Kamis, 26 Januari 2017

✔ Soal Otomotif Paket F



SOAL OTOMOTIF : PAKET F
1.



Gambar diatas yakni gambar hasil pengukuran dengan jangka sorong.Garis yang lurus antara skala utama dan skala nonius ditunjukkan oleh anak panah. Kesimpulan hasil pengukuran diatas adalah....
A.
70,58 mm
B.
70,05 mm
C.
70,55 mm
D.
75,50 mm
E.
75,55 mm


2.
Nilai komponen tahanan yang akan diperiksa berkisar 15000 ohm.Alat yang akan dipakai untuk mengukur yakni Multi Tester.Langkah yang paing tepat untuk mengukur nilai tahanan tersebut adalah
A.
Menempatkan  selector multi tester pada tempat (range) ohm meter dengan Batas ukur x 1 Ω (ohm)
B.
Menempatkan  selector multi tester pada tempat (range) ohm meter dengan Batas ukur x 10 Ω (ohm)
C.
Menempatkan  selector multi tester pada tempat (range) ohm meter dengan Batas ukur x 100 Ω (ohm)
D.
Menempatkan  selector multi tester pada tempat (range) ohm meter dengan Batas ukur x 1 K Ω (ohm)
E.
Menempatkan  selector multi tester pada tempat (range) ohm meter dengan Batas ukur x 1 M Ω (ohm)


3.
Ada berapa fungsi jangka sorong jikalau kita hendak melaksanakan pengukuran?
A.
2
B.
3
C.
4
D.
5
E.
6


4.
Salah satu langkah  yang harus diperhatikan pada ketika menilik kebocoran sistem pendingin dengan memakai radiator cap tester adalah
A.
Suhu mesin harus dipanaskan dulu hingga mencapai suhu kerjanya
B.
Memompa radiator cap tester hingga tekanannya 0,2 Kg/cm2
C.
Memompa radiator cap tester hingga tekanannya 1,2 Kg/cm2
D.
Memompa radiator cap tester hingga tekanannya 12 Kg/cm2
E.
Suhu mesin dibiarkan dulu hingga mencapai suhu ruang


5.
Manakah pernyataan berikut ini yang paling tepat pada ketika melaksanakan cara investigasi sistem pendinginan
A.
Katup tekan tutup radiator diperiksa dengan memakai radiator cap tester
B.
Katup vakum tutup radiator diperiksa dengan memakai radiator cap tester
C.
Pembukaan katup thermostat diperiksa dengan memakai radiator cap tester
D.
Pembukaan Katup thermostat diperiksa dengan mencelupkian pada air yang suhunya 50o  C
E.
Pembukaan Katup thermostat diperiksa dengan mencelupkian pada air yang suhunya 50o F


6.
Salah satu langkah pada ketika menyetel tali kipas pendingin adalah
A.
Mengendorkan baud dudukan alternator
B.
Menggunakan sping scale untuk mengukur berat tali kipas
C.
Menggunakan mistar baja untuk mengukur diameter tali kipas
D.
Mengolesi tali kipas dengan pelumas SAE 10
E.
Mengendorkan baud pengikat puli poros engkol


7.
Cara kerja sistem percepatan (accelaration system ) pada motor bensin yang memakai karburator dua barrel adalah
A.
Bahan bakar ditambah melalui power valve dan keluar melalui primary main nozzle
B.
Bahan bakar ditambah melalui power valve dan keluar melalui secondary main nozzle
C.
Bahan bakar ditambah melalui pompa percepatan hanya ketika pedal gas ditekan lebih dalam
D.
Bahan bakar ditambah melalui power valve dan keluar melalui slow port
E.
Bahan bakar ditambah melalui power valve dan keluar melalui slow port dan primary main nozzle


8.
Bila motor bensin tidak sanggup berputar stasioner, tetapi sanggup berjalan baik pada putaran tinggi, maka belahan yang perlu diperiksa adalah
A.
Primary Main jet
B.
Secondary main jet
C.
Primary main nozzle
D.
Secondary main nozzle
E.
Solenoid


