CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.3 DAN 4.3 REVISI 2017 |
Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 KD 3.3 dan KD 4.3 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.3 dan 4.3
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 8 JP
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan didengar.
Indikator
- menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada dongeng fantasi dan mengatakan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
- menentukan jenis dongeng fantasi dan mengatakan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yang didengar dan dibaca.
Indikator
- Menyimpulkan tokoh dan latar dongeng fantasi.
- Menyimpulkan urutan dongeng fantasi.
- Menceritakan kembali dongeng fantasi isi dongeng fantasi lisan/ tulis.
C. Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
· Pengertian dongeng fantasi.
· Jenis dongeng fantasi.
· Tujuan komunikasi dongeng fantasi.
· Pola pengembangan isi pada dongeng fantasi.
· Karakteristik kata/ kalimat pada dongeng fantasi.
Keterampilan
· Praktik memahami isi dongeng fantasi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
· Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
· Pengertian dongeng fantasi.
· Jenis dongeng fantasi.
· Tujuan komunikasi dongeng fantasi.
· Pola pengembangan isi pada dongeng fantasi.
· Karakteristik kata/ kalimat pada dongeng fantasi.
Keterampilan
· Praktik memahami isi dongeng fantasi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
· Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Pengertian dongeng fantasi.
· Jenis dongeng fantasi.
· Tujuan komunikasi dongeng fantasi.
· Pola pengembangan isi pada dongeng fantasi.
· Karakteristik kata/ kalimat pada dongeng fantasi.
Keterampilan
· Praktik memahami isi dongeng fantasi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
· Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama, proaktif, dan kreatif.
C. Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
· Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
· Guru bertanya-jawab wacana bentuk dongeng fantasi dalam kehidupan sehari-hari.Pada pecahan awal ini siswa disadarkan adanya dongeng fantasi dalam komunikasi nyata (novel, cerpen yang berasal dari fantasi penulis_ Ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari manfaat mudah dan untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali jenis teks dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks mempunyai fungsi yang saling berkaitan.
· Dibuka dengan rujukan dongeng fantasi yang ada baik berupa novel maupun cerpen. Bertanya jawab wacana kata kunci pada novel/ cerpen sehingga disebut dongeng fantasi
· Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang kan dicapai.
· Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
2. Kegiatan Inti
Bagian A dan B: dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
· Membaca/ mendengarkan rujukan judul dongeng fantasi.
· Mempertanyakan
· Apa itu dongeng fantasi, apa cirinya, dan apa bedanya dengan dongeng yang lain
· Menggali informasi
· Membaca banyak sekali rujukan novel populer yang merupakan dongeng fantasi
· Menalar
· Berdiskusi wacana ciri tokoh, seting, alur, dan tema dongeng fantasi
· Bermain untuk menyimpulkan ciri umum fantasi dari segi isi dan aspek kesastraannya (alur, tokoh, latar, amanat, dll)
Pertemuan kedua (4 JP)
· Membaca/ mendengarkan bermacam-macam rujukan judul dongeng fantasi.
· Membuat pertanyaan untuk menebak isi cerita.
· Menggali informasi.
· Meringkas urutan insiden dalam cerita.
· Mengomunikasikan.
· Menceritakan secara berantai.
· Saling menilai hasil penceritaan.
3. Penutup
· Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
· Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
· Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
· Mewajibkan siswa siswa untuk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
· Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara kelompok.
Indikator Soal :
Disajikan teks dongeng fantasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Cerita fiksi bergenre dunia imajinatif yang diciptakan penulis dan menceritakan hal yang mustahil dijadikan biasa disebut ….
- Tema fantasi yakni ….
- Rangkaian insiden dalam dongeng disebut ….
- Rangkaian insiden dalam dongeng digerakkan dengan aturan ….
- Unsur dongeng yang mengalami rangkaian insiden disebut ….
- Tema sanggup dirumuskan dari rangkaian insiden pada ….
- Unsur dongeng yang menjadi pesan pengarang melalui ceritanya disebut ….
- Rangkaian insiden dongeng fantasi memakai banyak sekali latar yang menerobos dimensi ….
- Berdasarkan latar cerita, dongeng fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu ….
- Jenis dongeng fantasi menurut kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori yaitu ….
- Kategori dongeng fantasi total berisi ….
- Cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih memakai nama-nama dalam kehidupan nyata, memakai nama daerah yang ada dalam dunia nyata, atau insiden pernah terjadi pada dunia nyata disebut ….
- Berdasarkan latar cerita, dongeng fantasi dibedakan menjadi dua kategori yaitu ….
- Latar sezaman berarti latar yang dipakai ….
- Latar lintas waktu berarti dongeng fantasi memakai ….
Kunci Jawaban
- Alur
- Sebab-akibat.
- Tokoh dan adab tokoh.
- Alur cerita.
- Amanat.
- Cerita fantasi.
- Majic, supernatural atau futuristik.
- Ruang dan waktu.
- Latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu futuristik (masa yang akan datang).
- Fantasi total dan fantasi sebagian (irisan).
- Fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu.
- Cerita fantasi irisan.
- Latar lintas waktu dan latar waktu sezaman.
- Satu masa (fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yang akan datang/ futuristik).
- Dua latar waktu yang berbeda (misalnya, masa sekarang dengan zaman prasejarah, masa sekarang dan 40 tahun mendatang/ futuristik).
2. Penilaian Keterampilan
Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks!
Berkelompoklah dan ceritakan isi dongeng fantasi dengan bahasamu sendiri.
Dalam acara ini kau akan menceritakan kembali isi dongeng fantasi secara berantai.
Berdasarkan ringkasan urutan insiden dongeng fantasi di atas, lakukanlah hal-hal berikut!
- Membentuk kelompok yang terdiri atas 5 atau 6 orang satu kelompok!
- Tiap kelompok diundi untuk ke depan kelas atau di luar kelas (tiap anggota ditempel kertas bernomor 1-5).
- Guru memerintahkan nomor yang disebut untuk memulai menceritakan isi cerita. Guru akan menghentikan dan berpindah pada nomor yang lain untuk melanjutkan isi cerita. Selama satu kelompok tampil, siswa kelompok lain menilai dengan format yang telah ditentukan.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, infokus.
Bahan : Cerita fantasi.
Sumber Belajar :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 43 s.d 60.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 47 s.d 54.
EmoticonEmoticon