Kamis, 01 Maret 2018

Tips Menciptakan Tawaran Pkmk

Dalam artikel ini aku ingin membagi sedikit pengalaman aku ketika bisa lolos PKM tahun 2011 yang dibiayai tahun 2012. Saya ialah mahasiswa UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta) angkatan 2009, ketika itu aku tidak tahu apa itu PKM. Saya tahu dari dosen aku berjulukan Pak Joko Sutopo, beliau ialah dosen Kewirausahaan di UTY. Saat itu aku memang sedang mengambil mata kuliah Kewirausahaan, dan ada kiprah untuk menciptakan proposal PKM.

Pengertian ihwal PKM
PKM sendiri ialah kepanjangan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Program ini ialah acara yang diadakan oleh Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) setiap tahunnya guna memacu kreativitas Mahasiswa di Indonesia. PKM dilaksanakan pertama kali tahun 2001. PKM dikembangkan untuk mengantar mahasiswa dalam melaksanakan kreativitas dan inovasi. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, perilaku tanggung jawab, membangun kerjasama tim, dan membangun kemandirian melalui acara yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Ada 6 jenis PKM :

  1. PKMP (PKM Penelitian)
  2. PKMK (PKM Kewirausahaan)
  3. PKMM (PKM Pengabdian Masyarakat)
  4. PKMT (PKM Penerapan Teknologi)
  5. PKM GT (PKM Gagasan Tertulis)
  6. PKM AI (PKM Artikel Ilmiah)
Tentu saja aku tidak akan membahas satu persatu dari enam macam PKM diatas. Saya hanya ingin menunjukkan tips dan cara semoga lolos proposalnya. Kenapa proposal? alasannya ialah pengajuan PKM pertama kali ialah proposal, selanjutnya jikalau lolos maka proposal akan dibiayai 100% sesuai yang tertulis dalam proposal. Dana ini tentu saja dari Ditjen Dikti dan amanah untuk kita jikalau lolos proposalnya. Setelah dana cair mahasiswa dituntut untuk merealisasikan apa yang akan dilaksanakan dalam proposal itu. Selanjutnya ialah Monev (monitoring dan evaluasi), dan laporan sementara diharapkan ketika monitoring dan evaluasi. Saat monev inilah yang akan memilih kita maju ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) atau tidak. Mahasiswa diberikan waktu untuk presentasi ketika monev dan ada tim juri yang akan menilai sejauh mana langkah kita dalam mewujudkan acara yang sudah dibiayai itu. Jika monev menerima nilai yang manis langkah selanjuntnya kita disuruh untuk menciptakan laporan akhir. Laporan selesai ternyata juga akan menetukan kita untuk menuju PIMNAS. Karena waktu itu aku hanya maju ke tingkat monev, maka aku hanya bisa menunjukkan tips hingga monev saja. Untuk lebih detail dalam pelaksanaa PKM aku sarankan melihat panduan PKM yang biasanya ada di situs web Dikti, alasannya ialah setiap tahunnya berbeda peraturannya.

Oke pribadi saja aku kasih tips untuk bisa sukses di PKM. Saya mengambil PKMK (PKM Kewirausahaan), berikut tips suksesnya :
1. Buatlah judul proposal yang semenarik mungkin, jikalau perlu buatlah judul yang belum pernah ada. Contoh dari aku mengambil judul "Inovasi Kreatif Tenun Kain Lurik Guna Membangkitkan Usaha Tenun Lurik". Judul ini belum pernah ada sebelumnya.



2. Jika sudah menciptakan judul yang baik kemudian buatlah proposal. Yakinkan orang lain jikalau membaca proposal anda akan gampang paham apa yang akan anda buat. Misal jikalau anda ingin menciptakan sepatu dari ban bekas gambarkanlah sedetail mungkin sepatu itu menyerupai anda menciptakan skema tetapi yang jelas.
3. Untuk rincian pengajuan dana itu terserah anda, yang penting terang dana itu akan dibentuk apa dan untuk apa.
4. Carilah kelompok yang solid. Karena PKM mengharuskan berkelompok dan diantaranya ada angkatan yang berbeda. Kalau aku waktu itu mengajak sobat aku yang cerdik ngomong alasannya ialah ini diharapkan ketika kita berpresentasi, pada dasarnya carilah kelompok yang sudah anda kenal saja. Jangan lupa leader sangat diharapkan untuk kekompakan kelompok PKM

Anda bisa d0wnl0ad file Proposal PKMK aku disini

Mungkin itu saja aku bisa menunjukkan tips sukses di PKMK. Jika anda benar-benar ingin berguru untuk menjadi wirausahawan mulailah semenjak kini alasannya ialah jalan sangat banyak.
Jika ada kekurangan dalam penulisan artikel ini mohon komentarnya. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar pada postingan ini. Salam sukses !!


Sumber http://creativitywhitoutlimits.blogspot.com


EmoticonEmoticon