9.
Untuk mengurangi kadar CO pada gas buang sanggup dilakukan dengan menyetel karburator. Caranya adalah
A.
Memutar sekrup penyetel gas ke arah dalam (mengencangkan Memutar sekrup penyetel gas ke arah dalam (mengencangkan)
B.
Memutar sekrup penyetel gas ke arah luar (mengendorkan)
C.
Memutar sekrup adonan idle  ke arah luar (mengendorkan)
D.
Menaikkan tinggi permukaan materi bakar pada ruang pelampung
E.
Memutar sekrup adonan idle  ke arah dalam (mengencangkan)


10.
Bila kendaraan motor bensin dengan karburator terjadi tanda-tanda gangguan, mesin berjalan tesendat-sendat pada putaran tinggi dan bila  gas tidak diturunkan mesin sanggup mati, maka kemungkinan kerusakan yang terjadi pada sistem materi bakarnya adalah
A.
Permukaan bensin di ruang pelampung terlalu tinggi
B.
Saringan materi bakar kotor
C.
Sekrup penyetel adonan idle terlalu ke dalam (kencang)
D.
Pompa percepatan tidak berfungsi
E.
Power valve macet


11.
Katup delivery pada pompa injeksi motor disel ketika bergerak turun kembali menuju dudukannya bekerja ……
A.
melakukan langkah penitikberatan materi bakar ke nozzle
B.
melakukan langkah penghematan materi bakar
C.
mencegahan tetesan materi bakar pada nozzle
D.
meratakan tekanan
E.
mengegah materi bakar kembali ke tangki materi bakar


12.
Salah satu langkah menilik ketika injeksi materi bakar pada motor disel.tipe inline sanggup dilakukan dengan cara
A.
melepas katup delivery beserta pegasnya, pasang kembali katup delivery holder kemudian memutar poros engkol hingga materi bakar keluar dari pompa injeksi no. 1
B.
melepas katup delivery beserta pegasnya, pasang kembali katup delivery holder kemudian memutar poros engkol hingga materi bakar keluar dari pompa injeksi no. 2
C.
melepas katup delivery beserta pegasnya, pasang kembali katup delivery holder kemudian memutar poros engkol hingga materi bakar berhenti keluar dari pompa injeksi no. 1
D.
melepas katup delivery beserta pegasnya, pasang kembali katup delivery holder kemudian memutar poros engkol hingga materi bakar keluar dari pompa injeksi no. 3
E.
melepas katup delivery beserta pegasnya, pasang kembali katup delivery holder kemudian memutar poros engkol hingga materi bakar keluar dari pompa injeksi no. 4


13.
Pada motor diesel yang memakai sistem ruang bakar injeksi eksklusif (direct injection) terjadi gangguan motor berjalan pincang sanggup didiagnosa kemungkinan penyebabnya adalah
A.
Salah satu  nozzle tersumbat
B.
Di dalam Pompa injeksi terdapat udara
C.
Sedimenter sudah terlalu banyak mengandung air
D.
Saat injeksi materi bakar tidak tepat
E.
Sudut phasing pompa injeksi tidak tepat


14.
Elekrolit batere asam sulfat dengan berat jenis terukur  1,22 pada suhu 200 C  menandakan batere tersebut
A.
Kondisi Elekrolit batere asam sulfat dengan berat jenis terukur  1,22 pada suhu 200 C  menandakan batere tersebut batere batere dan terisi penuh
B.
Kondisi batere rusak dan tidak sanggup diisi (charge)
C.
Kapasitas batere sudah berkurang dan perlu diisi (charge)
D.
Elektrolit perlu ditambah air accu (H20)
E.
Elektrolit perlu ditambah accu zuur (H2SO4)



15.
Hasil pengukuran sistem pengapian Motor bensin 4 langkah 4 silinder motor bensin 4 langkah 4 silinder dengan memakai dwell tester mengatakan 42 0 . Cara perbaikannya adalah
A.
Memutar rumah agen searah putaran rotor
B.
Memutar rumah agen berlawanan arah putaran rotor
C.
Menyetel celah kontak platina lebih lebar
D.
Menyetel celah kontak platina lebih sempit
E.
Mengampelas titik kontak platina hingga rata


