Sabtu, 03 Februari 2018

3 Kesalahan Merawat Laptop Yang Harus Dihindari

 kesalahan dalam merawat laptop yang dilarang anda lakukan 3 Kesalahan Merawat Laptop yang Harus Dihindari

Pada abad digital menyerupai sekarang, keberadaan Laptop sudah menjadi barang yang lazim dimiliki oleh semua orang. Apalagi dalam dunia pendidikan dan bisnis, pertumbuhannya sangat masif. Tentu harga Laptop sendiri tidaklah murah, mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Dengan harga laptop yang cukup menguras isi dompet, anda niscaya menginginkan laptop anda biar tetap awet.

Pada dasarnya ketahanan atau awetnya sebuah perangkat elektronik tidak selalu bergantung pada brand atau brand Laptop. Faktor utama yang akan menciptakan Laptop yang anda gunakan akan tahan usang atau malah cepat rusak tergantung pada perlakuan anda. Jika anda memperlakukan Laptop dengan baik dan merawat Laptop tersebut maka tentu saja akan sanggup bertahan dan sanggup dipakai dalam kurun waktu yang lama. Sebaliknya, jikalau anda tidak merawat Laptop yang digunakan, maka tidak bisa dipungkiri bahwa Laptop tersebut akan menjadi cepat rusak.

Sayangnya, pada ketika kini ini banyak pengguna komputer yang tidak tahu bagaimana cara memperlakukan komputer dengan baik. Dengan kata lain, banyak pengguna komputer atau Laptop yang tidak tahu bagaimana cara merawat Laptop yang benar. Selain itu, banyak juga pengguna yang sudah melaksanakan perawatan Laptop tersebut, sayangnya seringkali terjadi kesalahan dalam merawat Laptop tersebut.

Kesalahan Merawat Laptop yang Sering Dilakukan

Jika anda ingin biar Laptop yang anda miliki sanggup bertahan lama, maka anda harus menghindari kebiasaan yang akan merusak Laptop tersebut. Anda justru harus melaksanakan perawatan pada Laptop yang digunakan, salah satunya memastikan bahwa perlakuan yang anda berikan tersebut benar-benar baik untuk kesehatan dan hindari kesalahan dalam merawat Laptop anda. Pasalnya, sering kali pengguna melaksanakan kesalahan dalam merawta Laptop yang justru akan membuatnya menjadi lebih cepat rusak.

1. Menutup Layar Laptop dalam Keadaan Menyala

Karena terburu-buru atau mungkin malas menunggu proses shut down yang lama, maka beberapa pengguna Laptop pribadi menutup layar Laptop dalam keadaan masih menyala. Jika anda melaksanakan hal ini, maka akan menciptakan Laptop tersebut menjadi sleep. Jika kondisi ini sangat sering terjadi maka bisa menimbulkan efek yang negatif pada masa yang akan datang.

Kondisi Laptop yang sleep akan memaksa hardisk untuk berhenti bekerja, sementara komponen menyerupai RAM masih terus melaksanakan aktivitas. Artinya, RAM Laptop tersebut akan bekerja secara terus menerus dan akan mengurangi usianya secara perlahan-lahan. Jika anda sudah tidak memakai Laptop tersebut, alangkah lebih baik jikalau dilakukan shutdown kemudian menutup layarnya.

Solusi lainnya ialah dimana anda sanggup mengatur biar Laptop tidak sleep meskipun Layar Laptop sudah ditutup. Untuk melaksanakan hal ini, silahkan buka Control Panel, kemudian pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Setelah itu, pada panel kiri silahkan klik Choose what closing the lid does.

