Kamis, 01 Maret 2018

Permainan Bola Voli


PERMAINAN BOLA VOLI

1.    Pengertian dan Sejarah Bola Voli
a.    Pengertian Bola Voli
Permainan bola voli ialah jenis permainan yang dimainkan oleh dua regu dengan tujuan menjatuhkan bola ke kawasan lawan melalui atas net. Ada dua hal penting dalam permainan bola voli yaitu, berusaha semaksimal mungkin untuk sanggup menjatuhkan bola ke kawasan lawan melalui atas net dan menjaga bola semoga tidak jatuh di kawasan permainan sendiri.
Induk organisasi bola voli se-Indonesia ialah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Sedangkan induk organisasi bola voli dunia ialah IVBF (International Volley Ball Federation).
b.    Sejarah Permainan Bola Voli
Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang berjulukan William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).
Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut ialah permainan yang sanggup dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan berdasarkan penjelasannya pada dikala itu, permainan ini sanggup juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan target dari permainan ini ialah mempertahankan bola semoga tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

2.    Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Agar sanggup bermain bola voli dengan baik, kita harus menguasai beberapa teknik dasar. Diantara teknik dasar permainan bola voli ialah teknik passing bawah dan servis bawah.
a.    Teknik Servis Bawah
Servis ialah salah satu teknik dasar permainan bola voli yang dipakai untuk memulai permainan sekaligus memulai serangan. Salah satu jenis servis dalam bola voli ialah servis bawah.
Cara melaksanakan servis bawah ialah sebagai berikut:
1)    Berdiri dengan posisi melangkah, posisi tubuh dibungkukkan, salah satu tangan memegang bola, berat tubuh bertumpu pada tungkai kaki belakang
2)    Bola dilambungkan ke atas, sedangkan tangan yang akan dipakai servis diayun ke belakang.
3)    Bola dipukul dengan tangan sementara lengan diluruskan
4)    Kedua tungkai diluruskan, tubuh sebelah atas ditegakkan, berat tubuh bertumpu pada tungkai kaki depan

b.    Teknik Dasar Servis Atas
1)     Tahap Persiapan
-     Berdiri dengan kedua kaki posisi melangkah
-     Berat tubuh bertumpu pada kedua kaki dengan perilaku tubuh tegak
-     Pegang bola setinggi pundak atau kepala semoga tidak menutupi pandangan ke arah lawan
-     Telapak tangan yang akan dipakai untuk memukul bola dibuka dan jari-jari dirapatkan
2)     Tahap Gerakan
-     Ayunkan tangan yang dipakai untuk memukul bola (servis) ke atas posisi lurus
-     Ayunkan kembali tangan yang dipakai untuk memukul bola (servis) dengan berat tubuh bertumpu pada kaki depan dan bola dilambungkan setinggi jangkauan tangan
-     Pukul bola dengan telapak tangan bab tengah ketika bola sejajar jangkauan
3)     Tahap Akhir Gerakan
-     Ikuti gerakan tubuh ke depan dengan melangkahkan kaki belakang

c.    Teknik Passing Bawah
Passing merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bola voli. Teknik ini berfungsi untuk mendapatkan servis dan memperlihatkan umpan atau operan ke teman. Salah satu teknik passing ialah passing bawah.
Cara melaksanakan teknik passing bawah ialah sebagai berikut:
1)    Tahap persiapan
-     Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar pundak dan kedua lutut direndahkan sampai berat tubuh tertumpu pada kedua ujung kaki bab depan
-     Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan tubuh sampai kedua ibu jari sejajar
-     Pandangan ke arah datangnya bola
2)    Tahap gerakan
-     Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai
-     Usahakan arah datangnya bola sempurna di tengah-tengah badan
-     Perkenaan bola yang baik sempurna pada pergelangan tangan
-     Usahakan arah bola hasil passing membentuk parabola (melengkung)
3)    Akhir gerakan
-     Tumit terangkat dari lantai
-     Pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus
-     Langkahkan satu kaki ke depan sebagai gerakan lanjutan
-     Pandangan mengikuti arah gerakan bola

