Kamis, 28 Juni 2018

Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk Dan Contohnya

Apakah neraca saldo itu ? apakah keuntungannya bagi perusahaan ? 

A. Pengertian Neraca Saldo (Trial balance)


Akuntansilengkap.com – Neraca saldo (trial balance) mungkin sudah tidak ajaib lagi di pendengaran kita. Neraca saldo termasuk sebagai sebuah tahap dalam siklus akuntansi yang disusun sehabis dilakukan pemostingan jurnal umum buku besar.

Definisi neraca saldo yakni sebagai suatu daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun secara sistematis sesuai dengan instruksi akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.

Ringkasnya neraca saldo disusun sehabis penyusunan buku besar, akun dalam neraca saldo harus dibentuk secara sistematis (sesuai dengan instruksi akun)/ dihentikan acak.

B. Manfaat Neraca Saldo


Manfaat dari penyusunan neraca saldo bagi suatu perusahaan yakni :

1. Dapat memudahkan melaksanakan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika jurnal buku besar yang dibentuk dengan benar sebagai dasar penyusunan neraca saldo, maka jumlah total angka kolom debet dan kredit yang muncul di neraca saldo akan mengatakan jumlah saldo yang ballance (sama). Dengan demikian neraca saldo sanggup dianggap benar.

2. Penyusunan neraca saldo bermanfaat sebagai sumber pembuatan kertas kerja (neraca lajur) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

C. BentukNeraca saldo (Trial balance)


Format/bentuk neraca saldo yang sederhana mempunyai 4 kolom utama diantaranya kolom instruksi (nomor) akun, kolom nama akun (keterangan), kolom debet dan kredit menyerupai gambar berikut ini:

 mungkin sudah tidak ajaib lagi di pendengaran kita Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk dan Contohnya

Keterangan :

1. Kolom Kode (nomer) Akun

Kolom tersebut berisi aneka macam instruksi akun dari setiap akun yang terdapat dalam buku besar perusahaan tersebut. Nomer/kode akun harus ditulis secara sistematis atau urut mulai dari instruksi 1 yang mengatakan instruksi akun Harta hingga instruksi 4 yang mengatakan instruksi akun Beban.

2. Kolom Nama Akun

Kolom berikut berisi aneka macam nama akun yang tercantum dalam buku besar perusahaan. penulisan dalam neraca saldo di urutkan dari golongan akun harta, akun hutang, akun modal, akun pendapatan dan yang terakhir yakni akun beban.

3. Kolom Debit

Kolom berikut berisi saldo dari setiap akun yang mempunyai saldo debet sesuai dengan buku besar.

4. Kolom Kredit

Kolom berikut berisi saldo setiap akun yang mempunyai saldo total kredit sesuai yang ada di dalam buku besar.

D. Contoh Neraca Saldo Perusahaan


Berikut ini yakni sebagai citra atau contoh  dari neraca saldo perusahaan.
 mungkin sudah tidak ajaib lagi di pendengaran kita Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk dan ContohnyaKesimpulan

Neraca saldo (trial balance) yakni suatu buku yang menyediakan informasi mengenai kumpulan saldo yang berasal  dari kata uang dimiliki oleh rekening bank-bank terkait.

Neraca saldo mempunyai format beberapa kolom utama yang dipakai untuk melaksanakan pecatatan/pendataan berupa nomer akun, nama akun, kolom debet dan kredit.

Neraca saldo merupakan suatu daftar yang berisi kumpulan seluruh jenis nama akun beserta total saldonya yang dibentuk dan diurutkan secara sistematis (urut) sesuai dengan golongan dan instruksi akunnya yang bersumber dari buku besar perusahaan pada perusahaan tertentu.

Itulah tadi klarifikasi mengenai Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk dan Contohnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca akuntansilengkap.com. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel lainnya:


Sumber http://www.akuntansilengkap.com


EmoticonEmoticon