Selasa, 08 Mei 2018

Atm Anda Hilang? Begini Cara Blokir Lewat Telpon Sentra Bank

Di jaman now, ATM bukan menjadi barang langka lagi, hampir semua orang memilikinya, 1, 2, bahkan 3. Untuk orang yang sering berpergian baik jauh maupun dekat, kesiagaan ketika di perjalanan mesti di prioritaskan.

Untuk itu, uang menjadi salah satu barang bawaan wajib ketika diperjalanan. Alternatifnya, kita sanggup menggantinya dengan kartu ATM untuk menyimpan uang tersebut, alasannya yaitu lebih ringkas untuk jumlah besar.

Uang tersebut untuk jaga-jaga ketika dijalan, jikalau habis, tinggal gesek ke mesin ATM. Lantas bagaimana jikalau ATM kita hilang, contohnya jatuh dijalan atau kawasan lainnya.

Tentu ini menjadi problem besar jikalau harus terjadi hal demikian. Beberapa problem yang timbul jikalau ATM hilang diantaranya:

  • Tidak sanggup mengambil uang lewat mesin ATM
  • Kemungkinan terjadi pencurian saldo lewat acak pin

Jika pada ketika bersamaan Anda membawa buku tabungan untuk ATM yang hilang tersebut, Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang bank terkait untuk mengurus kehilangan kartu dan menciptakan yang baru. Dengan membawa ktp, atau identitas pengenal setingkat.

Lalu bagaimana jikalau tidak membawa buku tabungan? apa langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menghindari seseorang mencoba menebak pin ATM kita?

Jika keadaan sangat darurat dan Anda khawatir uang Anda dibobol oleh oknum tak bertanggungjawa, berikut cara pertama yang perlu Anda lakukan.

1. Blokir ATM lewat panggilan ke call center
Anda sanggup memblokir sebuah kartu ATM lewat telepon dengan alasan kartu telah hilang.

Nomor Call Center
  • Bank BNI : (500046) atau (021-500046) atau (68888)
  • Bank BRI : (14017) atau (021-57987400)
  • Bank BCA : (500888) atau (021-500888)
  • Bank Mandiri : (14000)
  • Bank BTN : (021-26533555)
  • Bank Danamon : (500-090) atau (67777)

Jika bank yang Anda inginkan tidak ada diatas, Anda sanggup cari di internet.
Anda sanggup menelepon nomor tersebut baik di pagi hari, siang, sore, bahkan malam. Tapi biasanya pada jam2 kerja Anda perlu menunggu lebih usang alasannya yaitu full call.

Setelah menelpon dan diangkat, Anda akan ditanya santunan apa yang dibutuhkan, bilang saja "atm saya hilang, dan saya ingin memblokirnya".
Selanjutnya, Anda akan ditanya beberapa hal berikut untuk memastikan bahwa pemohon benar2 pemilik sah tabungan terkait.

  1. Nomor rekening
  2. Nama lengkap
  3. Tanggal lahir
  4. Alamat (dusun, rt, rw)
  5. Provinsi
  6. Kecamatan
  7. Nama ibu kandung
  8. Nama ayah
Semua tanggapan yang Anda berikan akan dicocokkan dengan isu yang tertera di rekening tersebut.
Jika sama, maka permohonan pemblokiran disetujui dan ketika itu juga ATM tidak sanggup dipakai lagi.

Sampai ditahap ini, Anda telah berhasil memblokir ATM milik Anda sendiri. Jika suatu ketika ingin menghidupkan kembali ATM_nya Anda perlu mendatangi cabang bank dan mengajukan pembuatan ATM baru.

Sebenarnya pemblokiran via telepon ini sanggup disalah gunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Untuk itu, jaga kerahasiaan identitas rekening Anda untuk menghindari pemblokiran via telepon yang dilakukan oleh orang lain ke rekening Anda.

Info Tambahan
  • Anda sanggup menganjukan pemblokiran via call memakai semua nomor, termasuk nomor yang tidak terdaftar di rekening terkait.
  • Jika menelpon nomor kantor, sebaiknya siapkan pulsa sedikitnya 30rb untuk jaga2 supaya tidak kehabisan pulsa ketika mengobrol.

Sumber http://www.kangsigit.com/


EmoticonEmoticon