16.
Motor bensin 4 langkah 4 silinder FO 1342 diposisikan Top 3 ( posisi torak silinder no. 3  berada pada TMA langkah kompresi ), maka katup-katup yang sanggup distel adalah….
A.
Katup isap silinder no. 2
B.
Katup buang silinder no. 2
C.
Katup isap silinder no. 4
D.
Katup isap silinder no. 1
E.
Katup buang silinder no.1


17.
Salah satu syarat untuk menilik tekanan kompresi motor bensin adalah…
A.
Putaran motor minimal 100 rpm
B.
Suhu air pendingin mesin 200 C
C.
Katup gas harus dibuka penuh
D.
Pastikan saklar AC kendaraan beroda empat off
E.
Pastikan semua saklar lampu off


18.
Berikut ini yakni pernyataan-pernyataan yang bekerjasama dengan cara kerja kopling gesek jenis diafragma. Pilihlah pernyataan yang paling tepat
A.
Pada ketika pedal kopling ditekan maka jarak antara (gap) plat kopling dan plate penekan (pressure Plate) ± 0,1 mm
B.
Pada ketika pedal kopling ditekan maka garfu pembebas (release fork) eksklusif menekan plate penekan (pressure Plate)
C.
Pada ketika pedal kopling ditekan maka garfu pembebas (release fork) eksklusif membebaskan plat kopling
D.
Pada ketika pedal kopling dilepas maka plat kopling juga terlepas dari plat penekan
E.
Pada ketika pedal kopling setengah tertekan (tidak ditekan penuh) maka putaran input shaft transmisi lebih rendah daripada putaran flywheel


19.
Berikut ini yakni pernyataan-pernyataan yang bekerjasama dengan cara investigasi komponen-komponen jenis kopling gesek untuk kendaraan ringan. Pilihlah pernyataan yang paling tepat
A.
Hasil pengkuran kedalaman paku keling plat kopling 0,2 mm, maka plat kopling harus diganti
B.
Hasil pengkuran run out (kerataan permukaan putar) flywheel dengan memakai dial gauge 0,02 mm, maka flywheel harus diganti
C.
Hasil pengkuran run out (kerataan permukaan putar) plat kopling dengan memakai dial gauge 0,2 mm, maka plat kopling harus diganti
D.
Hasil pengkuran lebar (width) keausan pegas penekan diagfragma 3 mm, maka clutch cover assy harus diganti
E.
Hasil pengkuran kedalaman (depth) keausan pegas penekan diagfragma 0,2 mm, maka clutch cover assy harus diganti


20.
Gambar di bawah ini yang mengatakan cara penyetelan jarak bebas (free play) kopling yakni …



A.
Gambar 1
B.
Gambar 2
C.
Gambar 3
D.
Gambar 2 dan gambar 3
E.
Gambar 1 dan gambar 2


21.
Gambar di bawah ini  menunjukkan cara kerja kerja transmisi manual tipe synchromesh.


Urutan cara kerja yang benar berdasarkan gambar diatas adalah
A.
Dari gambar 2 ke gambar 1 ke gambar 3
B.
Dari gambar 1 ke gambar 2 ke gambar 3
C.
Dari gambar 3 ke gambar 1 ke gambar 2
D.
Dari gambar 3 ke gambar 2 ke gambar 1
E.
Dari gambar 2 ke gambar 3 ke gambar 1


22.
Gambar di bawah ini mengatakan investigasi komponen transmisi tipe synchromesh. Bagian yang diperiksa adalah


A.
Keausan gigi kecepatan
B.
Keusan gigi synchronizer ring
C.
Ketebalan gigi synchronizer ring
D.
Celah (clearance) synchronizer ring
E.
Tinggi gigi synchronizer ring


