Jumat, 16 Maret 2018

Panduan Cara Menanam Pisang Lengkap Untuk Pemula

Cara Menanam Pisang – Jumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya pisang dari awal penanaman sampai proses panen.


Pisang yaitu tumbuhan yang masuk keluarga musaceae berdau lebar, serta semua kepingan dari tumbuhan pisang ini sanggup dimanfaatkan baik itu buah, batang serta daunnya. Buah pisang mempunyai rasa yang manis dan nikmat, oleh lantaran banyak orang suka pengkonsumsi buah satu ini.


Jadi jikalau anda berniat melaksanakan budidaya pisang, namun belum paham cara menanam pisang dengan benar dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tahap-tahap menanam pisang dari proses pemilihan lahan, pemilihan bibit, proses penanam proses perawatan sampai proses panen dibawah ini.


Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Pisang 


Sebelum masuk kedalam cara menanam pisang, kami akan menjelaskan syarat atau faktor pendorong tumbuh tumbuhan pisang berikut ini:


1. Iklim


Lokasi yang beriklim tropis, basah, lembab dan kering yaitu pilihan yang paling tempat sehingga tumbuhan pisang sanggup tumbuh serta berbuah secara maksimal. Namun pisang juga sanggup tumbuh pada kawasan yang beriklim subtropis tetapi proses berbuahnya akan kurang baik.


Selanjutnya jangan menentukan kawasan yang mempunyai angin kumbang lantaran sanggup merusak batang dan daun pisang. Selanjutnya curah hujan mencapai kisaran 1.500 – 3.800 mm/tahun, 2 bulan mengalami demam isu kering selama satu tahun.


Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Cabe Merah Lengkap Step by Step


2. Tanah atau media tanam


Tanaman pisang sanggup tumbuh dengan subur pada tanah yang kaya humus serta berkapur. Ketersediaan air harus diperhatikan lantaran tumbuhan pisang sangat memerlukan air yang banyak.


3. Ketinggian tempat


Tanaman pisang sanggup tumbuh pada kawasan dataran rendah maupun didaerah pegunungan ketinggian mencapai 2.000 dpl.


 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya pisang dari awal penanaman  Panduan Cara Menanam Pisang Lengkap untuk Pemula
Cara menanam pisang

Panduan Cara Menanam Pisang 


Nah diatas tadi yaitu syarat-syarat tumbuh tanam pisang, selanjutnya kami akan membahas tahap-tanap penanam pisang dibawah ini.


1. Pemilihan bibit pisang


Tahap pertama dalam cara menanam pisang yaitu pemilih bibit, lantaran jikalau pemilihan bibit pisang dilakukan dengan benar maka hasil yang diperoleh akan sesuai dengan impian anda. Kali ini kami akan memberika ciri-ciri bibit pisang yang baik.


Ciri-ciri bibit pisang yang baik



  • Bibit atau tunas pisang yang baik mempunyai ketinggian mencapai 100-150 cm

  • Diameter batang pisang mencapai 15-20 cm

  • Daun pada tunas pisang yang baik berhelai sempit

  • Kondisi fisik tunas atau bibit pisang higienis dari kotoran dan higienis dari penyakit atau hama


Nah itu yaitu ciri-ciri bibit atau tunas pisang yang baik, berikutnya kami akan menjelaskan cara supaya tunas tidak terjangkit hama dan penyakit.


Cara mencegah persebaran hama dan penyakit 



  • Setelah tunas pisang dipotong, higienis akar dari kotoran dengan air

  • Lalu begitu akar bersih, potong akar dengan hati-hati bertujuan untuk menghentikan persebaran penyakit melalui akar yang cacat dan merangsang pertumbuhan akar baru.

  • Selanjutnya buang daun-daun tunas pisang yang terlalu lebar

  • Langkah berikutnya yaitu simpan bibit atau tunas ditempat yang kering selama 1-2 hari supaya tunas sembuh total dari luka

  • Setelah didiamkan selama dua hari, rendah tunas pisang memakai insektisida selama 10 dan kering kembali


2. Pengolahan lahan taman


Cara menanam pisang berikutnya yaitu pengolahan lahan, hal yang perlu anda perhatikan sebelum melaksanakan pengolahan yaitu tentukan jenis tanah yang disukai tumbuhan pisang, iklim, dan ketinggian tempat. Setelah 3 hal tersebut sudah dipenuhi maka selanjutnya kami akan membahas langkah-langkah menanam pisang dibawah ini:


