Minggu, 26 Agustus 2018

Dasar-Dasar Pemrograman : Perulangan Bersarang ( Nested Loop )

Dasar-Dasar Pemrograman : Perulangan Bersarang ( Nested Loop )


Nested Loop merupakan bagan perulangan di mana terdapat bagan perulangan di dalam bagan perulangan lain. Perhatikan pola berikut ini !


Pada pola di atas, bagan perulangan while akan mengeksekusi bagan perulangan for selama kondisi1 pada while bernilai true. Skema nested loop di atas hanya terdiri dari dua tingkat. Tentu saja sebuah nested loop tidak hanya sanggup terdiri dari dua tingkat. Anda sanggup menciptakan nested loop yang mempunyai lebih dari dua tingkat.

Untuk menambah pemahaman anda, modifikasilah instruksi di bawah ini biar kegiatan menghasilkan 10 baris String “Hello World!”. Modifikasilah bagan perulangan for biar kegiatan sanggup menghasilkan keluaran yang diminta. Jangan mengubah bagan perulangan while!


  • Pada instruksi di atas, berapa kalikah isi bagan while diulang?
  • Pada instruksi di atas, berapa kalikah statement System.out.println(“Hello World”) dijalankan?
Cobalah instruksi di atas dan perhatikan hasilnya. Modifikasilah instruksi di atas biar menampikan hasil yang sama namun terurut menurun. Anda hanya sanggup memakai perulangan.




  • Apa yang dilakukan oleh bagan perulangan for kedua (yang berada di dalam)?
  • Pada instruksi di atas, berapa kalikah statement sum += j dijalankan untuk setiap perulangan dalam bagan for pertama (yang berada di luar)?
Latihan



Faktorial

Buatlah sebuah kegiatan yang sanggup menghitung nilai dari faktorial 1 hingga dengan faktorial n. 

Spesifikasi Input 

Input dimulai dengan bilangan t (0 < t) yang merupakan jumlah masalah tes yang akan diberikan. Pada setiap t baris berikutnya akan diminta input bilangan n (0 < n < 10) yang merupakan batas atas inklusif dari nilai faktorial yang ingin dikeluarkan. 

Spesifikasi Output 

Untuk setiap bilangan n yang diberikan, tampilkanlah nilai dari faktorial 1 hingga dengan faktorial n pada satu baris yang sama. 

Contoh Input 





Contoh Output 

1 2 

1 2 6 

1 2 6 24 

Bilangan Prima

Buatlah sebuah kegiatan yang sanggup menampilkan semua bilangan dari 1 hingga dengan n (0 < n < 100) yang merupakan bilangan prima. 

Spesifikasi Input 

Input kegiatan ini yakni sebuah bilangan bundar n (0 < n < 100) yang merupakan batas atas inklusif dari bilangan prima yang ingin dikeluarkan. 

Spesifikasi Output 

Tampilkanlah semua bilangan dari 1 hingga dengan n yang merupakan bilangan prima dalam 1 baris yang sama. 

Contoh Input 

11 

Contoh Output 

2 3 5 7 11 

Bak Mandi Wombat



Seekor wombat ingin membuah sebuah kolam mandi berbentuk balok dengan panjang maksimal a meter, lebar maksimal b meter, dan tinggi maksimal c meter. Namun, wombat tersebut menginginkan biar volume kolam mandi tersebut persis sebesar n meter kubik. Tentukanlah apakah wombat sanggup menciptakan kolam mandi tersebut jikalau a merupakan bilangan ganjil, b merupakan bilangan genap, dan c merupakan sebuah bilangan bundar baik ganjil maupun genap.

Spesifikasi Input

Input terdiri dari sebuah baris yang berisi 4 buah bilangan bulat. Bilangan-bilangan tersebut dari kiri ke kanan yakni a, b, c, dan n.

Spesifikasi Output

Jika wombat tidak sanggup menciptakan kolam mandi yang beliau inginkan keluarkanlah “Tidak bisa”. Jika kolam mandi tersebut sanggup dibentuk keluarkanlah panjang, lebar, dan tinggi dari kolam mandi tersebut.

Contoh Input 1

11 10 2 72

Contoh Output 1

9 4 2

Contoh Input 2

7 8 3 49

Contoh Output 2

Tidak bisa

Sumber

Modul Daspro Nested Loop


Sumber http://wikiwoh.blogspot.com


EmoticonEmoticon