Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian Sistem Warta Pemasaran “Jenis Dan Manfaat”

 Sistem Informasi Pemasaran merupakan rangkaian dari sub  Pengertian Sistem Informasi Pemasaran “Jenis dan Manfaat”

AkuntansiLengkap.com – Sistem Informasi Pemasaran merupakan rangkaian dari sub – sub yang saling bekerjasama dan berfungsi untuk mengolah data mengenai seluruh kegiatan pemasaran.

Data tersebut akan dimanfaatkan administrasi perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya dan perusahaan sendiri.

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran Menurut Ahli


Berikut ini akan dibahas dulu seputar konsep Sistem Informasi Pemasaran berdasarkan para ahli.

# Sistem

Menurut para hebat berikut klarifikasi mengenai sistem:

W Gerald Cole : Sistem yakni kerangka dari kumpulan mekanisme yang saling bekerjasama yang disusun sesuai dengan bagan yang menyeluruh guna melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari suatu perusahaan.

Bertalanffy : Sistem adalah sekumpulan komponen yang berinteraksi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Raymond Mc Leod : Sistem adalah himpunan dari beberapa unsur yang saling berkaitan dan membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu.

Baca juga:

  1. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel
  2. 10 Strategi Pemasaran Produk
  3. Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas

# Informasi

Menurut para hebat berikut klarifikasi mengenai informasi:

George H Bodnar : Informasi adalah kumpulan data yang diolah untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

Raymond Mc Leod : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk dan mempunyai arti bagi akseptor dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan ketika ini maupun mendatang.

# Sistem Informasi

Menurut para hebat berikut klarifikasi mengenai sistem informasi:

Gordon B Davis : Sistem informasi adalah suatu sistem yang mendapatkan input data (masukan) dan isyarat mengolah data tersebut sesuai  isyarat dan sanggup mengeluarkan hasilnya.

Erwan Arbie : Sistem informasi yakni sistem dalam suatu organisasi yang melaksanakan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manajerial dari suatu organisasi dan mempermudah penyajian laporan yang diperlukan.

Robert A Leitch dan Roscoe Davis : Sistem informasi adalah sistem organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manajerial dan menyediakan pihak luar perusahaan dengan laporan yang dibutuhkan.

#Pemasaran

Menurut para hebat berikut klarifikasi mengenai pemasaran:

Philip Kotler : Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial ketika seseorang atau kelompok memperoleh ada yang dibutuhkan dan diinginkan melalui produksi (penciptaan) atau dengan pertukaran produk dan nilai.

William J Staton : Pemasaran adalah suatu keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mendistribusikan dan mempromosikan barang  dan jasa yang memuaskan kebutuhan pembeli yang ada dan pembeli potensial.

Baca juga:

  1. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  2. Pengertian dan 5 Konsep Strategi Pemasaran
  3. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran


Kotler : Sistem informasi pemasaran adalah struktur yang berlanjut dan saling berkait dari orang, peralatan serta mekanisme yang ditetapkan untuk menganalisa, menyaring dan membagikan informasi yang spesifik, sempurna waktu dan cermat guna pengambilan keputusan bidang pemasaran dengan tujuan penyempurnaan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemasaran.

Kenneth P Uhl : Sistem informasi pemasaran adalah suatu struktur interaksi secara kompleks antara orang, mesin dan mekanisme guna menghasilkan alur informasi yang teratur sempurna dari sumber diluar perusahaan dan sanggup dipakai untuk pengambilan keputusan yang sanggup dipertanggungjawabkan bagi pimpinan.

Kesimpulan

Dari pengertian diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa:

Sistem informasi pemasaran yakni sistem berupa alat (computer dll) yang sanggup bekerjasama dengan sistem informasi fungsional untuk mendukung administrasi perusahaan dalam menuntaskan duduk kasus yang bekerjasama dengan bidang pemasaran produk perusahaan. 

Jenis Informasi Pemasaran


Prof Philip Kotler tahun 1996 dari Nortwedtern University memakai istilah sentra saraf pemasaran (marketing nerve center) guna menggambarkan unit-unit gres dalam pemasaran yang mengumpulkan dan mengolah data informasi dan unit pemasaran.

Menurut Kotler jenis informasi pemasaran dibagi tiga yaitu :

1. Pemasaran (Marketing Intelegence)

Informasi ini hanya mengalir dari lingkungan sekitar ke perusahaan.

2. Informasi Pemasaran Intern (Internal Marketing Information)

Informasi ini dikumpulkan dari dalam perusahaan sendiri.

3. Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)

Informasi ini mengalir yang berasal dari perusahaan ke lingkungan sekitar.

Manfaat Sistem Informasi Pemasaran


1. Mengetahui kebutuhan pelanggan

Dengan melihat data – data pemasaran, perusahaan akan gampang mengetahui barang dan jasa yang diinginkan dan disukai pelanggan.

2. Mengetahui perencanaan yang efektif

Sistem ini akan menghasilkan sejumlah informasi yang sanggup dipakai dalam menciptakan perencanaan  yang  efektif dan efisien.

3. Mengetahui Ancaman Perusahaan

Sistem informasi ini akan menghasilkan identifikasi dan menemukan duduk kasus terkait para pesaing perusahaan. dengan begitu perusahaan sanggup memilih keunggulan yang lebih bervariasi menyerupai kualitas baik dan harga yang lebih murah.

Baca Juga : 

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com


EmoticonEmoticon