Rabu, 16 Mei 2018

Matematika Smp: Berguru Bentuk Akar (*Soal Dan Pembahasan)

 Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar ialah akar dari bilangan rasional  Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)Belajar Matematika Dasar Bentuk Akar. Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar ialah akar dari bilangan rasional yang jadinya bilangan irasional.

contoh: $\sqrt{5}$, $\sqrt{7}$, $\sqrt{17}$, $\cdots$ ialah betuk akar alasannya ialah jadinya berupa bilangan irasional.

Sedangkan $\sqrt{9}$, $\sqrt{16}$, $\sqrt{36}$, $\dots$ bukan bentuk akar alasannya ialah jadinya ialah bilangan rasional.

Beberapa topik matematika yang dipelajari pada dingklik Sekolah Menengah Pertama atau SMA, diantaranya adalah;

Penjumlahan Bentuk Akar

Penjumlahan bentuk akar konsepnya sama dengan penjumlahan yang lain, yaitu yang sanggup dijumlahkan ialah yang sejenis. Bentuk akar yang dijumlahkan ialah adalah bentuk akar yang sejenis.
  • $a \sqrt[n]{m}+b \sqrt[n]{m}=\left (a+b \right )\sqrt[n]{m}$
  • $a \sqrt{m}+b \sqrt{m}=\left (a+b \right )\sqrt{m}$
contoh :
  1. $\sqrt{a}+\sqrt{a}=2\sqrt{a}$
  2. $2\sqrt{b}+3\sqrt{b}=5\sqrt{b}$
  3. $4\sqrt{5}+\sqrt{5}=5\sqrt{5}$
  4. $7\sqrt{6}+2\sqrt{6}=9\sqrt{6}$

Pengurangan Bentuk Akar

Pengurangan bentuk akar konsepnya sama dengan penjumlahan, yaitu yang sanggup dikurangkan ialah yang sejenis. Bentuk akar yang dikurangkan ialah adalah bentuk akar yang sejenis.
  • $a \sqrt[n]{m}-b \sqrt[n]{m}=\left (a-b \right )\sqrt[n]{m}$
  • $a \sqrt{m}-b \sqrt{m}=\left (a-b \right )\sqrt{m}$
contoh :
  1. $\sqrt{a}-\sqrt{a}=0$
  2. $2\sqrt{b}-3\sqrt{b}=-\sqrt{b}$
  3. $4\sqrt{5}-\sqrt{5}=3\sqrt{5}$
  4. $7\sqrt{6}-2\sqrt{6}=5\sqrt{6}$

Perkalian Bentuk Akar

Perkalian bentuk akar konsepnya ialah dengan mengalikan bilangan atau variabel yang diluar akar dengan yang diluar akar dan mengalikan yang didalam akar dengan yang didalam akar. Dengan catatan jenis akarnya masih sejenis, contohnya akar pangkat 2 dengan akar pangkat 2 atau akar pangkat n dengan akar pangkat n ialah teladan akar yang sejenis.
  • $a \sqrt[n]{p} \times b \sqrt[n]{q}=\left (a \times b \right )\sqrt[n]{p \times q}$
  • $a \sqrt{p} \times b \sqrt{q}=\left (a \times b \right )\sqrt{p \times q}$
contoh:
  1. $a \sqrt{b} \times c\sqrt{d}=ac\sqrt{bd}$
  2. $m \sqrt{n} \times x\sqrt{y}=mx\sqrt{ny}$
  3. $3 \sqrt{5} \times 2\sqrt{3}=6\sqrt{15}$
  4. $\sqrt{2} \times 3\sqrt{6}=3\sqrt{12}=3\sqrt{12}$
Untuk soal nomor 4 diatas bentuk $3\sqrt{12}$ masih sanggup disederhanakan menjadi;
$3\sqrt{12}=3\sqrt{4 \times 3}=3 \sqrt{4} \times \sqrt{3}=6 \sqrt{3}$