23.
Gambar di bawah ini mengatakan investigasi garden (diffrerential.. Bagian yang diperiksa adalah


A.
Keausan ring gear
B.
Run out (keausaan kerataan putar ring gear)
C.
Backlash ring gear
D.
Backlash ring gear
E.
Jarak antar ring gear


24.
Gambar di bawah ini mengatakan penyetelan garden (diffrerential).

A.
Gambar 1 penyetelan preload drive pinion, gambar 2 penyetelan backlash ring gear
B.
Gambar 1 penyetelan backlash ring gear, gambar 2 penyetelan lanjutan backlash
C.
Gambar 1 penyetelan backlash ring gear, gambar 2 penyetelan preload drive pinion
D.
Gambar 1 penyetelan celah (clearance) ring gear, gambar 2 penyetelan preload drive pinion
E.
Gambar 1 penyetelan celah (clearance) ring gear, gambar 2 penyetelan lanjutan celah (clearance) ring gear


25.
Perhatikan di bawah ini :pemeriksaan ini harus dilakukan sebelum/setelah mengeluarkan poros roda.Tujuannya yakni untuk mengetahui:

A.
Gerak bebas radial poros
B.
gerak bebas aksial poros
C.
kebengkokan poros
D.
Kebalinagan poros
E.
Keausan kanvas rem


26.
Kode spesifikasi ban  Ban radial ultra flat :
225  /  70 – R – 22.5 – 140 – 137 – J
Kode tersebut berarti :
A.
70  berarti lebar ban (cm)
B.
R berarti jenis  ban radial
C.
22.5 berarti tinggi ban (cm)
D.
140 berarti felek  (inchi)
E.
137 berarti kecepatan maksimum yang diizinkan


27.
Perhatikan gambar di bawah ini dengan teliti


A.
Bila tromol rem berputar sesuai dengan arah panah maka sepatu rem kiri akan memiliki tekanan pengereman yang lemah (trailing) dan sepatu rem kanan memiliki tekanan pengereman yang tinggi (leading)
B.
Bila tromol rem berputar sesuai dengan arah panah maka sepatu rem kiri akan memiliki tekanan pengereman yang tinggi (leading) dan sepatu rem kanan memiliki tekanan pengereman yang lemah(trailing)
C.
Bila tromol rem berputar sesuai dengan arah panah maka sepatu rem kiri akan memiliki tekanan pengereman yang tinggi (leading) dan sepatu rem kanan memiliki tekanan pengereman yang tinggi (leading)
D.
Bila tromol rem berputar berlawanan dengan arah panah maka sepatu rem kiri akan memiliki tekanan pengereman yang lemah (trailing) dan sepatu rem kanan memiliki tekanan pengereman yang tinggi (leading)
E.
Bila tromol rem berputar berlawanan dengan arah panah maka sepatu rem kiri akan memiliki tekanan pengereman yang tinggi (leading) dan sepatu rem kanan memiliki tekanan pengereman yang lemah


28.
Gambar di bawah mengatakan cara kerja rem cakram tipe

A.
Double fixed Caliper
B.
Fixed Floating Caliper
C.
Fixed Caliper
D.
Semi fixed Caliper
E.
Floating Caliper


29.
Gambar di bawah yakni komponen-komponen rem tromol.Komponen yang diperiksa ketebalannya adalah….


A.
Komponen no 1
B.
Komponen no 2
C.
Komponen no 3
D.
Komponen no 4
E.
Komponen no 5


30.
Gambar di bawah yakni komponen-komponen rem cakram.Komponen yang mutlak memerlukan udara bertekanan (kompresor) untuk menilik dan membersihkan kotoran yang sanggup mengakibatkan tersumbatnya kanal adalah….


A.
Komponen no 5
B.
Komponen no 2
C.
Komponen no 3
D.
Komponen no 4
E.
Komponen no 1


31.
Gambar di bawah yakni komponen-komponen rem tromol. Komponen yang dipakai untuk menyetel celah (kerenggangan) sepatu rem adalah….