Langkah-langkah pengolahan lahan 



  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu penyiap beberapa alat bertani berupa cangkul dan sabit

  • Bersihkan lahan dari hama penggangu sanggup memakai sabit ataupun cangkul

  • Setelah lahan benar benar bersih, gemburlah tanah memakai cangkul dengan kedalam 40 cm, selama proses penggemburan sanggup dilakukan penambah pupuk sangkar kering dan biarkan selama 1 minggu

  • Lalu buatlah lubang yang akan dipakai untuk menanam bibit atau tunas pisang yang sudah disiapkan sebelumnya

  • Langkah terakhir buatlah parit atau drainase disekitar area penanam pisang supaya dikala terjadi hujan tidak banjir.


3. Proses penanam pisang


Tahap selanjutnya yaitu cara menanam pisang, tahap ini anda akan disuruh menananm tunas pisang kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya.


Sebelumnya pastikan pemilihan waktu penanam pisang tepat, saran dari kami untuk menanam pisang pada awal demam isu penghujan yaiutu bulan september-oktober. Jika sudah eksklusif saja ambil tunas pisang yang anda simpan sebelumnya dan tanam kedalam lubang yang anda buat dipengolahan lahan tadi, sesudah masuk tutup lubang memakai tanah yang sudah dicampur dengan pupuk berbanding 3:1 supaya kebutuhan akan unsur haranya tercukupi.


4. Proses perawatan pisang


Cara menanam pisang selanjutnya yaitu proses perawatan tanaman, lantaran dalam proses ini yang akan menentukan hasil panen baik atau tidaknya. Jika anda menentukan tidak memakai proses perawatan pisang maka tanggung sendiri hasil panen pisang mendatang.


Kegiatan perawatan pisang bahwasanya tidak sulit hanya perlu kesabaran dan keuletan anda, kami akan membahas beberapa perawatan yang harus diperoleh tumbuhan pisang pada masa pertumbuhannya.


Cara perawatan pisang



  • Penyiangan


Proses ini bertujuan untuk membersihkan lahan tanama pisang dari rumput, hama pengganggu ataupun dari daun pisang yang kering.



  • Pemupukan susulan


Kegiatan pemupukan bukan hanya dilakukan dikala proses penanaman pisang saja, melainkan dikala proses perawatannya lantaran tumbuhan pisang memerlukan banyak unsur hara sebagai materi pembuatan makan apalagi dikala tumbuhan mulai berbuah akan sangat banyak membutuhkan unsur hara. Kegiatan pemupukan sanggup dilakukan dikala tumbuhan berumur 6 bulan.


Cara supaya panen pisang lebih maksimal



  • Setelah tumbuhan pisang berbuah dan dalam buah itu sudah mencapai 4-5 sisir ada baiknya untuk memotong jantung pisang.

  • Setelah itu bungkus buah pisang memakai karung atau plastik

  • Berikan pupuk secara maksimal

  • Langkah terakhir tunggu buah berwarna hijau bau tanah maka pisang sudah siap dipanen


5. Proses panen


Tahap terakhir dari cara menanam pisang yaitu proses panen, proses yang sangat sangat dinantikan para petani lantaran sesudah melaksanakan panen para petani sanggup menjualnya ke pasar atau hanya dikonsumsi sendiri.


Sebelum melaksanakan panen niscaya buah pisang sudah berwarna hijau bau tanah atau kekuning-kuningan, sesudah berdasarkan anda pisang siap dipanen lakukanlah proses pemotongan tandan pisang memakai pisau ataupun bendo yang tajam, sesudah itu letakkan pisang dalam posisi terbalik supaya getahnya keluar dengan lancarnya.


Nah diatas itu yaitu artikel dari kami mengenai cara menanam pisang, sebelumnya kami ingin memperlihatkan saran bagi anda yang ingin melaksanakan budidaya pisang untuk memenuhi syarat-syarat tumbuh tumbuhan pisang diatas supaya hasil susuai dengan yang diharapkan. Sekian dari kami semoga sanggup membatu anda semua dalam memulai bisnis ataupun hanya mencoba-coba menjadi petani pisang. Semoga bermanfaat. Simak juga: Panduan Cara Menanam Bayam Step by Step



Sumber https://sentrabudidaya.com


EmoticonEmoticon