Selanjutnya, pada bagian When I close the lid silahkan ubah Sleep menjadi Do nothing biar Laptop tidak Sleep ketika layar ditutup. Anda juga sanggup mengatur biar Laptop shutdown ketika layar ditutup dengan mengubahnya menjadi Shut Down. Setelah itu silahkan klik Save changes untuk menyimpan perubahan.

 kesalahan dalam merawat laptop yang dilarang anda lakukan 3 Kesalahan Merawat Laptop yang Harus Dihindari

2. Menghubungkan Laptop Langsung ke Listrik Tanpa Baterai

 kesalahan dalam merawat laptop yang dilarang anda lakukan 3 Kesalahan Merawat Laptop yang Harus Dihindari

Kesalahan merawat laptop yang kedua dan sangat sering dilakukan oleh pengguna Laptop, terutama para gamer ialah menghubungkan pribadi Laptop ke listrik tanpa memakai baterai. Dalih yang sering dipakai ialah biar baterai Laptop tidak cepat rusak jikalau dipakai secara terus menerus. Tapi ternyata hal ini salah, dan justru akan menimbulkan kerusakan yang lebih fatal.

Jika anda menghubungkan Laptop ke listrik tanpa memakai baterai, memang baterai akan infinit bahkan bisa jadi menyerupai gres sebab selalu disimpan. Tetapi, justru terdapat persoalan yang lebih berbahaya yang harus anda waspadai yang mempunyai potensi merusak Laptop anda. Kondisi dimana anda menghubungkan Laptop ke arus listrik akan menciptakan Laptop mendapatkan arus listrik yang tidak stabil. Karena arus listrik dari charger yang tidak stabil pribadi mengalir ke motherboard, maka akan menciptakan motherboard cepat rusak. Pada karenanya Laptop yang anda miliki secara otomatis tidak akan sanggup dipakai lagi. Satu hal lagi yang dilarang dilewatkan, jikalau listrik mendadak padam maka secara otomatis Laptop akan mati dan semua pekerjaan anda yang belum tersimpan bisa hilang.

3. Charger Laptop Ketika Baterai Akan Habis (10%-7%)

Perlu anda diketahui bahwa tipe baterai laptop ada 3, yaitu Nickel based (NiCd), Nickel Metal Hydride (NiMH) dan Lithium based (Lithium-ion). Untuk baterai tipe NiCd dan NiMH mempunyai aksara “memory effect”, bahwa baterai tipe ini bisa mengingat berapa banyaknya pengisian daya pada proses charging terakhir. Jika pada kapasitas 58% baterai ini di-charger hingga penuh (artinya telah melaksanakan pengisian sebanyak 42%), maka ketika laptop dipakai lagi baterai akan mengingat kapasitasnya tinggal 42%.

Jadi mencharger baterai harus pada daya 10-7% itu berlaku pada 2 tipe baterai ini, lebih elok lagi jikalau benar-benar low. Tapi hal ini tidak berlaku pada baterai tipe Lithium-ion dan hampir semua laptop kini memakai tipe baterai ini. Untuk mengetahui tipe baterai pada laptop, anda bisa melihatnya di buku gosip ketika membeli laptop.

Sekali lagi, bahwa baterai Lithium-ion mempunyai aksara yang berbeda dengan baterai NiCd dan NiMH. Baterai jenis Lithium-ion bisa menyimpan daya lebih besar dan lebih ramah lingkungan. Pada baterai tipe ini juga dibolehkan mencharger baterai ketika belum 10%, bahkan memakai laptop ketika sedang mencharging juga tidak masalah. Karena hal ini tidak mengganggu fungsi baterai atau merusak baterai. Catatannya pada baterai tipe Lithium-ion jangan charger laptop menunggu daya 0% atau benar-benar habis, dan jangan membiarkan laptop dalam kondisi daya 0% terlalu lama.

Itulah beberapa kesalahan persepsi dalam merawat Laptop yang dilarang anda lakukan. Jika anda ingin Laptop yang dimiliki sanggup dipakai dalam waktu yang lama, maka anda sanggup melaksanakan tips merawat Laptop yang baik dan benar. Yang jelas, salah satu penentu ketahanan Laptop ialah kebersihan dan hindari terjadinya benturan serta panas berlebih.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon