Sabtu, 03 Februari 2018

2 Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Menjadi Lemot

Penyebab dan cara mengatasi Laptop lemot 2 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Menjadi Lemot

Jika anda memakai sebuah Laptop, maka tentu saja semua ingin berjalan dengan lancar tanpa mengalami hambatan apapun. Sayangnya, seringkali ditemukan Laptop tiba-tiba menjadi lemot dikala sedangn dipakai bekerja. Istilah lemot yaitu sebuah kondisi dimana Laptop berjalan begitu lambat, susah melaksanakan operasi atau sebuah tindakan.

Tentu saja semua pengguna komputer tidak ingin mendapati problem Laptop yang satu ini. Namun, yang perlu anda ketahui bahwa Laptop menjadi lemot bisa terjadi lantaran beberapa faktor dan bisa jadi itu lantaran ulah anda sendiri. Misalnya saja, anda tidak merawat laptop tersebut dan diabaikan begitu saja sehabis digunakan.

Selain rujukan diatas, tentu saja masih banyak faktor yang menjadi penyebab Laptop menjadi lemot. Oleh lantaran itu, kalau anda ingin mengatasi dan memperbaiki problem laptop yang sangat lambat, maka anda harus melaksanakan analisa untuk mengetahui penyebab Laptop tersebut menjadi lemot. Karena, ibarat yang diutarakan diatas bahwa ada bermacam-macam faktor yang bisa menciptakan Laptop anda menjadi lemot, baik itu faktor internal maupun eksternal.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Untuk menghindari Laptop menjadi lemot anda harus mengetahui terlebih dahulu asal sebabnya, biar bisa dilakukan sebuah pencegahan. Anda harus mnegetahui penyebab laptop menjadi lemot biar kemudian sanggup diatasi biar tidak terjadi lagi. Secara garis besar penyebab lemot bisa digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal Laptop Menjadi Lemot

Ada beberapa kondisi internal Laptop yang akan membuatnya menjadi lemot atau sangat lambat dikala digunakan. Masalah-masalah tersebut yaitu faktor yang memang terjadi lantaran bawaan pada Laptop.

1. Kapasitas RAM yang Kecil

Faktor internal pertama yang berpotensi menciptakan Laptop yang anda gunakan menjadi lemot yaitu lantaran kapasitas RAM yang minim atau sedikit. Random Access Memory atau disingkat RAM ini mempunyai fungsi sebagai kawasan penyimpanan data sementara. RAM juga berfungsi membantu menyiapkan data-data yang akan diproses oleh prosesor. Oleh lantaran itu, kalau RAM penuh proses penyiapan data akan lama dan menjadikan laptop lemot.

Untuk mengatasi problem internal ini, maka anda bisa meminimalisir penggunaan aplikasi secara bersamaan. Namun, kalau anda sudah terlanjur menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, maka anda bisa menutup sebagian memakai Windows Task Manager. Dari situ akan terlihat aplikasi mana yang memakai RAM terlalu banyak. Jika itu bukan aplikasi dari sistem maka anda tinggal mematikannya dengan mengklik aplikasi tersebut kemudian tekan tombol End.

Penyebab dan cara mengatasi Laptop lemot 2 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Menjadi Lemot
Soalusi lainnya yaitu dimana anda juga sanggup melaksanakan pencucian dengan memakai software RAM cleaner. Ada banyak jenis software RAM cleaner yang tersedia di internet dan sanggup anda gunakan secara gratis. Software tersebut berfungsi menangkap aplikasi yang banyak memakai memory dan akan mematikan aksesnya.

Namun, kalau langkah tersebut diatas masih belum berhasil mengatasi permasalahan anda, maka cara terakhir yang sanggup anda lakukan yaitu dengan melaksanakan upgrade RAM untuk menambah kapasitas RAM Laptop anda.

Untuk cara alternatif anda bisa memakai sistem operasi yang ringan atau software versi lama lantaran umumnya tidak terlalu banyak memakan RAM.

2. Kondisi Hardware yang sudah usang

Masalah kedua yang menjadi kemungkinan besar penyebab Laptop anda menjadi lemot adala lantaran umur Laptop tersebut sudah tua. Umur sebuah perangkat elektronik tentu saja sangat kuat terhadap kemampuan dan kecepatan yang dimilikinya. Sebuah Laptop gres dengan spesifikasi yang ibarat tentu saja akan lebih cepat kalau dibandigkan dengan laptop yang sudah tua.

Salah satu hardware atau perangkat keras yang mempunyai imbas terhadap performa kecepatan laptop yaitu Hardisk. Kondisi hardisk yang sudah penuh dan sudah berumur akan mempengaruhi performa laptop. Hal ini terkait fungsi harddisk sebagai kawasan penyimpanan data permanen.

Untuk mengatasi problem ini, maka anda bisa melakukan defragment disk untuk menyusun ulang blok-blok pada hardisk. Selain itu, anda juga sanggup melaksanakan install ulang untuk membersikan semua data lama yang sebetulnya tidak diperlukan lagu. Namun, tentu saja langkah-langkah tersebut tidak akan membawa perubahan yang besar. Satu-satunya solusi tebaik yang sanggup anda lakukan yaitu dengan mengganti penyimpanan Laptop memakai Hardisk yang baru.

Faktor Eksternal Laptop Menjadi Lemot

Selain faktor internal, penyebab Laptop menjadi lemot bisa juga diakibatkan oleh faktor eksternal. Faktor eksternal yaitu problem yang tidak diakibatkan oleh bawaan Laptop, melainkan faktor dimana kecepatan laptop dipengaruhi oleh pihak ketiga.

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terbuka Secara Bersamaan

Hal ini sering dilakukan (multi-tasking) atau terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu. Padahal dalam menjalankan sebuah aplikasi memakan RAM dan perlu diingat setiap laptop mempunyai keterbatasan RAM. Hal ini juga sama terlalu banyak membuka tab pada browser juga mempengaruhi performa laptop.

Untuk mengatasi problem ini sebetulnya sangat sederhana, yaitu jangan buka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan, terlebih lagi aplikasi yang tidak begitu penting. Yang jelas, anda harus memahami kapasitas RAM Laptop anda kemudian meneyesuaikan dengan pekerjaan yang diberikan. Hindari memaksakan Laptop untuk bekerja terlalu berat, lantaran hal tersebut akan mengurangi umur Laptop.

2. Laptop Terkana Virus

Virus bisa masuk ke laptop memalui banyak sekali cara, bisa melalui transfer data baik secara online maupun offline. Bahkan virus bisa masuk ketika anda mend0wnl0ad aplikasi dari laman-laman website yang tidak kondusif atau mengklik link phising. Virus ini kemudian mengganggu performa laptop bahkan parahnya pada beberapa kasus bisa menciptakan laptop mati total.

Penyebab dan cara mengatasi Laptop lemot 2 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Menjadi Lemot

Untuk mengatasi problem ini, maka gunakan anti virus untuk melindungi laptop anda. Tapi perlu diingat anti virus yang terlalu aktif dan sensitif juga bisa mengganggu performa laptop lantaran aplikasi akan berjalan di background. Sehingga bisa mempengaruhi kecepatan laptop. Kaprikornus anda cukup melaksanakan scaning di waktu-waktu tertentu saja.

 

Itulah beberapa lantaran yang menjadikan leptop anda menjadi lemot, baik lantaran secara internal maupun ekternal. Agar leptop anda tetap dalam performa yang baik, maka lakukanlah perawatan secara rutin, tujuannya untuk meremajakan usia laptop. Dan perhatikan juga jangan hingga melaksanakan kesalahan dalam merawat laptop tersebut.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon