Kamis, 12 Juli 2018

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.6 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 4.6 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (3.3)

Nama Sekolah    : SMPN 1 Karangtanjung
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.6   Menyajikan data rangkaian acara ke dalam bentuk teks mekanisme (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dll) dengan memperhatikan truktur, unsur kebahasaan, dan isi secara mulut dan tulis.
Indikator
  • merencanakan penulisan teks prosedur.
  • menulis teks mekanisme dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
  • memeragakan secara mulut cara melakukan/ menciptakan dengan memerhatikan.

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, materi dan alat, langkah pada teks prosedur.
Keterampilan
  • Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yang diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, materi dan alat, langkah pada teks prosedur.

Keterampilan
  • Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yang diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
·         Contoh variasi judul pada teks prosedur.
·         Contoh variasi tujuan, materi dan alat, langkah pada teks prosedur.

Keterampilan
·         Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yang diamati.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks mekanisme yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
  • Mengamati langkah penulisan.
  • Mempertanyakan langkah dan hal yang sanggup ditulis dalam teks prosedur.
  • Memilih hal yang akan dibuat/ dijelaskan cara menggunakannya.
  • Menggali informasi.
  • Membaca/ berwawancara perihal hal yang akan ditulis.

Pertemuan Kedua (2 JP)
  • Mendata kata kunci ( kata benda- kata kerja-kriteria/ batasan melakukan, saran semoga hasil maksimal).
  • Menalar.
  • Mengatur, membuatkan kata kunci yang diperoleh dari hasil wawancara/ membaca menjadi teks mekanisme yang tepat.
  • Mengamati draft yang telah ditulis.
  • Menanya
  • Mempertanyakan bagian-bagian yang perlu diperbaiki dengan panduan rubrik yang disediakan pada buku siswa/ buku guru.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
  • Menggali informasi.
  • Membaca dan menandai bab yang kurang tepat.
  • Menggali informasi.
  • Membaca cara memperbaiki dari segi struktur dan bahasanya
  • Menalar
  • Menentukan perbaikan.
  • Menyunting draft.
  • Menanya
  • Memeragakan hasil yang ditulis secara mulut menyerupai seorang cheef atau pemandu tari yang sedang memandu program masak memasak, menciptakan sesuatu, atau memakai suatu alat.

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku banyak sekali resep tradisional, cara menciptakan cindera mata kawasan (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa sanggup mencatkan jam membaca secara jujur.
  • Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan struktur teks prosedur!
  2. Variasi judul pada teks mekanisme sanggup berupa ….
  3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu mekanisme sanggup berupa ….
  4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar berupa tahapan yang ….
  5. Amati acara warga di sekitarmu yang sedang menciptakan masakan tradisional, melaksanakan tarian tradisional!
a)  Wawancarailah tokoh masyarakat untuk mendapatkan data cara menciptakan masakan tradisional atau, cara melaksanakan tarian tradisional, cara melaksanakan permianan tradisional!
b)  Daftarlah acara apa saja yang harus dilakukan, materi dan alat apa yang harus disiapkan, acara apa yang sebaiknya dilakukan!
c)  Atur hasil wawancara dan pengamatan!

Kunci jawaban
  1. Struktur teks prosedur: (1) Judul, (2) Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan, (3) Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur, (4). Langkah/tahapan dengan urutan yang benar.
  2. Judul sanggup berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/dilakukan dan sanggup berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu.
  3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu mekanisme sanggup berupa daftar/rincian dan sanggup berupa paragraf.
  4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran, berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan: pertama, kedua, ketiga, dst. Dan berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan waktu: sekarang, kemudian, sehabis itu, dst.


2.  Penilaian Keterampilan
  1. Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yang diamati.
  2. Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
  3. Menyajikan Teks Prosedur secara Lisan.
Majulah secara berkelompok untuk secara berantai menyajikan teks mekanisme menyerupai seorang pemandu memasak atau pemandu senam yang sedang memeragakan cara menciptakan sesuatu atau cara memakai suatu alat!

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :  Buku, video.
Bahan                    :  Contoh teks prosedur
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 115 s.d 120.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 70 s.d 74.





= Baca Juga =




Sumber http://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon