Workspace ialah kumpulan dari beberapa Workbook (File). Makara didalam 1 Workspace terdiri dari beberapa Workbook (File), sehingga pada dikala anda membuka Workspace maka secara otomatis Workbook-Workbook didalamya juga ikut terbuka.
Sebelum lanjut ke materi, terlebih dahulu anda harus mengerti apa ituWorksheet dan Workbook, yang penulis ulas pada artikel yang lalu.
Sebelum lanjut ke materi, terlebih dahulu anda harus mengerti apa ituWorksheet dan Workbook, yang penulis ulas pada artikel yang lalu.
Workspace ini banyak dipakai ketika Workbook-Worbook (Kumpulan File) anda, mempunyai link yang saling berkaitan satu dengan yang lainya, sehingga untuk mempermudah, beberapa Workbook tersebut dikumpulkan dalam 1 Workspace. Misalnya anda punya 3 Workbook, dimana didalamnya mempunyai rumus-rumus excel yang saling berkaitan antar Workbook tersebut, maka akan lebih gampang kalau anda bekerja dengan memakai Workspace ini.
Contoh Soal:
1. File bernama: Pendapatan 2017, menyerupai pada gambar:
2. File bernama: Pendapatan 2018, seperti pada gambar:
3. File bernama: Rekapitulasi Pendapatan, seperti pada gambar:
Rekapitulasi pendapatan = Pendapatan 2017 + Pendapatan 2018
Dari ketiga File diatas, anda sanggup menciptakan Workspace dengan cara:
- Pilih View pada ribbon atas, kemudian klik Arrange All, pilih Vertical maka akan nampak menyerupai pada gambar dibawah ini:
· Pada File Rekapitulasi, di kolom Jumlah (B4), anda masukan:
= (klik B4 pada File Pendapatan 2017) + (klik B4 pada File Pendapatan 2018)
Akan nampak menyerupai pada gambar dibawah ini
- Pada File Rekapitulasi, kolom Jumlah (B4) muncul Rumus:
='[PENDAPATAN 2017.xlsx]Sheet1'!$B$4+'[PENDAPATAN 2018.xlsx]Sheet1'!$B$4
Keterangan:
a. '[PENDAPATAN 2017.xlsx] Sheet1'! adalah nama File pada Sheet 1 b. $B$4 adalah alamat sel
c. '[PENDAPATAN 2018.xlsx]Sheet1' adalah nama File pada Sheet 1
d. $B$4 adalah alamat sel
Dari rumus diatas Anda rubah alamat sel $B$4 dengan B4 (dari alamat sel diktatorial ke alamat sel relatif), kemudian tekan Enter, sesudah itu anda copy kebawah maka kesudahannya menyerupai gambar dibawah ini:
Setelah selesai, anda sanggup menyimpan Workspace dengan cara: Klik View (pada ribbon atas), kemudian klik Save Workspace (pada sajian bar), menyerupai pada gambar dibawah ini
Anda sanggup juga melihat video tutorial dari pola diatas di youtube. Klik alamat dibawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=QS9nOu3Z7gE
Demikianlah pola sederhana penggunaan Workspace, kalau anda merubah kolom jumlah, pada file Pendapatan 2017 dan file pendapatan 2018 maka secara otomatis kolom jumlah pada file Rekapitulasi akan menyesuaikan. Adanya Workspace ini sangat memudahkan kita dalam bekerja dengan beberapa Workbook yang saling mempunyai link, lebih simpel dan efisien.
https://www.youtube.com/watch?v=QS9nOu3Z7gE
Demikianlah pola sederhana penggunaan Workspace, kalau anda merubah kolom jumlah, pada file Pendapatan 2017 dan file pendapatan 2018 maka secara otomatis kolom jumlah pada file Rekapitulasi akan menyesuaikan. Adanya Workspace ini sangat memudahkan kita dalam bekerja dengan beberapa Workbook yang saling mempunyai link, lebih simpel dan efisien.
LATIHAN SOAL
1. Buatlah 4 buah Workbook, dengan nama: Gaji, Gaji 1, Gaji 2 dan Rekap Gaji seperti pada gambar dibawah ini
Gaji
Berdasarkan gambar diatas, buat Workspace menyerupai nampak pada gambar dibawah ini
Hitunglah kolom Rekapitulasi gaji
Penyelesaian dari soal diatas sanggup anda lihat lewat akses youtube. Klik link dibawah:
https://www.youtube.com/watch?v=i3Aul9IQq_g
https://www.youtube.com/watch?v=i3Aul9IQq_g
2. Buatlah 3 Workbook dengan nama: Tabel gaji, Daftar gaji, Total penerimaan. Kemudian 3 Workbook tersebut, anda tampilkan dalam satu layar monitor, menyerupai pada gambar dibawah ini
a. Isilah kolom: bagian, honor pokok,tunjangan dengan memakai Vlookup, menurut tabel honor
b. Kolom PPH = (Gaji pokok + Tunjangan) x 10%
c. Kolom Gaji higienis = (Gaji pokok + Tunjangan) – PPH
3. Buatlah 3 Workbook dengan nama: Tabel kamar, Ruang, Pengeluaran. Kemudian 3 Workbook tersebut, anda tampilkan dalam satu layar monitor, menyerupai pada gambar dibawah ini
a. Isilah kolom: Kelas, Ruang dengan memakai fungsi Vlookup menurut tabel kamar
b. Lama inap = Tanggal check out – Tanggal check in
c. Kolom Total bayar diisi memakai Vlookup menurut tabel kamar, dikalikan dengan Lama inap
Untuk lebih memahami bahan diatas
Kami menyediakan Latihan Soal-Soal Excel
Soal sebanyak 100 nomor (meliputi semua artikel yang aku tulis di blog)
Harga Rp 20.000
EmoticonEmoticon