Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.13 dan 4.13 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 3.13)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 12 JP
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A:
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/ atau permohonan) dari surat langsung dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
Indikator
- menyimpulkan ciri umum surat langsung dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar.
- Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat langsung dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar.
Bagian B:
4.13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat langsung dan surat dinasyang dibaca atau diperdengarkan.
Indikator
- Memetakan isi surat langsung dan surat dinas.
- Menjawab pertanyaan isi surat langsung dan surat dinas.
C. Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan A dan B
Pengetahuan
· Pengertian surat langsung dan surat dinas.
· Jenis surat langsung dan surat dinas.
· Tujuan komunikasi surat langsung dan surat dinas.
· Pola pengembangan isi pada surat langsung dan surat dinas.
Keterampilan
· Memetakan pengembangan isi.
· Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
· Praktik memilih pola pengembangan isi teks.
- Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
· Pengertian surat langsung dan surat dinas.
· Jenis surat langsung dan surat dinas.
· Tujuan komunikasi surat langsung dan surat dinas.
· Pola pengembangan isi pada surat langsung dan surat dinas.
Keterampilan
· Memetakan pengembangan isi.
· Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
· Praktik memilih pola pengembangan isi teks.
- Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Pengertian surat langsung dan surat dinas.
· Jenis surat langsung dan surat dinas.
· Tujuan komunikasi surat langsung dan surat dinas.
· Pola pengembangan isi pada surat langsung dan surat dinas.
Keterampilan
· Memetakan pengembangan isi.
· Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
· Praktik memilih pola pengembangan isi teks.
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
- Guru bertanya-jawab perihal bentuk surat langsung dan surat dinas dalam kehidupan sehari-hari. Pada bab awal ini siswa disadarkan adanya surat langsung dan surat dinas dalam komunikasi nyata (surat untuk menteri, presiden, atau untuk orang-orang/ lembaga tertentu. Kegiatan ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari manfaat mudah untuk berkontribusi dalam masyarakat.
- Dibuka dengan referensi surat langsung kepada presiden/ orang-orang ahli Bertanya jawab perihal dengan surat langsung dan surat dinas.
- Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
- Kegiatan Inti
Bagian A dan B: Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
- Membaca contoh
- Bertanya jawab perihal isi surat.
- Berdiskusi ciri isi surat pribadi.
- Bermain untuk mengenali kata/ kalimat pada surat pribadi.
- Menyimpulkan ciri isi dan bahasa dalam surat pribadi.
Pertemuan Kedua (2 JP)
- Membaca lagi referensi surat.
- Mendata kata baku dan tidak baku, mendata ungkapan/ kalimat yang menyatakan teria kasih, permohonan maaf, harapan, keluhan, dan lain-lain.
- Mencermati bahasa dalam surat pribadi
- Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi surat pribadi
Pertemuan Ketiga, Surat Dinas (2 JP)
- Membaca bermacam-macam referensi surat dinas.
- Bertanya jawab perihal isi surat.
- Berdiskusi jenis isi surat dinas dan komponen dalam surat dinas.
- Bermain untuk mengenali kata baku dan kalimat efektif pada surat dinas.
- Menyimpulkan ciri isi dan bahasa dalam surat dinas.
- Membuat tabel perbandingan surat langsung dan dinas.
- Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi surat pribadi.
Pertemuan Keempat, Surat Pribadi (2 JP)
Bagian B: Prakonstruksi
- Membaca contoh.
- Bertanya jawab perihal isi surat.
- Berdiskusi ciri isi surat pribadi.
- Bermain untuk mengenali kata/ kalimat pada surat pribadi.
- Menyimpulkan ciri isi dan bahasa dalam surat pribadi.
Pertemuan Kelima (2 JP)
- Membaca lagi referensi surat.
- Mendata kata baku dan tidak baku, mendata ungkapan/ kalimat yang menyatakan teria kasih, permohonan maaf, harapan, keluhan, dan lain-lain.
- Mencermati bahasa dalam surat pribadi.
Pertemuan Keenam (2 JP)
- Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi surat pribadi.
3. Penutup
a) Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
b) Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
c) Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
d) Siswa ditugaskan untuk membaca surat Kartini dan Surat terbuka untuk presiden, atau buku perihal surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal harian.
e) Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu
Indikator Soal :
Disajikan referensi surat langsung dan surat dinas
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
- Sebutkan dua jenis surat, yang kau ketahui!
- Bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai langsung bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi disebut ….
- Berdasarkan referensi surat langsung yang disajikan, simpulkanlah apa ciri surat langsung itu?
- Apa yang dimaksud dengan surat dinas? .
- Tulislah struktur surat dinas!
- Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan. Sebutkan 3 referensi surat dinas?
- Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surat dinas. Hal ini ditandai dengan adanya …. pada struktur surat dinas
- Uraikanlah maksud isi surat dinas di atas!
- Mengapa panitia merasa perlu menulis surat kepada wali murid?
- Mengapa surat permohonan izin tersebut berbentuk surat dinas? Bukan surat pribadi?
2) Penilaian Keterampilan
Produk tentang:
- Memetakan pengembangan isi
- Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
- Praktik memilih pola pengembangan isi teks
Kunci Jawaban
- Ada dua jenis surat, yaitu surat langsung dan surat dinas.
- Surat pribadi
- Ciri surat langsung (a) merupakan bentuk komunikasi interaktif antara orang pertama (pengirim) dan orang kedua (penerima), (b) berisi unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahulua, isi, dan epilog surat, serta nama pengirim surat atau juga tanda tangan. (c) Isi surat langsung berkaitan dengan problem langsung menanyakan kabar, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi langsung yang lain
- Surat dinas yakni surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal.
- Struktur surat dinas
- Kop surat
- Nomor surat
- Tanggal surat
- Lampiran
- Perihal
- Alamat surat
- Salam pembuka
- Isi surat
- Paragraf penutup
- Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
- Nama dan tanda tangan penulis surat
- Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/ instansi/ perusahaan, lamaran pekerjaan, surat seruan izin tidak masuk, izin memakai tempat, dan sebagainya
- ada kepala surat dan nomor surat.
- Disesuaikan dengan sajian surat
- Disesuaikan dengan sajian surat
- Disesuaikan dengan sajian surat
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
2. Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, Infokus.
Bahan : Contoh surat langsung dan surat dinas.
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 243 s.d 250.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 117 s.d 124.
EmoticonEmoticon