A.
Komponen no 1
B.
Komponen no 2
C.
Komponen no 3
D.
Komponen no 4
E.
Komponen no 5


32.
Jika free play (gerak bebas) kemudi berlebihan tetapi kondisi streeing gear box assy baik maka yang perlu diperiksa adalah
A.
Kelurusan Steering columb
B.
Keausan Ball joint tie rod
C.
Kebengkokan poros kemudi (steering Shaft)
D.
Keovalan Steering wheel
E.
Keausan ban


33.
Untuk menyetel gerak bebas kemudi komponen yang sanggup distel adalah….
A.
Steering gear box
B.
Keausan Ball joint tie rod
C.
Kebengkokan poros kemudi (steering Shaft)
D.
Keovalan Steering wheel
E.
Keausan ban


34.
Gambar di bawah ini yang mengatakan cara kerja shock absorber kerja tunggal pada ketika tertekan ke bawah yakni ….


A.
Gambar 1 saja
B.
Gambar 2 saja
C.
Gambar3 saja
D.
Gambar 4 saja
E.
Gambar 1 dan 2


35.
Gambar di bawah ini yang mengatakan cara kerja shock absorber kerja tunggal pada ketika tertekan ke bawah yakni ….


A.
Gambar 1 saja
B.
Gambar 2 saja
C.
Gambar3 saja
D.
Gambar 4 saja
E.
Gambar 1 dan 2


36.
Sistem lampu kepala bersahabat kadang kala mati   pada ketika sakelar lampu kepala bersahabat dihidupkan, sedangkan lampu kepala jauh menyala terperinci sempurna. Gangguan ini sanggup disebabkan oleh kerusakan pada
A.
Relay lampu kepala ada yang mati
B.
Terminal saklar lampu kepala bersahabat sudah aus
C.
Tegangan pengisian hanya 12 volt
D.
Kabel positif Lampu kepala bersahabat diameternya lebih besar daripada yang jauh
E.
Lampu kepala  dekat filamennya putus


37.
Pada bola lampu kepala tertera 55/60 watt 12 volt. Lampu tersebut dirangkai untuk system lampu kepala dengan memakai dua relay untuk lampu jauh dan lampu dekat. Pada rangkaian tersebut sebaiknya dipasang pengaman (sekering) sebesar
A.
15 A
B.
20 A
C.
10 A
D.
25 A
E.
30 A


38.
Pernyataan-pernyataan berikut ini bekerjasama dengan cara kerja sistem motor starter. Tentukan pernyataan yang paling tepat
A.
Pada ketika kunci kontak terminal ST (50) on dan terminal B (30) pada solenoid sudah terhubung dengan terminal C/F (Field Coil) maka arus dari terminal 50  mengalir ke Pull in Coil dan ke Hold in Coil
B.
Pada ketika kunci kontak terminal ST (50) on dan terminal B (30) pada solenoid sudah terhubung dengan terminal C/F (Field Coil) maka motor starter mulai berputar lambat
C.
Pada ketika kunci kontak terminal ST (50) on dan terminal B (30) pada solenoid belum terhubung dengan terminal C/F (Field Coil) maka arus dari terminal 50 hanya mengalir ke Hold in Coil
D.
Pada ketika kunci kontak terminal ST (50) on dan terminal B (30) pada solenoid belum terhubung dengan terminal C/F (Field Coil) maka motor stater eksklusif berputar cepat
E.
Pada ketika kunci kontak terminal ST (50) on, maka arus dari terminal ST(50) mengalir sebagian ke Pull in Coil dan sebagian ke Hold in Coil


39.
Gambar di bawah bekerjasama dengan cara kerja sistem pengisian dengan memakai alternator dan regulator mekanik 6 terminal.


