Jumat, 29 September 2017

Bentuk-Bentuk Energi


Energi berasal dari bahasa Yunani "energia" yang berarti kegiatan atau aktivitas. Kata itu terdiri atas en (dalam) dan ergon (kerja). Jadi, energi ialah kemampuan untuk melaksanakan perjuangan atau kerja. Energi mempunyai banyak sekali bentuk yang berbeda-beda. Berikut ini ialah klarifikasi mengenai bentuk-bentuk energi.

Bentuk-Bentuk Energi

A.Energi Kimia
Energi kimia ialah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia. Beberapa pola sumber energi kimia antara lain ialah makanan, materi bakar minyak, kayu bakar, dan aki. Energi kimia dalam masakan akan dipakai untuk menghasilkan energi otot yang mempunyai kegunaan untuk kita kerja. Sedangkan energi kimia dari materi bakar sanggup dipakai untuk memasak ataupun menggerakan kendaraan bermesin.

B.Energi Kinetik
Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Contohnya ialah kendaraan beroda empat yang bergerak, angin yang berhembus, dan baling kipas angin yang bergerak.

C.Energi Potensial
Energi potensial ialah energi yang dimiliki benda alasannya kedudukannya. Semua benda yang berada di atas bumi mempunyai energi potensila alasannya adanya gravitasi bumi. Contohnya ialah air terjun, buah yang jatuh dari pohonnya.

D.Energi Listrik
Listrik merupakan energi yang paling banyak dipakai ketika ini. Energi ini berasal dari perpindahan muatan-muatan listrik. Contoh pemanfaatannya ialah listrik untuk menyalakan lampu, kulkas, tv, dan lain sebagainya.

E.Energi Kalor
Energi kalor merupakan energi yang sanggup memengaruhi suhu, volume, atau wujud benda. Salah satu perubahan energi yang sering dijumpai ialah dari energi listrik menjadi kalor contohnya pada kompor listrik, setrika listrik, dan lainnya.

F.Energi Cahaya


Cahaya Matahari
Energi cahaya sangat penting bagi kehidupan, alasannya energi ini sangat diharapkan oleh flora untuk melaksanakan fotosintesis, selain itu tanpa adanya cahaya keadaan bumi kita akan gelap gulita. Sumber utama energi cahaya yang ada di bumi ialah matahari.

G.Energi Bunyi
Energi ini dihasilkan dari adanya getaran benda yang menciptakan partikel udara bergetar dan hingga ke indera pendengaran kita. Contohnya ialah bunyi dari alat-alat musik, bunyi kita sendiri, dan masih banyak lagi.

H.Energi Nuklir


Reaktor Nuklir
Energi nuklir terjadi alasannya adanya reaksi fisi atau reaksi fusi dalam atom dari unsur radioaktif, contohnya uranium. Energi ini sanggup dimanfaatkan untuk sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

I.Energi Otot


Otot Manusia
Energi otot ialah energi yang dihasilkan oleh otot tubuh. Manusia dan binatang sanggup menggerakan organ tubuhnya alasannya adanya energi dari otot ini. Misalnya insan sanggup mengangkat banyak sekali macam benda.

J.Energi Biogas
Energi biogas berasal dari gas metana yang terdapat pada kotoran binatang ibarat sapi, kerbau, dan kambing. Gas metana sanggup dimanfaatkan untuk materi bakar gas untuk penerangan dan materi bakar memasak pengganti gas elpiji.

Itu tadi klarifikasi mengenai bentuk-bentuk energi. Semoga artikel ini menambah ilmu pembaca mengenai bentuk daripada energi.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
TIM ABDI GURU. 2016. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga

Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon