Pengertian Struktur Organisasi – Sebelum Ayoksinau.com menjelaskan wacana pengertian struktur organisasi, akan lebih baik lagi jikalau kita mengetahui pengertian organisasi. Organisasi merupakan sekumpulan orang (dua orang ataupun lebih) yang dipersatukan dalam suatu wadah kerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian struktur organisasi, mari kita telaah tolong-menolong yuk.
Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan susunan unit-unit kerja atau komponen-komponen kerja di dalam suatu organisasi. Struktur organisasi membuktikan adanya pembagian kerja dan fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang dikoordinasikan. Selain itu, struktur organisasi juga sanggup mengatakan wacana saluran perintah, spesialisasi dari suatu pekerjaan, maupun dalam penyampaian laporan.
Struktur organisasi juga sanggup diartikan sebagai suatu susunan atau kekerabatan antara komponen-komponen bab dan posisi dalam organisasi, yang mana komponen-komponen yang terdapat di dalam organisasi mempunyai saling ketergantungan. Sehingga apabila terdapat komponen yang baik maka akan bisa mempengaruhi komponen lainnya dan pastinya akan kuat juga pada organisasi tersebut.
Secara umum, struktur organisasi diartikan sebagai susunan dan kekerabatan antar setiap bab yang ada pada sebuah organisasi ataupun perusahaan dalam menjalankan acara operasional perusahaan semoga sanggup tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi. Dengan struktur organisasi maka akan sanggup menggambarkan secara terperinci acara dari setiap pekerjaan antara acara yang satu dengan acara yang lainnya. Struktur organisasi yang baik, harus bisa menjelaskan kekerabatan antara wewenang siapa yang harus melapor atau harus bertanggung jawab kepada siapa, sehingga terdapat suatu pertanggungjawaban terhadap apa yang akan dikerjakan.
Fungsi Struktur Organisasi
Adapun fungsi dari struktur organisasi dalam sebuah lembaga, organisasi ataupun perusahaan, berikut ini ialah klarifikasi dari masing-masing fungsi struktur organisasi.
- Kejelasan Tanggung Jawab
Adapun kejelasan tanggung jawab yang dimaksut ialah akan menjalankan bisnis tentu ada beberapa anggota didalamnya, di setiap anggota akan di berikan kiprah dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Misalnya di bab seci komsumsi menangani komsumsi dari masakan sampai minuman, sehingga dengan adanya struktur orgasisi berfungsi sebagai kejelasan tanggung jawab.
- Kejelasan Kedudukan
Adanya kedudukan dalam organisai, dari mulai low, midle dan top. Biasanya kedudukan bisa mempengaruhi struktur organisasi. Didalam denah organisasi nanti akan di letakkan menurut kedudukan.
- Kejelasan mengenai jalur hubungan
Kejelsan mengenai kekerabatan maksudnya kekerabatan antar devisi-devisi yang nantinya akan berafiliasi untuk tujuan atau goal yang sudah di tentukan.
- Kejelasan uraian tugas
Setulnya kejelsan kiprah hampir sama dengan kejelasan tanggung jawab. Dengan adanya struktur organisasi sanggup di ketahui kiprah dari masing-masing devisi.
Jenis-Jenis Organisasi
Ada beberapa jenis dari struktur organisasi:
- Formal Stucture merupakan struktur dalam bentuk gambar biasanya secara formal dan di perusahaan atau organisasi yang besar.
Keunggulanya adalah:
- Saluran komunikasi
- Pengawas hubungan
- Pembagian kerja
Kelemahanya ialah semua harus diatur sesuai dengan struktur, dan biasanya jikalau diorganisasi yang berkembang semakin besar maka akan banyak hambatan birokrasi didalamnya.
- Informal Structure meruakan kekerabatan yang bersifat bayangan, bisa di sebut tidak resmi, terdapat kekerabatan kerja antar anggota organisasi yang sanggup dilakukan secara pribadi tanpa keadaan
Keuntunganya:
- Membantu orang menuntaskan pekerjaan mereka
- Mendapatkan kanal ke jaringan interpersonal
- Mengatasi batas-batas struktur formal
- Dapat pelajaran informal
Kerugiannya ialah akan terjadi over-laping yaitu jikalau salah satu dari anggota organisasi tersebut tidak bisa menempatkan kiprah dan tanggung jawabnya dengan semestinya seperti:
- Kerentanan terhadap rumor/issue
- Merasa tersaingi jikalau ada orang luar yang masuk dalam organisasi tersebut.
- Akan ada banyak pengalihan upaya kerja dari tujuan yang penting
- Informasi yang kurang akurat
- Susah jikalau nantinya diajak untuk berubah
- Functional Structure merupakan komunitas yang mempunyai hobi atau tujuan yang sama, biasnya tidak mementingkan organisasi, hanya ada ketua wakil dan bendahara serta sekertaris
keunggulan:
- Berkualitas tinggi pemecahan dilema teknis
- Mendalam training dan pengembangan keterampilan
- Tugas sesuai dengan keahlian
Kelemahannya:
- Menumbuhkan perspektif fungsional yang Terlalu banyak referensi untuk menciptakan keputusan
- Tempatnya cerobong asap masalah, dan tidak pribadi ke akar permasalahan
- Kurang memperhatikan aspek strategis jangka panjang
- Kurang rasa kebersamaan dalam meraih tujuan bersama
Nah itu Pengertian Struktur Organisasi, Fungsi Dan Jenis-Jenis Struktur Organisasi| Ayoksinau.com. Kunjungi juga Ayoksinau.com di sana aneka macam artikel-artikel yang tentunya menerik.
Baca Juga
Sumber https://www.ayoksinau.comPengertian Pajak, Jenis-Jenis Pajak, Ciri-Ciri Pajak, Dan Fungsi Pajak | Ayoksinau.Com
Pengertian Konsumsi & Tujuannya Dalam Kegiatan Ekonomi (Lengkap)
Pengertian Distribusi, Fungsi, Jenis, Tujuan & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com
EmoticonEmoticon