Jumat, 21 April 2017

✔ 6 Langkah Pendekatan Pembelajaran Saintifik K13

Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses ibarat mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Dalam melakukan proses-proses tersebut, diharapkan sumbangan guru.  Pendekatan saintifik dalam pembelajaran disajikan sebagai berikut: 

Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses ibarat m ✔ 6 Langkah Pendekatan Pembelajaran Saintifik K13
Alur pembelajaran saintifik

1. Mengamati
Mengamati (observasi) Langkah mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Adapun kompetensi yang diharapkan ialah melatih kesungguhan, ketelitian, dan mencari informasi.  

2. Menanya
Dalam aktivitas mengamati, guru membuka kesempatan secara luas kepada akseptor didik untuk mengajukan pertanyaan saintifik (cirinya : jawabannya membutuhkan warta lebih lanjut, perhitungan, dan pengukuran) bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat

3. Mengumpulkan Informasi
Kegiatan “mengumpulkan informasi” merupakan tindak lanjut dari bertanya. Kegiatan ini dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber melalui banyak sekali cara. 

4. Mengasosiasi
Kegiatan ini dalam aktivitas pembelajaran ialah memproses warta yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil aktivitas mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi.

5. Menarik Kesimpulan
Kegiatan menyimpulkan dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan kelanjutan dari aktivitas mengolah data atau warta berupa temuan saintifik

6. Mengomunikasikan
Pada pendekatan scientific guru diharapkan memberi kesempatan kepada akseptor didik untuk mengkomunikasikan apa yang telah mereka pelajari. Kegiatan ini sanggup dilakukan melalui menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam aktivitas mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola.

Penerapan pendekatan saintifik dilakukan sehabis dirancang dalam aktivitas pembelajaran yang mencakup tiga aktivitas pokok, yaitu aktivitas pendahuluan, aktivitas inti, dan aktivitas penutup.  Dalam pendekatan saintifik tujuan utama aktivitas pendahuluan ialah memantapkan pemahaman akseptor didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan bahan pelajaran gres yang akan dipelajari oleh akseptor didik.  

Kegiatan inti merupakan aktivitas utama dalam proses pembelajaran atau dalam proses penguasaan pengalaman mencar ilmu (learning experience) akseptor didik. Kegiatan epilog ditujukan untuk dua hal pokok. Pertama, validasi terhadap konsep, aturan atau prinsip yang telah dikonstruk oleh akseptor didik. Kedua, pengayaan bahan pelajaran yang dikuasai akseptor didik. 

Gambar: disini
Sumber http://geograph88.blogspot.com


EmoticonEmoticon