Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11


Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.11 dan 4.11  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP (KD 3.11 DAN 4.11)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A
3.11  Mengidentifikasi informasi ihwal fabel/ legenda tempat setempat yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • menyimpulkan ciri unsur dongeng fabel pada teks yang dibaca/didengar.
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri dongeng fabel pada teks yang dibaca/didengar.

Bagian B
4.11 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda tempat setempat
Indikator
  • Mengurutkan isi dongeng fabel
  • Menceritakan kembali isi fabel secara lisan

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan A dan B
Pengetahuan
  • Pengertian dongeng fabel
  • Jenis dongeng fabel
  • Tujuan komunikasi dongeng fabel
  • Pola pengembangan isi pada dongeng fabel

Keterampilan
  • Praktik memahami isi dongeng fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian dongeng fabel
  • Jenis dongeng fabel
  • Tujuan komunikasi dongeng fabel
  • Pola pengembangan isi pada dongeng fable

Keterampilan
  • Praktik memahami isi dongeng fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian dongeng fabel
  • Jenis dongeng fabel
  • Tujuan komunikasi dongeng fabel
  • Pola pengembangan isi pada dongeng fable

Keterampilan
  • Praktik memahami isi dongeng fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab ihwal bentuk dongeng fabel dalam kehidupan sehari-hari. Pada potongan awal ini siswa disadarkan adanya dongeng fabel dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan biar siswa lebih menyadari manfaat simpel untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali jenis teks dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks mempunyai fungsi yang saling berkaitan.
  • Dibuka dengan referensi judul-judul dongeng fabel yang pernah dibaca siswa
  • Bertanya jawab ihwal fungsi fabel dalam dunia modern dikala ini
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A : Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
·         Membaca/ mendengarkan referensi fabel
·         Bertanya jawab ihwal isi cerita
·         Meringkas urutan insiden dalam cerita
·         Berdiskusi ciri dongeng fabel
·         Bermain untuk menyimpulkan ciri umum fabel dari segi isi dan aspek kesastraannya (alur, tokoh, latar, amanat, dll)
 Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Membaca/ mendengarkan lagi referensi fabel untuk mendaftar kata sambung yang menyatakan waktu, kalimat eksklusif dan kalimat tidak langsung, kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah pada dongeng fabel, mendata kata/ frasa benda
·         Mendata kata/ frasa sifat, kata keterangan tempat
·         Mendiskusikan ciri kata/ kalimat yang dipakai pada fabel
·         Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi dongeng fabel

 3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik ihwal proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
·         Siswa mendapatkan penyampaian ihwal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.

 F.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan dongeng fabel
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan kebijaksanaan pekerti insan yang diibaratkan pada binantang disebut ….
  2. Tokoh fabel ialah ….
  3. Fabel biasanya berlatar di ….
  4. Konflik fabel disebabkan oleh ….
  5. Konflik-konflik dalam fabel mengemban amanat berupa ….
  6. Alur alur maju ialah alur yang bergerak ….
  7. Dalam urutan beberapa insiden atau insiden secara kronologis memakai konjungsi pengurutan ….
  8. Dari segi paparan tabiat tokohnya, fabel dikelompokkan menjadi dua kategori. Sebutkan!
  9. Alur fabel dimulai pengenalan, mulai munculnya masalah, duduk kasus memuncak, dan ditutup dengan pemecahan duduk kasus dengan pesan-pesan eksplisit ialah jenis fabel ….
  10. Alur fabel dimulai pengenalan, mulai munculnya masalah, duduk kasus memuncak, dan ditutup dengan pemecahan duduk kasus dengan pesan-pesan eksplisit.

Kunci jawaban
  1. Fabel
  2. Binatang
  3. Hutan, sungai, atau alam bebas
  4. Pengkhianatan, kelicikan, penghinaan, kesombongan, persahabatan, sikap jelek yang akibatnya diperbaiki, kecerdikan, keluarga, dan sebagainya.
  5. Nilai-nilai sopan santun dan huruf insan yang baik
  6. Dari awal bergerak maju sampai terjadi akhir dari insiden sebelumnya.
  7. Sesudah, sebelum, lalu, mula-mula, kemudian, selanjutnya, sehabis itu, atau akhirnya.
  8. yaitu jenis fabel alami dan fabel adaptasi.
  9. Jenis Fabel dengan Koda
  10. Jenis Fabel Tanpa Koda

2.      Penilaian Keterampilan
·   Praktik memahami isi dongeng fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Cerita fabel
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 209 s.d 234.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.




= Baca Juga =




Sumber http://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon