Selasa, 18 Desember 2018

Tik Tok Rilis Sentra Keamanan, Buat Apa?

Suasana acara. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinetSuasana acara. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Jakarta - Tik Tok berkomitmen untuk meningkatkan keamanan penggunanya. Sadar bahwa lebih banyak didominasi user ialah bawah umur dan remaja, Tik Tok pun meluncurkan Pusat Keamanan yang dapat menjadi pola bagi pengguna dan orang tua.

"Kita mempunyai satu misi, untuk membuat lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi para pengguna internet terutama di Tik Tok," ujar Kepala Kebijakan Publik TikTok untuk Indonesia, Malaysia dan Filipina, Donny Eryastha, ketika program peluncuran Pusat Keamanan Tik Tok di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Pusat Keamanan ini merupakan hasil kerjasama Tik Tok dengan beberapa lembaga, menyerupai ECPAT Indonesia dan SiBerkreasi. Situs Pusat Keamanan ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Kebijakan, Pengaturan, dan Pusat Informasi.




Bagian Kebijakan berisi panduan komunitas ihwal konten apa yang boleh dan dilarang untuk diposting pengguna di Tik Tok. Mulai dari konten berbahaya, ujaran kebencian, sampai konten yang melanggar hak cipta intelektual.

"Ini ialah panduan bagi pengguna dan juga dasar bagi tim moderasi kami yang berbasis di Indonesia yang melaksanakan review terhadap konten yang dipost di Tik Tok beserta dengan teknologi artificial intelligence dan machine learning," terang Donny.

Kemudian bab Pengaturan merupakan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan pengguna untuk mengamankan akun dan konten pengguna, contohnya dengan membuat profil menjadi privat. Selain itu di pengaturan ini pengguna dapat mengatur bagaimana mereka berinteraksi dengan pengguna lain.




Bagian Pusat Informasi sendiri berisi informasi perhiasan untuk orang tua. Selain itu, ada juga informasi perhiasan ihwal pihak dan kawan Tik Tok yang dapat dihubungi kalau ada pengguna yang menemukan konten berbahaya.

Tik Tok sendiri telah menyesuaikan Pusat Keamanan ini dengan konteks dan norma di Indonesia. Untuk lebih gampang dipahami, Pusat Keamanan ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Bagi pengguna dan orang renta yang ingin tahu lebih banyak, dapat mengakses situs Pusat Keamanan TikTok di www.tiktok.com/id/safety.





Sumber detik.com


EmoticonEmoticon