A.
Mesin hidup ketika kecepatan stasioner
B.
Kunci Kontak On, mesin masih mati
C.
Mesin hidup ketika kecepatan sedang
D.
Mesin hidup ketika kecepatan tinggi
E.
Mesin hidup ketika kecepatan rendah


40.
Gambar di bawah bekerjasama dengan investigasi komponen sistem starter. Antara kutub positif  batere dan terminal B (30) solenoid dipasang Amper meter
Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa


A.
Hold in Coil
B.
Pull in Coil
C.
Kinerja motor tanpa beban
D.
Kinerja motor dengan beban ringan
E.
Kinerja motor dengan beban penuh


41.
Gambar di bawah bekerjasama dengan investigasi komponen sistem pengisian.
Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa


A.
Tahanan Rotor Coil
B.
Tahanan Stator Coil
C.
Rectifier Holder (diode) positif
D.
Rectifier Holder (diode) Negatif
E.
Tahanan sikat (brush)


42.
Pernyataan berikut bekerjasama dengan cara mendiagnosa kerusakan pada sistem starter . Tentukan pernyataan yang paling tepat
A.
Panjang sikat (brush) yang sudah kurang dari standar batas limit sanggup mengakibatkan motor stater cepat panas
B.
Bushing (bos) poros motor yang aus sanggup mengakibatkan arus yang mengalir ke motor starter menjadi kecil, sehingga motor berputar lambat
C.
Poros motor starter yang bengkok sanggup bergesekkan dengan sepatu kutub magnet sehingga motor stater berputar lambat
D.
Hold in Coil yang rusak sanggup mengakibatkan motor starter berputar lambat
E.
Pull in Coil yang rusak sanggup mengakibatkan motor starter berputar lambat


43.
Pernyataan-pernytaan di bawah ini bekerjasama dengan cara kerja AC mobil. Pilihlah pernyataan yang paling tepat
A.
Gas Refrigran dari evaporator dengan suhu dan tekanan rendah mengalir ke kompresor
B.
Gas Refrigran dari evaporator dengan suhu dan tekanan tinggi  mengalir ke kompresor
C.
Cairan Refrigran dari evaporator dengan suhu dan tekanan rendah mengalir ke kompresor
D.
Cairan Refrigran dari evaporator dengan suhu dan tekanan tinggi mengalir ke kompresor
E.
Gas Refrigran dari kompresor dengan suhu dan tekanan rendah mengalir ke kondensor


44.
Untuk mengisi refrigran (Freon) melalului kanal tekanan tinggi dengan memakai manometer, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah
A.
Kran tekanan rendah manometer dibuka sedikit biar refrigran yang mengalir ke kompresor berwujud gas
B.
Menutup kran tekanan tinggi jikalau tekanan pada kanal tinggi telah mencapai 25 Kg/cm2  pada putaran 2000 rpm
C.
Menutup kran tekanan rendah jikalau tekanan pada kanal rendah telah mencapai 15 Kg/cm2  pada putaran 2000 rpm
D.
Menutup kran tekanan rendah jikalau tekanan pada kanal rendah telah mencapai 12 Kg/cm2  pada putaran 2000 rpm
E.
Menaikkan tekanan  Freon  dalam tabung dengan cara memanaskan freon dengan alat pengisian khusus (charging station)


45.
Pernyataan-pernyataan berikut bekerjasama dengan cara mendiagnosa gangguan pada system AC mobil
Pilihlah pernyataan-pernyatan berikut yang paling tepat
A.
Tekanan pada kanal tekanan rendah 1,5 kg/cm2 s/d 2,5 kg/cm2 pada putaran 1500 rpm sanggup mengakibatkan AC kurang dingin
B.
Tekanan pada kanal tekanan tinggi 15 kg/cm2 pada putaran 1500 rpm sanggup mengakibatkan AC kurang dingin
C.
Tekanan pada kanal tekanan tinggi 25 kg/cm2 pada putaran 1500 rpm sanggup mengakibatkan AC terlalu dingin
D.
Tekanan pada kanal tekanan rendah 1,5 kg/cm2 s/d 2,5 kg/cm2 pada putaran 1500 rpm mengatakan katup perluasan rusak
E.
Tekanan pada kanal tekanan tinggi 25 kg/cm2 pada putaran 1500 rpm sanggup mengatakan refrigran dalam system terlalu banyak





Sumber http://viarohidinthea.blogspot.com


EmoticonEmoticon