Pembagian Bentuk Akar

Pembagian bentuk akar konsepnya sama dengan perkalian bentuk akar yaitu dengan membagikan yang didalam akar dengan yang didalam akar dan membagikan yang didalam akar dengan yang didalam akar. Tetap memperhatikan akarnya masih sejenis, contohnya akar pangkat 3 dengan akar pangkat 3 atau akar pangkat n dengan akar pangkat n ialah teladan akar yang sejenis
  • $\dfrac{p\sqrt[n]{a}}{q\sqrt[n]{b}}=\dfrac{p}{q}\sqrt[n]{\dfrac{a}{b}}$
  • $\dfrac{p\sqrt{a}}{q\sqrt{b}}=\dfrac{p}{q}\sqrt{\dfrac{a}{b}}$
contoh:
  1. $\dfrac{6\sqrt{6}}{3\sqrt{2}}=\dfrac{6}{3}\sqrt{\dfrac{6}{2}}=2\sqrt{3}$
  2. $\dfrac{p\sqrt{a}}{q\sqrt{a}}=\dfrac{p}{q}\sqrt{\dfrac{a}{a}}=\dfrac{p}{q}$
  3. $\dfrac{\sqrt{18}}{\sqrt{2}}=\sqrt{\dfrac{18}{2}}=\sqrt{9}=3$
  4. $\dfrac{5\sqrt{2}}{3\sqrt{5}}=\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}$
Untuk soal nomor 4 diatas bentuk $\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}$ masih sanggup disederhanakan dengan istilah merasionalkan penyebut, caranya:
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{2}}{\sqrt{5}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{2}}{\sqrt{5}}\times \dfrac{\sqrt{5}}{\sqrt{5}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{10}}{\sqrt{25}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{10}}{5}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{1}{3}\sqrt{10}$

Selama beberapa tahun terakhir soal bentuk akar ini selalu dikeluarkan pada soal Ujian Nasional Matematika tingkat SMP. Kaprikornus pastikan bahwa Anda atau teman atau anak kita sanggup menganggap bentuk akar itu bukan suatu masalah, hanya sekedar soal saja.

Beberapa soal berikut sanggup dijadikan soal latihan untuk pemantapan

1. Soal UNBK Matematika Tahun 2018 (*Soal Lengkap)

Bentuk sederhana dari $\dfrac{2\sqrt{3}+3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12-5\sqrt{6} \\
(B)\ & 12 -\sqrt{6} \\
(C)\ & -5-\sqrt{6} \\
(D)\ & 6-5\sqrt{6}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \times \dfrac{\sqrt{3}-\sqrt{2}}{\sqrt{3}-\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{6-2\sqrt{6}-3\sqrt{6}+6}{3-2} \\
& = \dfrac{12-5\sqrt{6}}{1} \\
& = 12-5\sqrt{6}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 12-5\sqrt{6}$

2. Soal UNBK Matematika Tahun 2018 (*Soal Lengkap)

Bentuk sederhana dari $\dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4+\sqrt{15} \\
(B)\ & \dfrac{4-\sqrt{15}}{2} \\
(C)\ & 4+2\sqrt{15} \\
(D)\ & \dfrac{4+2\sqrt{15}}{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}} \\
& = \dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}} \times \dfrac{\sqrt{20}+\sqrt{12}}{\sqrt{20}+\sqrt{12}} \\
& = \dfrac{\left(\sqrt{5}+\sqrt{3}\right)\left(\sqrt{20}+\sqrt{12}\right)}{\left(\sqrt{20}-\sqrt{12}\right)\left(\sqrt{20}+\sqrt{12}\right)} \\
& = \dfrac{\sqrt{100}+\sqrt{60}+\sqrt{60}+\sqrt{36}}{\sqrt{400}-\sqrt{240}+\sqrt{240}-\sqrt{144} } \\
& = \dfrac{10+2\sqrt{60}+6}{20-12} \\
& = \dfrac{16+2\sqrt{60}}{8} \\
& = \dfrac{16+2\sqrt{4 \cdot 15}}{8} \\
& = \dfrac{16+2 \cdot 2\sqrt{15}}{8} \\
& = \dfrac{16+4\sqrt{15}}{8} \\
& = \dfrac{4+\sqrt{15}}{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ \dfrac{4+\sqrt{15}}{2}$

3. Soal Simulasi UNBK Matematika Tahun 2018 (*Soal Lengkap)

Bilangan yang senilai dengan $\dfrac{8}{3+\sqrt{5}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 6-2\sqrt{5} \\
(B)\ & 6+2\sqrt{5} \\
(C)\ & 12-2\sqrt{5} \\
(D)\ & 12+2\sqrt{5}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bilangan yang senilai dengan sebuah bilangan itu sanggup kita cari dengan merubah bentuk tapi tidak merubah nilainya. Cara yang paling gampang ialah dengan mengkalikan bilangan itu dengan $1$, alasannya ialah bilangan yang dikali dengan $1$ jadinya ialah bilangan itu sendiri.
$ \begin{align}
\dfrac{8}{3+\sqrt{5}}
& =\dfrac{8}{3+\sqrt{5}} \times 1 \\
& =\dfrac{8}{3+\sqrt{5}} \times \dfrac{3-\sqrt{5}}{3-\sqrt{5}} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{(3+\sqrt{5})(3-\sqrt{5})} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{(9-5)} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{4} \\
& =\dfrac{2(3-\sqrt{5})}{1} \\
& =6-2\sqrt{5} \\
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 6-2\sqrt{5}$

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan) atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
 Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar ialah akar dari bilangan rasional  Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)


Sumber http://www.defantri.com


EmoticonEmoticon