Rabu, 27 Juni 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya

contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya

“Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya”

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap – Laporan keuangan perusahaan dagang umumnya disusun pada selesai tahun periode akuntansi.  Laporan keuangan perusahaan dagang akan menawarkan informasi yang lengkap mengenai posisi keuangan perusahaan.

A. Perusahaan Dagang


Perusahaan dagang ialah perusahaan yang kegiatan (usaha) nya menjual suatu produk dari supplyer kepada konsumen dengan atau tanpa merubah baik bentuk, rasa atau kualitas dan memperoleh keuntungan dari hasil selisih penjualan.

Bagi perusahaan baik perusahaan dagang maupun jasa, menyusun laporan keuangan ialah salah satu rutinitas yang harus dilakukan untuk memperoleh citra informasi secara terperinci yang terjadi di perusahaan.

Pada kesempatan kali ini akuntansilengkap.com akan mengulas materi wacana laporan keuangan perusahaan dagang, sehabis sebelumnya telah dibahas mengenai contoh laporan keuangan perusahaan jasa.

B. Laporan Keuangan Perusahaan Dagang


Sebelumnya telah dibahas secara detail pola laporan keuangan perusahaan jasa. Kali ini akan dibahas secara rinci bagaimana laporan keuangan Perusahaan dagang.

Laporan keuangan (financial statement) adalah suatu tahap penyajian posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas secara terstruktur. Tujuan penyusunan laporan keuangan ialah dalam rangka menawarkan informasi wacana posisi dan kinerja keuangan , serta arus kas entitas yang bermanfaat untuk pengguna laporan dalam menciptakan keputusan ekonomi. Laporan keuangan terdiri dari :

  1. Laporan keuntungan rugi dan penghasilan komprehensif lain (Statement of income and Other Comprehensive income)
  2. Laporan perubahan ekuitas (Stetement of Change Equity)
  3. Laporan posisi keuangan (Statement of Financial Position)
  4. Laporan arus kas (Statemen of Cash flow )

C. Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang


1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Pengertian laporan keuntungan rugi ialah laporan yang mencerminkan acara operasi perusahaan. laporan keuntungan rugi menyajikan rincian informasi wacana penghasilan, beban, keuntungan dan rugi perusahaan pada periode akuntansi tertentu. Lalu kelompok akun apa saja yang terdapat pada laporan keuntungan rugi perusahaan dagang ? Diantaranya ialah kelompok :

  1. Pendapatan
  2. Harga pokok penjualan
  3. Beban operasional
  4. Beban diluar operasional
  5. Pendapatan diluar operasional
  6. Pendapatan konferhensi lainnya

1. Penghasilan (income) sanggup kita artikan sebagai bentuk arus masuk atau peningkatan asset, penurunan kewajiban, yang mengakibatkan kenaikan ekuitas/modal.

2. Beban (expenses), Beban diakui sebagai penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode pelaporan dalam bentuk penurunan asset atau arus keluar, atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas.

3. Pendapatan atau pendapatan komprehensif lain (other comprehensive income – OCI) ialah total penghasilan dikurangi beban.

4. Harga pokok penjualan (HPP), diakui sebagai biaya yang timbuk akhir memproduksi suatu barang dan dijual dalam kegiatan bisnis meliputi, biaya materi baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. Hpp secara sederhana ialah biaya penjualan. Komponen dari Harga Pokok Penjualan diantaranya:

  1. Persediaan Awal Barang Dagang, ialah persediaan barang dagang yang tersedia semenjak awal periode.
  2. Persediaan Akhir Barang Dagang, ialah persediaan yang tersedia di selesai periode.
  3. Pembelian bersih, adalah jumlah seluruh pembelian barang dagang baik secara tunai maupun kredit, ditambah dengan biaya angut pembelian dan dikurangi dengan penggalan pembelian atau retur pembelian yang terjadi oleh perusahaan dagang. 

Baca Juga

  1. Harga Pokok Penjualan (HPP)
  2. [TERBARU] Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang
  3. Pengertian dan Contoh Laporan Laba Rugi +Bentuk dan Format Penyusunan
  4. Pengertian Ekuitas (Equity) Modal dan 5 Jenisnya

2. Laporan Perubahan Ekuitas (Statement Of Change Equitas)

Laporan perubahan ekuitas akan melaporkan perubahan masing-masing akun ekuitas pemegang saham dan total ekuitas pemegang saham selama suatu periode.

3. Laporan Posisi Keuangan (Statement of financial position)

Neraca atau disebut sebagai laporan posisi keuangan. aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemilik modal (saham) perusahaan bisnis pada suatu tanggal tertentu akan dilaporkan pada laporan neraca.

Bentuk-bentuk laporan posisi keuangan : Baca Juga :  Pengertian Neraca : Fungsi dan Contoh Transaksinya

  1. Bentuk rekening (account form), pada bentuk ini aktiva dan pasiva akan sejajar (akrtiva di sisi kiri, dan pasiva di sisi kanan).
  2. Bentuk laporan (report form), pada bentuk  ini aktiva dan pasiva disusun ke bawah (aktiva di atas, dan pasiva di bawah).

4. Laporan Arus Kas (Statemen of Cash flow )

Laporan arus kas akan  melaporkan fatwa masuk dan keluar uang (kas) perusahaan dagang. Laporan arus kas yang melaporkan arus kas selama periode tertentu akan diklasifikasikan berdasarkan aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

  • Arus Kas Dari Aktivitas Operasional (Cash Flows From Operating Activities) 

Bagian pertama akan berisi informasi mengenai fatwa kas yang bekerjasama dengan acara operasional perusahaan. misalnya : kas yang diterima dari pelanggan dan pembayaran sejumlah kas untuk beban dan pembayaran kepada kreditor.

  • Arus Kas Dari Aktivitas Investasi (Cash Flows From Investing Activities) 

Bagian kedua akan memuat informasi mengenai fatwa kas (baik masuk maupun keluar) yang bekerjasama dengan acara investasi yang dilakukan oleh perusahaan. misalnya : pembayaran kas untuk pembelian/penjualan aktiva tetap.

  • Arus Kas Dari Aktivitas pendanaan (Cash Flow From Financing Activities) 

Bagian ketiga akan menyajikan informasi fatwa kas (baik masuk maupun keluar) yang bekerjasama dengan acara pendanaan. Contohnya : kas yang diterima sebagai investasi pemilik atau penarikan kas oleh pemilik.

Contoh Laporan Keuangan Toko Rejeki

contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
Contoh neraca lajur perusahaan dagang
contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
Laporan harga pokok penjualan hpp perusahaan dagang
contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
Laporan keuntungan rugi perusahaan dagang lengkap
contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
Laporan perubahan modal (ekuitas) perusahaan dagang
contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
Laporan neraca perusahaan dagang lengkap
contoh laporan keuangan perusahaan dagang lengkap Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
Laporan arus kas perusahaan dagang

Demikianlah Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya supaya bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi Juga : 

  1. Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Lengkap Beserta Penjelasannya
  2. Pengertian Nerca Saldo Serta Bentuk dan Contohnya
  3. Pengertian dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas
  4. Pengertian, Tujuan dan Contoh Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik
  5. Pengertian dan Perbedaan FOB Shipping point dan FOB destination

Sumber http://www.akuntansilengkap.com


EmoticonEmoticon