d.    Teknik Dasar Passing Atas
Passing atas bertujuan untuk memperlihatkan umpan kepada sobat khususnya untuk dipukul atau dismash. Dalam permainan bola voli, seorang pemain yang mempunyai kemampuan passing atas sangat cantik biasanya akan berperan sebagai toser, yaitu pemain yang bertugas memperlihatkan umpan kepada sobat untuk dismash atau dipukul.
Adapun cara melaksanakan passing atas ialah sebagai berikut:
1)  Tahap Persiapan
-     Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan sampai berat tubuh bertumpu pada kedua ujung kaki
-     Kedua lengan di depan tubuh dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang, sehingga membentuk menyerupai mangkuk di depan atas muka (wajah)
2)  Tahap Gerakan
-     Dorongkan kedua lengan menyongsong arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat
-     Usahakan arah datangnya bola sempurna di tengah-tengah atas wajah
-     Perkenaan bola sempurna mengenai jari-jari tangan
-     Arah bola hasil passing membentuk parabola (melengkung)
3)  Tahap Akhir
-     Tumit terangkat dari lantai
-     Pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus ke atas
-     Pandangan mata mengikuti arah gerakan bola

Agar kita ahli dalam melaksanakan teknik passing atas, maka diharapkan latihan yang rutin dan berkelanjutan.
Di bawah ini beberapa rujukan latihan passing atas:
1)  Melambungkan bola dan menangkap kembali dengan perilaku jari-jari tangan membentuk perilaku passing atas
2)  Melakukan passing atas bola yang dilambungkan sobat sambil bergerak maju, mundur, dan ke samping
3)  Melakukan passing atas sambil duduk, bola terlebih dahulu dilemparkan sobat dari atas bangku
4)  Melakukan passing atas berpasangan dan berhadapan dengan dua kali sentuhan
5)  Melakukan passing atas secara berkelompok
6)  Melakukan passing atas melalui net atau tali secara perpasangan
e.    Teknik Dasar Smes (Spike)
Cara Melakukan Smash (Spike)
Dalam melaksanakan smash sebaiknya kita melompat setinggi mungkin. Oleh alasannya ialah itu, latihlah melompat sebanyak mungkin.
Latihan dasar yang harus dilakukan dalam melaku­kan smes adalah:
1)  Telapak tangan terbuka menyerupai akan menampar, jari-jemari harus rapat.
2)  Sebelum menyentuh bola, siku dilengkungkan se-dangkan waktu menyentuh bola harus lurus, siku berada di atas pundak dan telapak tangan jauh di belakang badan, jangan di samping.
3)  Waktu telapak tangan menyentuh bola, posisi telapak tangan di depan tubuh sedikit.
4)  Dari kedudukan semula ke titik kita akan melaku­kan smes, usahakan jangan terlalu jauh, sehingga kita tidak terlalu banyak melangkah. Sebaiknya hanya melaksanakan 2 atau 3 langkah saja.
5)  Langkah terakhir sebelum melompat, hams cepat dan kuat. Bila kita melaksanakan smes dengan tangan kanan, langkah pertama dilakukan dengan kaki kiri dan sebaliknya. Langkah-langkah kecil untuk penye-suaian, tidak termasuk hitungan 2-3 langkah ini.
6)  Kedudukan tangan sewaktu akan melompat berada sejauh mungkin di belakang badan. Hal ini akan member! lompatan yang tinggi, dan ayunan ke depan ketika kita melompat akan meletakkan kedudukan tangan pada posisi memukul yang terbaik.
7)  Kebanyakan smes dilakukan dengan posisi tubuh agak miring ke kiri (bagi yang memukul dengan tangan kanan) atau miring ke kanan pada pemain yang memukul dengan tangan kirinya. Seharusnya tangan berada sejajar dengan garis lurus tubuh kita. Kepala dihentikan miring alasannya ialah pundak juga tidak miring.
8)  Badan menghadap arah bola yang akan dipukul dan tangan terayun sejajar dengan garis lurus badan, dihentikan menyi-lang pada lebar badan. Bentuk posisi tubuh di-sesuaikan dengan ayunan tangan, biasanya akan melengkung ka­rena kerasnya ayunan tangan dan persiapan untuk mendarat sehabis melompat
Pembelaiaran Teknik Dasar Smash
1)    Model I Memukul-mukul bola ke lantai memakai telapak tangan terbuka. Lakukan memukul-mukul bola di tempat dan dilanjutkan sambil berjalan.
2)    Model II Memukul bola ke lantai berpasangan atau deretan berbanjar dengan bola dilambung sendiri di depan badan.
3)    Model III  Melakukan smash bersahabat net dengan bola dilambung sobat dan dilanjutkan sobat mengunpan dengan passing atas. Usahakan ketinggian net untuk direndahkan



Sumber http://gege17.blogspot.com/


EmoticonEmoticon