Senin, 02 Juli 2018

5 Pola Sejarah Sumber Tertulis (Lengkap)

Sejarah itu ada lantaran konstruksi dari sejaarawan terhadap sumber sejarah 5 Contoh sejarah Sumber tertulis (LENGKAP)

Sejarah itu ada lantaran konstruksi dari sejaarawan terhadap sumber sejarah. Dilihat dari sifatnya, sumber sejarah sanggup dikategorikan ke dalam dua bentuk yaitu ialah sumber primer dan sumber sekunder. bila dilihat dari bentuknya, maka terdapat sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber dalam wujud benda fisiik atau artefak.5 Contoh sejarah Sumber tertulis ialah sebagai berikut:

1.Laporan-laporan

Laporan yang lengkap akan banyak memberiikan informasi yang penting bagi penelitian sejarah. Kita sanggup memakai laporan, baik yang dibentuk oleh forum resmi pemerintah maupun nonpemeriintah. Biasanya, laporan dibentuk setiap final tahun, sehingga dikenal dengan laporan tahunan. Dalam laporan ini, biasanya lebih banyak berisi perihal data-data kuantitatif maupun angka-angka, contohnya data angka jumlah penduduk, pekerjaannya,  jumlah jenis-jenis angka kesehatan masyarakat, jumlah luas tanah, dan lainnya.

2.Notulen rapat

Hal-hal yang menjaadi materi pembicaraan rapat biasanya dicatat oleh salah seorang petugas. Catatan tersebut disebut notulen rapat. Notulen rapat menawarkan informasi yang berharga dalam penelitian sejarah, apalagi jikalau notulen rapat yang kita temukan itu masih dalam bentuk goresan pena tangan si petugas penulis. jikalau kita menemukan bentuk notulen rapat yang demikian, maka itu termasuk ke sumber primer. Dalam notulen rapat, biasanya terdapat materi penting yang menjadi bahasan rapat. Misalnya kita menemukaan notulen rapat sebuah partai pada tahun 1950. Berdasarkan notulen tersebut, kita sanggup menulis sejarah politik.

3.Surat-surat

Surat biasanya sanggup berupa goresan pena yang singkat, sanggup pula surat yang panjang dan ada lampirannya. Baik surat yang pendek maupun surat yang panjang ialah sesuatu yang berharga dalam penelitian sejarah. jikalau kita menemukan surat yang ada lampirannya, maka kita kemungkinan akan menemukan banyak daata atau informasi yang kita butuhkan dalam penelitian. Misalnya dalam penelitian perihal perubahan sosial deesa 1950-1955, ditemukan adanya surat dari kepala desa kepada masyaarakat yang berisi seruan rapat perihal jadwal pengembangan pertaniian desa.

4.Surat kabar

Dalam surat kabar biasanya banyak info yang merisi teentang hal-hal yang terjadi di masyarakat. Berita-berita tersebut merupakan sumber yang berharga bagi peneliti sejarah. Peneliti sejarah sanggup menyeleksi bab mana dari info itu yang sanggup dijadikan sumber bagi penelitiannya, alasannya ialah suraat kabar biasanya menyajikan info yang bermacam-macam contohnya info ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan dan lainnya. Apabila peneliti sejarah ingin meneliti sejarah ekonomi, maka info ekonomi yang menjadi piliihannya untuk dijadikan sebagai sumber sejarah.

5.Catatan pribadi

Catatan langsung merupakan catatan yang dibentuk oleh seorang individu yang menceritakan pengalamannya yang dia pandang penting untuk dicatat. Biasanya ada orang-orang tertentu yang memiliki kebiasaan untuk menulis pengalamannya. Bahkan yang dia catat bukan sekedar apa yang terjadi pada dirinya, tetapi mungkin mencatat pengaalaman orang lain yang dia lihat. Misalnya ialah Mohammad Hatta mencatat pengalamannya dalam bentuk memoar. Dalam memoarnya itu, kita sanggup melihat bagaimana Mohammad Hatta berjuang menuju kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang dia catat bukan hanya pengalaman pribadinya, tetapi dia mencaatat pula bagaimana sikap p0juang lainnya dalam suatu peristiwa, contohnya dikala perumusan proklamasi.

 

demikianlah tadi artikel dari ayoksinau.com mengenai 5 Contoh sejarah Sumber tertulis (LENGKAP), biar manambah wawasan anda semuanya,

baca juga artikel dibawah ini;


Sumber https://www.ayoksinau.com


EmoticonEmoticon