Senin, 22 Oktober 2018

Soal Dan Pembahasan Uji Kompetensi Guru (Ukg)

Materi: Persamaan Kuadrat

1. Kedua akar dari $ x^2 + 3x + 1 = 0$ yakni bilangan ...
Alternatif Pembahasan:

Untuk memilih jenis bilangan akar-akar persamaan kuadrat sanggup kita tentukan dengan melihat nilai Diskriminan [D].
$ D = b^2 - 4ac$
$ D = 3^2 - 4(1)(1)$
$ D = 9 - 4$
$ D = 5$

Lalu kita ke rumus abc, yaitu:
$ x_{1,2}=\frac{-b\pm \sqrt{D}}{2a}$
bila kita substitusikan nilai D = 5 maka kita peroleh $ x_{1,2}=\frac{-3\pm \sqrt{5}}{2}$ dan risikonya yakni bilangan irasional alasannya yakni $ \sqrt{5}$ yakni bilangan irasional.


Materi: Persamaan Kuadrat

2. Salah satu akar dari $ 2x^2 + (a-4)x -2a = 0$ yakni x = -3, maka nilai a adalah...
Alternatif Pembahasan:

Akar persamaan kuadrat yakni nilai variabel persamaan kuadrat sehingga persamaan kuadrat benar sama dengan nol. Pada soal didapat nilai x = -3 sehingga $ 2(x)^2 + (a-4)x -2a = 0$ kita ubah menjadi:
$ 2(-3)^2 + (a-4)(-3) -2a = 0$
$ 2(9) + (-3a+12) -2a = 0$
$ 18 - 3a +12 -2a = 0$
$ 30 - 5a = 0$
$ 30 = 5a$
$ 6 = a$


Materi: Barisan dan Deret

3. Baris pertama ada 4 kursi, baris kedua 7 kursi, baris ketiga 10 kursi, maka jumlah dingklik hingga baris ke-15 adalah...
Alternatif Pembahasan:

Dengan melihat contoh banyak dingklik setiap baris, contoh membentuk deret aritmatika dengan suku pertama $(a)= 4$ dan beda $(b)= 3$ sedangkan yang ditanyakan yakni jumlah dingklik hingga baris ke-15 $(S_{15})$
$ S_{n}=\frac{n}{2}(2a+(n-1)b)$
$ S_{15}=\frac{15}{2}(2 \cdot 4+(15-1)3)$
$ S_{15}=\frac{15}{2}(8+(14)3)$
$ S_{15}=\frac{15}{2}(50)$
$ S_{15}=(15)(25)$
$ S_{15}=375$
Jumlah dingklik hingga baris ke-15 yakni 375


Materi: Barisan dan Deret

4. Jumlah 20 bilangan ganjil berurutan yakni 600. Selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah...
Alternatif Pembahasan:

Dari soal kita peroleh contoh bilangan ganjil berarti contoh membentuk deret aritmatika dengan beda $(b)=2$ dan jumlah 20 bilangan yakni 600 $(S_{20}=600)$
$ S_{n}=\frac{n}{2}(2a+(n-1)b)$
$ S_{20}=\frac{20}{2}(2a +(20-1)2)$
$ 600=10(2a+38)$
$ 60= 2a+38$
$ 22= 2a$
$ 11= a$
Dengan memperoleh nilai suku pertama $(a = 11)$ maka bilangan terkecil yakni 11. Sekarang kita coba memilih bilangan terbesar yaitu suku ke-20 $(U_{20})$ dari persamaan berikut:
$ U_{n}=a+ (n-1)b$
$ U_{20}=11+ (20-1)2$
$ U_{20}=11+ 38$
$ U_{20}=49$

Selisih bilangan terbesar dan terkecil yakni 49-11 =38


Materi: Polinomial

5. Bentuk sederhana dari $ \frac{2x^{3}+4x^{2}-18x-36}{x^{2}-2x-3}$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

$ \frac{2x^{3}+4x^{2}-18x-36}{x^{2}-2x-3}$

$ =\frac{2(x^{3}+2x^{2}-9x-18)}{(x+1)(x-3)}$

$ =\frac{2(x-3)(x^{2}+5x+6}{(x+1)(x-3)}$

$ =\frac{2(x-3)(x+2)(x+3)}{(x+1)(x-3)}$

$ =\frac{2(x+2)(x+3)}{(x+1)}$


Materi: Persamaan Garis Lurus

6. Persamaan garis sejajar sumbu y dan melalui titik $(-3,3)$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Garis yang sejajar sumbu y yakni garis $ x=1$ atau $ x=2$ atau $ x=-1$ atau $ x=-2$ atau secara umum sanggup kita tuliskan $ x=a$
alasannya yakni garis melalui titik $(-3,3)$ sehingga garis yang diminta yakni garis $ x=-3$


