CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.7 REVISI 2017 (SEMESTER 1) |
Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 4.7 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.7
Nama Sekolah : SMPN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
Indikator
4.7.1 Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi.
4.7.2 Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari.
4.73. Menjawab pertanyaan wacana isi teks laporan hasil observasi.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa bisa memilih gagasan pokok teks laporan hasil observasi
2. siswa bisa memberik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran Reguler
Keterampilan
· Menentukan gagasan pokok.
· Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
· Pengertian teks laporan hasil observasi.
· Jenis teks laporan hasil observasi.
· Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi.
· Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi.
· Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang dipakai pada teks laporan hasil observasi.
· Contoh istilah dalam bidang lingkungan, tanaman fauna.
· Cara memilih gagasan pokok.
Keterampilan
· Menentukan gagasan pokok.
· Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Pengertian teks laporan hasil observasi.
· Jenis teks laporan hasil observasi.
· Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi.
· Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi.
· Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang dipakai pada teks laporan hasil observasi.
· Contoh istilah dalam bidang lingkungan, tanaman fauna.
· Cara memilih gagasan pokok.
Keterampilan
· Menentukan gagasan pokok.
· Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).
Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kolaborasi , proaktif, dan kreatif.
D. Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen akseptor didik.
- Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada kepingan awal ini siswa disadarkan adanya teks laporan hasil observasi dalam komunikasi nyata (pada majalah/ jurnal ilmiah, buku pengetahuan populer, dan buku-buku pengetahuan yang lain. Untuk membangun konteks perlu disadarkan kebesaran Tuhan yang Maha Berilmu. Ilmu Tuhan terpapar pada seluruh aspek kehidupan. Hal ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari perlunya terus mensyukuri dan berusaha mencari tahu ilmu Tuhan yang ditebarkan pada seluruh bumi, langit, dan lautan. Pembelajaran sanggup dibuka dengan puisi yang berisi kesadaran insan wacana adanya ilmu Tuhan yang luas tak terbatas.
- Bertanya jawab wacana kata kunci pada puisi yang ada hubungannya dengan teks laporan hasil observasi.Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
2. Kegiatan Inti
Bagian A: Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (6 JP)
· Membaca pola LHO/ melihat video dokumenter wacana meteor, hutan bakau, tanaman fauna dari segi ilmu.
· Bertanya jawab wacana isi teks pertanyaan (apa yang dilaporan hasil observasikan, informasi apa saja yang ada pada kepingan teks).
· Berdiskusi ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
· Menyimpulkan ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
· Menyimpulkan tujuan komunikasi teks LHO.
Pertemuan Kedua (4 JP)
· Membaca judul
· Menanya
Bertanya dan menebak isi apa saja yang ada.
Bertanya cara memahami teks LHO.
· Menggali informasi
Membaca secara detail teks LHO pada kepingan B pada buku siswa
Membaca langkah memilih ilham pokok pada kepingan B buku siswa
· Menalar
Membuat pohon isi dari isi teks
Memilah kalimat utaman dan kalimat penjelas
Mendiskusikan ciri dan cara menemukan gagasan pokok
3. Penutup
· Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
· Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
· Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
· Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan terkenal untuk meningkatkan diri, menyayangi lingkungan atau menambah wawasan wacana ilumu. Misalnya membaca wacana meteor, wacana penyakit hati, wacana usus mausia, wacana fauna dan tanaman Indonesia.
· Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Teks yang berfungsi untuk memperlihatkan informasi wacana suatu objek atau situasi, sesudah diadakannya investigasi/ penelitian secara sistematis disebut ….
- Mengapa dikatakan laporan hasil observasi?
- Apa yang dibahas pada teks tersebut?
- Apa saja bagian-bagian yang diperinci?Tuliskan ilham pokok paragraf yang diberi nomor ( satu paragraf satu)
- Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas!
- Tentukan gagasan pokok tiap paragraf ?
- Tulislah informasi penting yang terdapat pada paragraf teks di atas!
- Sebutkan cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi!
Kunci jawaban
- Teks laporan hasil observasi
- Sebab (a) isi yang dibahas ialah ilmu wacana suatu objek/ konsep, (b) objek yang dibahas bersifat umum sehingga menjelaskan ciri umum semua yang termasuk kategori/ kelompok itu (judul bersifat umum: Pantai, Museum, Demokrasi), (c) bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu, (d) objek atau hal dibahas secara sistematis, dirinci bagian-bagiannya, dan objektif, (d) memerinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek).
- Disesuaikan dengan teks.
- Disesuaikan dengan teks.
- Disesuaikan dengan teks.
- Disesuaikan dengan teks.
- Disesuaikan dengan teks.
- Cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi: (1) Mendaftar kata-kata kunci pada teks, (2) Memetakan bagian-bagian pada teks hasil observasi, (3) Memetakan paragraf (memilah kalimat yang utama dan kalimat penjelas), (4) Menentukan kalimat utama (kalimat yang dijelaskan kalimat lain), (5) Merumuskan inti kalimat utama.
2. Penilaian Keterampilan
- Menentukan gagasan pokok
- Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, video.
Bahan : Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 121 s.d 138.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 75 s.d 81.
EmoticonEmoticon