Jumat, 22 Juni 2018

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 4.12  Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (6.3)

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.   Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.12 Memerankan isi fabel/ legenda kawasan setempat yang dibaca dan didengar
Indikator
  • merencanakan penulisan dongeng fabel
  • menulis dongeng fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
  • memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan lain yang sesuai

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan D
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fabel
  • Contoh variasi judul pada dongeng fabel
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Contoh variasi bab koda
  • Aspek-aspek yang disunting pada dongeng fable

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fabel dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menulis fabel dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yang dibuat

2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fabel
  • Contoh variasi judul pada dongeng fabel
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Contoh variasi bab koda
  • Aspek-aspek yang disunting pada dongeng fable

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fabel dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menulis fabel dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yang dibuat

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fabel
  • Contoh variasi judul pada dongeng fabel
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Contoh variasi bab koda
  • Aspek-aspek yang disunting pada dongeng fable

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fabel dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menulis fabel dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yang dibuat

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.

 DKegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab dongeng fabel yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.      Kegiatan Inti
Bagian D:  Konstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
·         Mengamati judul, kerangka, pengamtan objek, berbagi kerangka dan judul
·         Mempertanyakan langkah menciptakan dongeng fabel dengan mengamati objek
·         Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis dongeng fabel
·         Latihan menyusun dongeng fabel menurut objek yang ditentukan/ dipilih siswa
·         Mengamati pola judul dan kerangka dongeng fabel
·         Latihan menciptakan judul dan merancang kerangka teks
·         Menggali informasi
·         Mencari data dari objek yang dipilih
·         Mendata kata kunci
·         Menalar
·         Merangkai kata-kata kunci menjadi garis besar dongeng fable

Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Mengamati karya
·         Menentukan bab yang akan diperbaiki
·         Menalarkan untuk memperbaiki karya dari segi pilihan kata, kalimat, atau aspek kesastraan (kosistensi tokoh, alur, latar, sudut pandang, obrolan antar tokoh, dll)
·         Mengomunikasikan
·         Membagi kelompok
·         Merencanakan pemeranan fabel
·         Memerankan fabel secara kelompok
·         Saling menilai pemeranan dengan rubrik yang disediakan

3.      Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
·         Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik                   :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk                  :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu
Indikator Soal       :
Disajikan fabel Cici dan Serigala.
Tentukanlah tokoh, watak, dialog, dan latarnya!
  1.  Nama tokoh …. Wataknya …..
Nama tokoh ….  Wataknya …..
Nama tokoh …. Wataknya …..
  1. Latar tempat …..
Latar waktu …..
Latar suasana …..
  1. Buatlah kerangka urutan kejadian dongeng fabel!
·      Awalnya ….
·      Kemudian….
·      Tak disangka
·      Tiba-tba ….
·      Akhirnya ….
  1. Rancanglah kalimat narasi, dialog-dialog tokoh, dan musik pengiring/ suasana/ properti yang sesuai isi fabel!
·      Kalimat narator …………………………………………………
·      Dialog tokoh …………………………………………………….
·      Musik pengiring/ properti ………………………………………
2.   Penilaian Keterampilan
·         Melakukan Adu Kreatif menulis dongeng fabel dari objek sekitar dan dari gambar seri serta menyuntig dan memperbaiki dongeng yang dibuat.
·         Perankan dongeng di atas secara berkelompok!
·         Tentukan siapa yang menjadi tokoh cerita!
·         Rancang siapa menjadi narator cerita!
·         Tentukan urutan kejadian yang utuh sesuai dengan strukturnya (orientasi, komplikasi, resolusi, koda)!
·         Diskusikan cara memerankan fabel dengan baik!

3.      Pembelajaran Remedial
      Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.   Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :  Buku, Infokus.
Bahan                    :  Cerita fabel.
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 235 s.d 240.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 111 s.d 115.





= Baca Juga =




Sumber http://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon