Jumat, 20 Oktober 2017

Karakteristik Sistem Transmisi Telekomunikasi

Transmisi yaitu suatu proses pengangkutan suatu gosip dari suatu titik yang berperan sebagai transmitter (pengirim informasi) ke titik yang lain yang berperan sebagai receiver (penerima informasi) dimana jarak antar titik dapat sangat jauh. Titik-titik yang ada jumlahnya dapat banyak dan membentuk suatu jaringan telekomunikasi. Untuk menghubungkan antar elemen jaringan membutuhkan suatu sistem penghubung yang disebut sistem transmisi.

ELEMEN SISTEM TRANSMISI
  • Transmitter: Pada transmitter terjadi proses pengolahan sinyal masukan (yang mencakup encoding dan modulasi) menjadi output sinyal yang sesuai dengan akses transmisi.
  • Transmission Channel: Kanal transmisi merupakan suatu media penghubung antara transmitter dengan receiver. Dalam proses transmisi, sinyal akan mengalami peredaman yang diakibatkan oleh akses transmisi itu sendiri. Semakin jauh jarak transmisi suatu data, maka akan semakin besar pula redaman yang akan terjadi.
  • Receiver: Pada receiver, sinyal yang diterima akan diolah kembali. Pengolahan ini mencakup filtering yaitu memfilter noise yang ada pada sinyal, penguatan yaitu menguatkan kembali amplitudo sinyal yang telah terkena redaman, ekualisasi, serta demodulasi dan decoding yaitu mengembalikan format sinyal ke bentuk aslinya

Sumber http://irham93.blogspot.com


EmoticonEmoticon