(KODE : ILMU-KOM-0083) : SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS RADIO FM PADA MINAT PEMASANG IKLAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Keberadaan public relations dalam suatu organisasi atau perusahaan yaitu sebuah indikasi bahwa public relations mempunyai kiprah penting dalam perputaran sistem dan manajemen yang ada dalam perusahaan atau organisasi. Keberadaannya bisa menyentuh dan menerobos aspek-aspek sosial dan kepentingan publik.
Public relations pada praktiknya mempunyai keterkaitan dengan ilmu komunikasi lantaran keduanya merupakan satu kesatuan yang utuh dan mata rantai yang menunjang kegiatan public relations. Kegiatan komunikasi selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kehidupan public relations. Bagi publik relations melaksanakan fungsi dan kegiatannya, berpusat pada komunikasi. Ini berarti bahwa tidak ada acara tanpa ada komunikasi secara pribadi ataupun tidak langsung, verbal maupun non verbal dengan bentuk apapun. Begitu juga organisasi, forum itu menempatkan komunikasi sebagai salah satu unsur administrasi.
Karena public relations merupakan metode ilmu komunikasi sebagai salah satu kegiatan yang mempunyai kaitan kepentingan dengan suatu organisasi. Menurut De Fleur dan Dennis dari perspektif ilmu komunikasi yang dikutip Yosal Iriantara dalam bukunya Community Relations, Public relations yaitu sebuah proses komunikasi dimana individu atau unit-unit masyarakat berupaya untuk menjalin korelasi yang terorganisasi dengan aneka macam kelompok atau publik untuk tujuan tertentu. Sebagai proses komunikasi, public relations merupakan kegiatan yang terorganisir dan bertujuan sehingga bisa dibedakan dengan kegiatan komunikasi yang dilakukan begitu saja dan tak mempunyai tujuan yang jelas. Sedangkan sebagai kegiatan, public relations bertujuan untuk membantu publik untuk memahami organisasi dan produk organisasi tersebut.
Strategi dalam hal ini, dipakai untuk mencapai suatu tujuan yang telah diciptakan. Tujuan tidak gampang dicapai tanpa strategi, lantaran intinya segala tindakan atau perbuatan itu tidak terlepas dari strategi.
Strategi pada hakikatnya yaitu perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, seni manajemen tidak berfungsi sebagai peta jalan yang membuktikan arah saja, tetapi harus membuktikan bagaimana taktik operasionalnya.
Strategi komunikasi merupakan paduan dari perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut seni manajemen komunikasi harus sanggup membuktikan bagaimana operasionalnya secara taktis harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan bisa berbeda sewaktu-waktu, bergantung kepada situasi dan kondisi.
Strategi komunikasi harus selalu berawal dari perlunya untuk secara spesifik dan ideal mengkomunikasikan tujuan. Tujuan yang paling utama yaitu mencapai posisi khusus yang akan melampaui tujuan bagi audiens yang berbeda-beda. Posisi itu sendiri harus diperoleh melalui analisis. Strategi public relations harus mempertimbangkan cara-cara yang sanggup mengintegrasikan semua aktivitasnya, dan cara yang paling mudah serta definitif dikala ini yaitu mendasarkan program-program public relations pada analisis audiens atau stakeholder.
Saat ini media di Indonesia berkembang begitu pesat. Kebutuhan masyarakat akan informasi juga turut meningkat. Kemajuan teknologi juga turut mempengaruhi perkembangan media massa dikala ini, bentuk penyajian informasi yang beragam, mulai dari berupa tulisan, gambar, audio, visual dan audio visual hadir dalam kemasan yang menarik.
Radio yaitu salah satu media masa elektronik yang bisa merealisasikan tujuan serta efisien dan murah. Radio merupakan media auditif (hanya bisa didengar), tetapi murah, merakyat dan bisa dibawa atau didengarkan dimana-mana. Radio berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan dan hiburan. Radio mempunyai kekuatan terbesar sebagai media imajinasi, lantaran sebagai media yang buta, radio menstimulasi begitu banyak suara, dan berupaya memvisualisasikan bunyi penyiar ataupun informasi faktual melalui pendengaran pendengarnya.
