Minggu, 23 Desember 2018

Kalkulator Menghitung Titik Tengah Garis Pada Koordinat

Salah satu permasalahan pada geometri ialah mencari titik tengah suatu garis. Biasanya akan diberikan dua titik koordinat, berikutnya anda akan disuruh menghitung titik tengah bila ke-dua titik tersebut dihubungkan menjadi sebuah garis. Lalu bagaimana cara menghitung Titik tengah garis tersebut?

Pada dasarnya menghitung jarak antara dua titik pada sistem koordinat tidaklah susah. Misalkan diketahui titik A (x1,y1) dan titik B (x2, y2) anda dapat gunakan rumus mencari titik tengah sebagai berikut. (Asumsikan M ialah titik tengahnya, maka koordinat M...)

Contoh Soal mencari titik tengah suatu garis,
Diketahui titik A (6,7) dan titik B (9,5). Tentukan koordinat titik M dimana M ialah titik tengah AB.

Pembahasan:
Misalkan (x1,y1) (6,7 dan (x2,y2) (9,5). Berdasarkan rumus di atas kita dapat menghitung koordinat M
= ((x1 + x2)/2 , (y1 + y2)/2)
= ((6 + 9)/2 , (7 + 5)/2)
= (15/2, 12/2)
= (7.5, 6)


Untuk mempermudah perhitungan bila pada kasus ditemukan angka koordinat yang besar, dengan alasan menghemat waktu. Anda dapat gunakan kalkulator untuk menghitung titik tengah garus di bawah ini. Silahkan input koordinat dan tekan Hitung. Otomatis, hasil akan ditampilkan pada kolom hasil.

Kalkulator Menghitung Jarak Dua Titik



Hasilnya:

Salah satu permasalahan pada geometri ialah mencari titik tengah suatu garis Kalkulator Menghitung Titik Tengah Garis pada Koordinat
Untuk melaksanakan perhitungan ulang, cukup ganti angka yang dengan data yang baru. Selanjutnya tekan Hitung kembali. Semoga dapat membantu.
Sumber http://www.marthamatika.com/


EmoticonEmoticon

Ads 970x90