pada “Insert Merge Field” sesuai dengan kebutuhan sehingga kesannya menyerupai pada gambar dibawah ini .

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

6. Klik finish & Merge lalu pilih Edit document menyerupai pada gambar dibawah ini.

7. Pilih ALL, sesudah itu pastikan semua surat terisi dengan benar. Kemudian simpan hasil kerja tersebut

Mail Merge saat belum memiliki database pada ms.word

Maksudnya yaitu kita belum memiliki table yang disebut dengan database diatas. Bagaimana solusinya. Ternyata solusinya yaitu kita harus menciptakan database tersebut. Perhatikan langkah langkah dibawah ini.

1. Pilih mailing

2. Klik type New list…

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

3. Ketik pada kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan, ingat judul kolom tersebut tolong-menolong yaitu hanya nama. Makara tidak besar lengan berkuasa terhadap hasil yang dipakai

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

Misalnya Title kita gunakan sebagai nama dan First name kita gunakan sebagai alamat. Akan tetapi anda harus mengingat hal ini. Karena nanti sewaktu pengisian field akan ditanyakan.

Ingat new Entry untuk mengisi cell kolom gres dan Delete entry untuk menghapusnya. Kemudian klik OK

4. Isikan pada surat Nama dan alamat tadi,karena tadi kita memakai Title sebagai nama dan first name sebagai alamat maka kesannya menyerupai pada gambar dibawah ini.

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word

5. Klik Finish Merge dan Edit all, pastikan semua surat tertulis dengan benar

6. Setelah semua dipastikan benar maka anda tinggal menyimpan dokumen hasil mail merge tersebut.

Mail Merge dengan Database Microsoft Excel

Ternyata antara Microsoft excel dan Microsoft word sanggup bekerja sama, kali ini yaitu dalam hal mail merge, Microsoft excel memiliki fasilitas yang luar biasa dalam mendesain table, sehingga sebagai database sangat mudah. Bagaimana cara menyebabkan table pada excel menjadi sumber database dalam Microsoft word. Kita eksklusif praktikkan saja, kita masih memakai surat tadi dan saya memiliki table di Microsoft excel yang sudah tersimpan.

1. Klik Mailings

2. Pilih Select Recipients

3. Pilih Use existing list

4. Cari datanya

5. Klik OK

6. Pastikan kita tahu ada dimana sheet kita meletakkan table database tersebut.


Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

7. Setelah itu langkah langkahnya sama menyerupai pada mail merge biasa yaitu memakai Insert merge field

Mail Merge pada Microsoft word menunjukkan sebuah fasilitas dalam mensetting atau menciptakan b Mendesain dan memakai mail Merge pada microsoft word
mail Merge pada microsoft word

8. Kemudian langkah langkahnya sesuai dengan Mail Merge pada umumnya.
Sumber http://lihaimsoffice.blogspot.com


EmoticonEmoticon