Dalam dunia radio juga tidak lepas dari peranan public relations yang merupakan unsur penting dalam struktur perusahaan khususnya perusahaan radio swasta menyerupai Radio X FM. Secara komersil, atau sektor swasta dari setiap perekonomian, bidang public relations bertugas untuk menarik minat pemasang iklan.
Tidak gampang bagi public relations sebuah stasiun radio dalam menarik minat pemasang iklan, mengingat dikala ini banyak sekali media massa-media massa yang lebih canggih dan lebih efisien dari radio. Televisi contohnya, media massa ini lebih banyak diminati oleh khalayak lantaran merupakan media massa audio visual.
Dalam hal ini kenapa peneliti mengambil Radio X FM sebagai objek penelitian lantaran Radio X FM merupakan radio yang gres bangun sekitar tiga tahun tetapi bisa memperoleh penghargaan bergengsi dari sebuah majalah musik, yang dinobatkan sebagai The Phenomenal Station oleh editor Rolling Stone lantaran dianggap sebagai radio yang berhasil membawa musik Indonesia terbaik kepada masyarakat Jakarta.
Dengan kekurangan dan kelebihan suatu stasiun radio, public relations dituntut untuk bisa meyakinkan pemasang iklan supaya mau bergabung dengan Radio X FM.
Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian seni manajemen komunikasi yang dipakai Radio X FM yang menyebabkan banyaknya pemasang iklan yang berniat pada radio tersebut dan penelitian ini diberi judul "STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS RADIO X FM TERHADAP MINAT PEMASANG IKLAN".
B. Pembatasan dan Perumusan Masalah
1. Pembatasan Masalah
Seperti diketahui bersama perihal kekurangan dan kelebihan radio, Banyak hal menyebabkan ketertarikan orang untuk memasang iklan di Radio X FM. Agar pembahasan ini terfokus pada satu permasalahan maka peneliti membatasi penelitian ini pada seni manajemen komunikasi yang dipakai oleh public relations Radio X FM yang meliputi kiprah promosi dari sales sebagai bab dari public relations dalam menarik minat pemasang iklan.
2. Perumusan Masalah
Dari uraian di atas perihal kelebihan dan kekurangan radio, maka dengan ini peneliti perumusan masalahnya sebagai berikut :
a. Apa seni manajemen komunikasi yang dipakai public relations Radio X FM dalam menarik minat pemasang iklan ?
b. Apakah seni manajemen komunikasi yang dipakai public relations Radio X FM sudah efektif ?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Berdasarkan perumusan duduk kasus tersebut, maka ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yaitu :
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui seni manajemen komunikasi yang dipakai public relations dalam menarik minat pemasang iklan.
b. Untuk mengetahui apakah seni manajemen yang dipakai public relation Radio X FM dalam menarik minat pemasang iklan sudah efektif.
2. Manfaat Penelitian
a. Penelitian ini diperlukan sanggup membuatkan kajian Ilmu Pengetahuan Komunikasi dalam bidang teori yang membahas public relation.
b. Bagi Jurusan/Fakultas Komunikasi diperlukan sanggup membantu pengayaan kurikulum perihal public relations yang dikembangkan dalam organisasi ataupun perusahaan.
c. Penelitian ini diperlukan sanggup menjadi informasi awal bagi penelitian serupa di masa mendatang. Selain itu juga sanggup memberi masukan bagi akademis dan para public relations perihal bagaimana seni manajemen public relations terhadap minat pemasang iklan di industri radio.
D. Sistematika Penulisan
Sistematika dalam penulisan ini akan diuraikan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN meliputi : Menjelaskan perihal latar belakang masalah, pembatasan dan perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, tinjauan pustaka dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI memuat pengertian perihal public relations dan ruang lingkupnya, seni manajemen komunikasi public relations, pengertian radio dan pengertian periklanan.
BAB III GAMBARAN UMUM membahas sekilas perihal citra umum Radio X FM dan citra umum public relations Radio X FM
BAB IV ANALISIS HASIL TEMUAN PENELITIAN
Bab analisis dan pembahasan ini berisi, seni manajemen komunikasi public relations serta efektif tidaknya seni manajemen yang dipakai public relation Radio X FM dalam menarik minat pemasang iklan.
BAB V PENUTUP meliputi akibat dan saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
EmoticonEmoticon