Materi: Trigonometri

7. Jika $ sin\ a\ =\ 0,8$ dan $ 0 < a < \frac{\pi }{2}$, maka $ tan\ (a-\pi )\ =...$
Alternatif Pembahasan:

Dari soal kita peroleh $ 0 < a < \frac{\pi }{2}$ berarti a berada di kwadran yang pertama dan $ (\pi-a)$ berada di kwadran yang kedua.
$ tan\ (a-\pi )\ = tan\ [-(\pi-a)]$
$ tan\ (a-\pi )\ = - [tan\ (\pi-a)]$
$ tan\ (a-\pi )\ = - [- tan\ a]$
$ tan\ (a-\pi )\ = tan\ a$

Karena $ sin\ a\ =\ 0,8$ dengan menerapkannya pada segitiga siku-siku atau pada identitas trigonometri kita peroleh $ cos\ a\ =\ 0,6$ dan $ tan\ a\ = \frac{8}{6}$


Materi: Trigonometri

8. Jika $ tan\ a\ =\ t$ maka $ sin\ 2a\ =...$
Alternatif Pembahasan:

Dari soal kita peroleh $ tan\ a\ =\ t$ berarti $ tan\ a\ = \frac{t}{1}$, kemudian dengan teorema pythagoras kita peroleh sisi miring segitiga $ \sqrt{t^2+1}$ [*perhatikan gambar]


$ sin\ a\ = \frac{t}{\sqrt{t^2+1}}$ dan $ cos\ a\ = \frac{1}{\sqrt{t^2+1}}$

$ sin\ 2a\ = 2\ sin\ a\ \cdot\ cos\ a$

$ sin\ 2a\ = 2\ \cdot\ \frac{t}{\sqrt{t^2+1}} \cdot\ \frac{1}{\sqrt{t^2+1}}$

$ sin\ 2a\ = \frac{2t}{t^2+1}$


Materi: Matriks

9. Jika $ \begin{pmatrix}2 & 3\\ 3 & 4 \end{pmatrix} \cdot M\ = \begin{pmatrix}1 & 3\\ 2 & 2\end{pmatrix}$ maka Matriks M adalah...
Alternatif Pembahasan:

Jika A, B dan M yakni matriks 2x2 yang memenuhi persamaan $ A \cdot M\ =\ B$ maka berlaku persamaan
$ M\ = A^{-1} \cdot B$

$ M\ =\ \frac{1}{2\cdot 4-3\cdot3}\begin{pmatrix}4 & -3\\ -3 & 2\end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix}1 & 3\\ 2 & 2\end{pmatrix}$
$ M\ =\ \begin{pmatrix}-4 & 3\\ 3 & -2\end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix}1 & 3\\ 2 & 2\end{pmatrix}$
$ M\ =\ \begin{pmatrix}-4+6 & -12+6\\ 3-4 & 9-4\end{pmatrix}$
$ M\ =\ \begin{pmatrix}2 & -6\\ -1 & 5\end{pmatrix}$


Materi: Matriks

10. Bila $ A \cdot B = I$ dan I yakni matriks identitas. Jika $ B\ = \begin{pmatrix}3 & -1\\ 5 & 2\end{pmatrix}$ maka Matriks A adalah...
Alternatif Pembahasan:

$ A \cdot B\ =\ I$ maka $ A\ = I \cdot B^{-1}$

$ A\ =\ \begin{pmatrix}1 & 0\\ 0 & 1\end{pmatrix} \cdot \frac{1}{3\cdot2 - (-5)\cdot(-1)}\begin{pmatrix}2 & 1\\ 5 & 3\end{pmatrix}$
$ A\ =\ \begin{pmatrix}1 & 0\\ 0 & 1\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}2 & 1\\ 5 & 3\end{pmatrix}$
$ A\ =\ \begin{pmatrix}2+0 & 1+0\\ 0+5 & 0+3\end{pmatrix}$
$ A\ =\ \begin{pmatrix}2 & 1\\ 5 & 3\end{pmatrix}$


Materi: Himpunan

11. Jika $Y$ yakni himpunan, $Y’$ menyatakan suplemen himpunan $Y$, $n(Y)$ banyaknya anggota $Y$, sedangkan $S$ himpunan semesta. $n(S)=26$, $n(P)=18$, $n(Q)=12$ dan $n(P' \cap Q')=3$.
maka $n(P \cap Q)=...$
Alternatif Pembahasan:

