Senin, 24 Desember 2018

Realme Buds, Earphone Nge-Bass Harga Rp 80 Ribuan

Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINETFoto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Jakarta - Belum usang ini, Realme telah meluncurkan ponsel anyarnya berjulukan Realme U1. Berbarengan dengan kemunculan smartphone selfie tersebut di Indonesia, terselip satu embel-embel yang juga diperkenalkan.

Adalah earphone berjulukan Realme Buds yang dimaksud. Salah satu daya tarik utamanya adalah, harganya cuma Rp 89 ribu. Walau begitu, ternyata in-ear earphone ini tak cuma bermodal harga murah.


detikINET berkesempatan untuk menjajalnya selama sepekan. Suara yang dihasilkannya sanggup dibilang istimewa untuk banderol di bawah Rp 100 ribu.

Saat diluncurkan, Realme Buds diklaim mempunyai bunyi bass yang lebih kencang hingga 160%. Untuk itu, lagu-lagu genre hip-hop harus coba didengarkan memakai earphone ini.

Benar saja, Humble milik Kendrick Lamar hingga Glow Like Dat yang dibawakan Rich Brian terasa 'nendang' di kuping. Bass yang dihasilkannya juga jernih dikala lagu electronic dance music (EDM) dimainkan, ibarat Alone dari Marshmello hingga Cuba punya Calvin Harris.

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 RibuanTerdapat magnet yang menciptakan bodi earphone ini sanggup saling menempel. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


Beberapa judul lain yang menonjolkan bass dari Realme Buds yakni Another One Bites the Dust (Queen), Mardy Bum (Arctic Monkeys), dan The Less I Know the Better (Tame Impala).

Satu lagi nilai plus dari earphone ini yakni adanya magnet yang ditanam di dalamnya. Hal ini membuatnya tidak terlalu merepotkan untuk dibereskan ketika dikeluarkan dari saku atau kantung tas.

Untuk materialnya, ada dua jenis materi yang dipakai oleh Realme Buds. Pertama tentunya karet yang dipakai pada dua kabel penghubung buds dari perangkat ini.

Sedangkan satunya lagi yakni kevlar yang melapisi dari belakang jack audio hingga kabel earphone ini terbagi dua. Material kevlar yang dipakai pun cukup berpengaruh sehingga sanggup memperpanjang umur earphone.

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 RibuanCukup nyaman dikala dipasang di telinga. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Jika bicara buds-nya, karet yang digunakannya cukup nyaman di telinga. Jika ukurannya terasa kurang pas, ada dua pasang alternative dengan ukuran berbeda di dalam paket Realme Buds ini.

Selain itu, bentuknya juga tidak lurus saja, tapi sedikit miring sehingga lebih sesuai dengan lubang telinga. Hal ini penting alasannya yakni jikalau Realme Buds tidak terpasang dengan benar, suaranya akan sangat terasa bedanya.

Satu nilai minus dari earphone ini tiba dari tombol remote. Hal ini alasannya yakni tombol volume dengan tombol fungsi yang berada di tengah keduanya terasa berbeda ketika ditekan.

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 RibuanRealme Buds dijual hanya Rp 89 ribu. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


Tombol volume ibarat 'mendem' ketika ditekan, sedangkan tombol fungsi untuk mengangkat atau mematikan telepon lebih terasa dikala dipencet.

Mungkin fungsinya yakni untuk membedakan mana tombol fungsi dengan tombol volume, namun perbedaan ini sedikit membingungkan ketika di awal penggunaan.



Secara keseluruhan, kualitas bunyi yang dihasilkan Realme Buds memang bukan yang terbaik, ditambah tidak terasa mempunyai resolusi tinggi. Walau begitu, bass yang dihasilkan patut dipuji untuk sebuah earphone seharga Rp 89 ribu.

Hal ini alasannya yakni bass-nya tidak amat lebih banyak didominasi sehingga bunyi yang dihasilkan tetap seimbang. Lebih lanjut, suaranya juga sama sekali tidak 'sember' ibarat kebanyakan earphone yang harganya berada di kisaran angka tersebut.

Sumber detik.com


EmoticonEmoticon