Sabtu, 20 Oktober 2018

Peta Bahan Matematika Smp Kurikulum 2013

Peta Materi - Matematika - Kelas VII - Semester I

    1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan problem
      1.1 Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan
      1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan dalam pemecahan masalah
    2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
      2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
      2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
      2.4 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
      2.5 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
    3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan problem
      3.1 Membuat model matematika dari problem yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
      3.2 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
    variabel
      3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan problem aritmetika sosial yang sederhana
      3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

Peta Materi - Matematika - Kelas VII - Semester II

    4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan problem
      4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
      4.2 Memahami konsep himpunan bab
      4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan embel-embel pada himpunan
      4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
      4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
    5. Memahami korelasi garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta memilih ukurannya
      5.1 Menentukan korelasi antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
      5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jikalau dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
      5.3 Melukis sudut
      5.4 Membagi sudut
    6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta memilih ukurannya
      6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga menurut sisi dan sudutnya
      6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
      6.3 Menghitung keliling dan luas berdiri segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan problem
      6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Peta Materi - Matematika - Kelas VIII - Semester I

    1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
        1.1 Melakukan operasi aljabar
        1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
        1.3 Memahami kekerabatan dan fungsi
        1.4 Menentukan nilai fungsi
        1.5 Membuat skema grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
        1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
      2. Memahami sistem persa-maan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan problem
        2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
        2.2 Membuat model matematika dari problem yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
        2.3 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
      3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan problem
        3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk memilih panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
        3.2 Memecahkan problem pada berdiri datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

Peta Materi - Matematika - Kelas VIII - Semester II

    4. Menentukan unsur, bab lingkaran serta ukurannya
    4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
    4.3 Menggunakan korelasi sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan problem
    4.4 Menghitung panjang garis singgung komplotan dua lingkaran
    4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
    5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta memilih ukurannya
    5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
    5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
    5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas

Peta Materi - Matematika - Kelas IX - Semester I

    1. Memahami kesebangunan berdiri datar dan penggunaannya dalam pemecahan problem
      1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
      1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
      1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
    2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta memilih ukurannya
      2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
      2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
      2.3 Memecahkan problem yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
    3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
      3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
      3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
    4. Memahami peluang bencana sederhana
      4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
      4.2 Menentukan peluang suatu bencana sederhana

Peta Materi - Matematika - Kelas IX - Semester II

    5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan problem sederhana
      5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
      5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat lingkaran dan bentuk akar
      5.3 Memecahkan problem sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
    6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan problem
      6.1 Menentukan teladan barisan bilangan sederhana
      6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri
      6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
      6.4 Memecahkan problem yang berkaitan dengan barisan dan deret
[http://belajar.kemdiknas.go.id/]

Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
 maaf pemerintah tidak menghiraukan pendapat Anda alasannya ialah kurikulum  Peta Materi Matematika Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013


Sumber http://www.defantri.com


EmoticonEmoticon