Rabu, 04 Oktober 2017

Udara

   Udara merujuk kepada adonan gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya sanggup dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda. Udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam alasannya mempunyai banyak fungsi bagi makhluk hidup.

   Kandungan elemen senyawa gas dan partikel dalam udara akan berubah-ubah dengan ketinggian dari permukaan tanah. Demikian juga massanya, akan berkurang seiring dengan ketinggian. Semakin akrab dengan lapisan troposfer, maka udara semakin tipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.

Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhanmenjalani sistem fotosintesa, oksigen kembali dibebaskan.

Kandungan Udara

   Udara terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Kandungan udara kering yakni 78% Nitrogen, 20% Oksigen, 0,93% Argon, 0,03% Karbon Dioksida, 0,003% gas-gas lain (Neon, Helium, Metana, Kripton, Hidrogen, Xenon, Ozon, Radon). Uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi (penguapan) pada laut, sungai, danau, dan kawasan basah lainnya. Aerosol yakni benda berukuran kecil, ibarat garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi.




Sumber http://ilmupelajarankita.blogspot.com


EmoticonEmoticon