$n(S) = n(P) + n(Q) - n(P \cap Q) + n(P \cup Q)'$
ekuivalensi dalam himpunan yaitu $(P \cup Q)' \equiv (P' \cap Q')$, sehingga persamaan diatas sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
$n(S) = n(P) + n(Q) - n(P \cap Q) + n(P' \cap Q')$
$26 = 18 + 12 - n(P \cap Q) + 3$
$26 = 33 - n(P \cap Q)$
$n(P \cap Q) = 33 - 26$
$n(P \cap Q) = 7$


Materi: Himpunan

12. Jika $Y$ yakni himpunan, $Y’$ menyatakan suplemen himpunan $Y$, $n(Y)$ banyaknya anggota $Y$, sedangkan $S$ himpunan semesta. $n(S)=34$, $n(A)=17$, $n(B)=18$, $n(A' \cap B')=2$ maka $n(A \cap B)=...$
Alternatif Pembahasan:

$n(S) = n(A) + n(B) - n(A \cap B) + n(A \cup B)'$
ekuivalensi dalam himpunan yaitu $(A \cup B)' \equiv (A' \cap B')$, sehingga persamaan diatas sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
$n(S) = n(A) + n(B) - n(A \cap B) + n(A' \cap B')$
$34 = 17 + 18 - n(A \cap B) + 2$
$34 = 37 - n(A \cap B)$
$n(A \cap B) = 37 - 34$
$n(A \cap B) = 3$


Materi: Fungsi

13. Jika $ g(x)=(a-b)x+c$ maka $ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}=...$
Alternatif Pembahasan:

$ g(x)=(a-b)x+c$ maka $ g(a)=(a-b)a+c$ dan $ g(b)=(a-b)b+c$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{[(a-b)b+c]-[(a-b)a+c]}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{(a-b)b+c-(a-b)a-c}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{(a-b)b-(a-b)a}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{(a-b)(b-a)}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= (a-b)$


Materi: Vektor

14. Titik $A(2,5,4)$, $B(2,-1,-2)$, $C(p,q,1)$. Jika $A$, $B$ dan $C$ segaris maka nilai $p$ dan $q$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Titik A, B dan C segaris [kolinier] maka akan memenuhi persamaan berikut:
$ \overrightarrow{AB}=k \cdot \overrightarrow{BC}$ dan k yakni konstanta [bilangan real]

$ \begin{pmatrix}2-2\\ -1-5\\ -2-4\end{pmatrix}=k \cdot \begin{pmatrix}p-2\\ q+1\\ 1+2\end{pmatrix}$

$ \begin{pmatrix}0\\ -6\\ -6\end{pmatrix}=k \cdot \begin{pmatrix}p-2\\ q+1\\ 3\end{pmatrix}$
Dari persamaan diatas kita peroleh:
☛ $-6=3k$, nilai $ k = -\frac{1}{2}$
☛ $-6=k(q + 1)$, nilai $(q+1)=12$ maka $q = 11$

☛ $0=k(p-2)$, nilai $(p-2)=0$ maka $p = 2$


Materi: Peluang

15. Huruf A,B,C,D,E,F disusun acak. Peluang aksara A dan B berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua adalah...
Alternatif Pembahasan:

Banyak kemungkinan susunan aksara $ =6 \cdot 5 \cdot 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1\ = 720$
Banyak kemungkinan susunan aksara tetapi A dan B berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua $ =1 \cdot 1 \cdot 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1\ = 24$
Peluang aksara A dan B berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua $ \frac{24}{720}$


Materi: Geometri

16. Jumlah sudut dalam segi-40 adalah...
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung sudut dalam segi-n sanggup memakai persamaan suku ke-n pada barisan aritmatika, tetapi kini kita hitung dengan persamaan yang lebih sederhana.
Jumlah sudut dalam segi-n $ = (n-2) \cdot 180^0$

Jumlah sudut dalam segi-40 yakni $ = 38 \cdot 180^0\ =6840$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Soal diatas hanyalah sebagian dari soal yang diujikan, kalau Anda ikut UKG dan masih ingat soal yang lainnya mari kita saling membuatkan disini sebagai materi pembelajaran untuk sesama guru terkhusus soal kompetensi pedagogik😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Lihat video kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;
Soal dan Pembahasan Uji Kompetensi Guru  Soal dan Pembahasan Uji Kompetensi Guru (UKG)


Sumber http://www.defantri.com


EmoticonEmoticon