CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.2 REVISI 2017 |
Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.2
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 6 JP
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan verbal dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara verbal dan tulis.
Indikator
· Merencanakan penulisan teks deskripsi
· Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
· Menyajikan secara verbal teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek
C. Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
· Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
· Contoh variasi judul pada teks deskripsi
· Contoh variasi identifikasi
· Contoh variasi rincian bagian
Keterampilan
· Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
· Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/objek
· Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
2. Materi Pembelajaran Remidial
Pengetahuan
· Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
· Contoh variasi judul pada teks deskripsi
· Contoh variasi identifikasi
· Contoh variasi rincian bagian
Keterampilan
· Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
· Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/objek
· Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
· Contoh variasi judul pada teks deskripsi
· Contoh variasi identifikasi
· Contoh variasi rincian bagian
Keterampilan
· Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
· Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/objek
· Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
C. Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
· Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
· Guru bertanya-jawab wacana stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
· Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang sanggup menggairahkan penerima didik untuk belajar.
· Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
· Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
· Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
2. Kegiatan Inti
Bagian D konstruksi
Pertemun ke-1 ( 2 JP)
· Mengamati langkah dan referensi judul, kerangka, cara membuatkan teks
· Mempertanyakan langkah menciptakan teks deskripsi dengan mengamati objek
· Menggali informasi dari aneka macam sumber langkah menulis teks deskripsi
· Latihan meranncang objek dan n kerangka teks deskripsi menurut objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah yang ditemukan
Pertemuan ke-2 (2 JP)
· Mengamati objek yang akan dijadikan teks deskripsi
· Mempertanyakan informasi apa yang harus dikumpulkan
· Menggali informasi
· Mencari data dari objek yang dipilih
· Mendata kata kunci dari objek
· Menalar
· Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
· Merangkai paragraf menjadi teks
· Mengomunikasikan
· Memajang hasil
Pertemuan ke-3 (2 JP)
· Mengamati referensi kesalahan pengembangan
· Menanya
· Bagaimana cara menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
· Menggali informasi
· Menemukan kesalahan dari teks yang ditulis
· Dipajang untuk mendapatkan masukan dari teman/ guru
· Memperbaiki dan memamerkan hasil akhir
3. Penutup
· Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
· Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
· Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
· Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan yaitu minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
· Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi.
Sebutkan langkah menyusun teks deskripsi berikut!
Kunci jawaban
Langkah menyusun teks deskripsi : (1) Menentukan subjek yang akan dideskripsikan. (2) Membuat kerangka bagian-bagian yang akan dideskripsikan. (3) Mencari Data. (4) Menelaah kalimat-kalimat menjadi paragraf pembuka teks tanggapan deskriptif/ identifikasi, paragraf deskripsi bab 1, deskripsi bab 2, deskripsi bab 3, dan paragraf penutup. (4) Memerinci objek/ suasana yang dideskripsikan dengan memakai kata dan kalimat yang merangsang pancaindera.
2. Penilaian Keterampilan
Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah.Tayangkan dan jadilah reporter program jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
Perhatikan kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu diperhatikan!
Menulis Teks Deskripsi
Setelah menyajikan lisan, kini kau menulis teks deskripsi.Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yang disebutkan di bawah ini. Deskripsi yang kau buat harus berisi wacana ukuran, lokasi, dan tipe kota atau desa yang kau pilih. Sebutkan juga hal-hal yang menjadi ciri khas.Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tinggalmu (alasan mengapa merasa betah atau sebaliknya).
Menyunting Teks Deskripsi
Telaahlah kembali teks yang Anda tulis dengan memakai rubrik yang disediakan.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, video.
Bahan : Teks deskripsi.
Sumber Belajar :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 36 s.d 41.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 42 s.d 46.
EmoticonEmoticon