Jumat, 20 Oktober 2017

Bagian-Bagian Sel

Sel Hewan
Sel merupakan penyusun badan mahluk hidup yang paling kecil. Kata sel berasal dari kata cella yang mempunyai arti rongga kecil. Sel pertama kali ditemukan pada tahun 1665 oleh seorang penemu asal Britania Raya yang berjulukan Robert Hooke. Sel sendiri mempunyai ukuran yang sangat kecil, sehingga untuk sanggup melihatnya kita harus memakai alat, yaitu mikroskop.

Sel mempunyai banyak sekali macam bentuk. Namun, dalam sel selalu terdapat 3 bab utama, yaitu membran plasma, protoplasma, dan inti sel (nukleus). Berikut ini yaitu klarifikasi mengenai bagian-bagian sel.

Bagian-Bagian Sel

A.Membran Plasma
Membran plasma atau sering disebut juga sebagai selaput plasma merupakan bab sel yang paling luar. Fungsi dari membran plasma yaitu untuk mengatur zat yang masuk dan keluar dari sel. Membran plasma memungkinkan gas oksigen dan masakan masuk kedalam sel, serta zat-zat sisa keluar dari sel.

B.Protoplasma
Protoplasma merupakan bab paling penting dari sebuah sel alasannya yaitu bab ini mempunyai fungsi untuk mengatur semua acara sel. Bagian ini berbentuk jel yang tersusun dari air, protein, karbohidrat, lemak, garam-garam mineral, dan enzim. Protoplasma terdapat didalam inti sel disebut nukleoplasma. Sedangkan protoplasma yang terdapat di luar inti sel disebut sitoplasma. Pada sitoplasma terdapat organel-organel sel.

C.Inti Sel (nukleus)
Inti sel pada umumnya mempunyai bentuk bundar dan terletak pada bab tengah sel. Didalamnya, terdapat kromosom yang berfungsi membawa sifat yang sanggup diturunkan (gen). Inti sel merupakan sentra pengatur seluruh acara sel.

Nah, itu tadi klarifikasi mengenai Bagian-Bagian Sel. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup memberi gosip pelengkap kepada pembaca mengenai sel. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.
Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon