Oli mesin berkurang - mungkin banyak pengguna sepeda motor yang jarang atau bahkan tidak pernah mengecek level ketinggian oli mesin yang ada pada sepeda motornya, padahal hal ini sangat penting alasannya dengan rutin mengecek ketinggian level oli mesin juga termasuk perawatan terpola yang termasuk kedalam tindakan pencegahan.
Oli mesin yang level ketinggiannya selalu berkurang biasanya terdapat kebocoran entah itu pada baut oil drain, kebocoran di pecahan kolam mesin, ring seher / seal klep yang aus sehingga oli akan masuk kedalam ruang bakar dan terbakar.
Mesin motor yang sering mengalami kekurangan oli bila tidak segera ditangani dengan baik, tentu akan beresiko merusak komponen yang ada didalam mesin, mulai dari timbul bunyi berisik di area mesin hingga mesin motor mengalami overheat dan piston pun akan terkancing alias macet. Adapun klarifikasi lebih perihal bahaya bila oli mesin selalu berkurang dan hingga kehabisan.
1. Komponen mesin cepat aus
Salah satu fungsi dari oli pelumas ialah melumasi seluruh komponen bergerak yang ada didalam mesin, oli mesin akan melapisi seluruh permukaan komponen bergerak didalam mesin yang saling bergesekan sehingga dengan berkurangnya volume oli, akan menciptakan beberapa pecahan ini luput dari pelumasan yang karenanya gampang aus.Baca juga : Berbagai penyebab stang motor goyang tak stabil
2. Timbul bunyi bunyian mesin
Nah lantaran ada beberapa komponen yang tidak terlumasi dengan baik sehingga terjadi keausan, nah komponen komponen yang aus ini tentunya akan longgar dan menyebabkan munculnya bunyi berisik di area mesin.3. Mesin mengalami overheat
Selain sebagai pelumasan, fungsi lain dari oli ialah sebagai pendingin komponen mesin yang saling bergesekan. Jika volume oli berkurang secara otomatis oli pun tidak sanggup membantu mendinginkan mesin sepeda motor anda, hasilnya mesin motor pun sanggup mengalami overheat.4. Piston macet / terkunci
Oli mesin yang berkurang bahkan hingga habis akan menyebabkan kerusakan serius, yakni poros engkol dari piston akan macet atau terkancing. Hal ini lantaran poros engkol tidak mendapat pelumasan dengan baik sehingga mengalami pemuaian berlebih. Beberapa perkara menyebabkan blog mesin motor jadi jebol lantaran baut poros engkol terbakar sehingga poros engkol tadi terlepas dan menyodok pecahan sisi dalam blog mesin.Wah ternyata efeknya sanggup berantai hanya gara gara oli mesin selalu kurang namun tidak diperhatikn oleh si pemiliknya ya ? Maka dari itu sebaiknya sempatkan diri untuk mengecek level ketinggian mesin motor baik itu sebelum motor dipakai maupun sesudahnya. Jika terjadi kebocoran dan oli mesin selalu kurang, sebaiknya segera lakukan perbaikan untuk mencegah hal hal diatas tidak menimpa motor kesayangan anda.
Baca juga : Lakukan hal ini bila sepeda motor anda terendam banjir
Sumber http://automotivexist.blogspot.com
EmoticonEmoticon