Rabu, 09 Januari 2019

Cara Mengatasi Cpu Usage 100% Di Windows Pada Laptop

CPU atau abreviasi dari Central Processing Unit merupakan kompenen penting dari sebuah perangkat komputer. Fungsi dari CPU yakni memproses semua data-data yang masuk yang selanjutnya akan di proses kembali untuk dijalankan di perangkat komputer atau laptop. Karena fungsi nya yang sangat penting CPU disebut sebagai otak komputer, tanpa adanya CPU maka komputer tidak akan bisa dijalankan.


CPU atau abreviasi dari Central Processing Unit merupakan kompenen penting dari sebuah per Cara Mengatasi CPU Usage 100% di Windows pada Laptop


Fungsi nya yang sebagai otak komputer, CPU juga mempunyai batasan nya. Peforma CPU akan berjalan lambat apabila kita membuka beberapa aplikasi di dalam perangkat komputer sekaligus di dalam satu waktu (multitasking) yang berakibat CPU tidak bisa lagi menjalankan kegiatan program tersebut dan menciptakan CPU tidak berjalan dengan semestinya atau hang.


Penyebab CPU Usage mencapai 100% di Windows


CPU usage yang mencapai 100% yakni dikarenakan banyaknya usul sistem default dan sistem pelengkap yang akan dijalankan secara bersamaan yang menciptakan CPU berkerja sangat lambat. Presentase CPU normalnya berjalan 5% hingga 30% tanpa adanya kegiatan pelengkap yang berjalan, tetapi bila sudah 95% bahkan hingga 100% tanpa adanya kegiatan yang berjalan di komputer harus ditindak lanjuti.


Jika anda gres saja menyalakan komputer anda kemudian melihat kinerja CPU dan sistem default atau kegiatan bawaan windows memakan cukup banyak CPU dan menciptakan CPU melambung tinggi hingga 100% anda harus melaksanakan cara mengatasi CPU usage 100% dibawah ini.


Cara Mengatasi CPU Usage 100% di Windows dengan Mudah


Kebanyakan dari dilema cpu usage 100 ketika bermain game dan menjalankan kegiatan berat lainnya. Tapi ada juga perkara yang mengalami CPU usage yang tinggi hingga 100% padahal di komputer mereka menjalankan kegiatan yang tidak banyak dan tidak ada kegiatan berat. Dan alasannya itu disini kita akan bahas bagaimana  cara mengatasi CPU usage yang tinggi hingga dengan 100% sehingga menciptakan komputer melambat dan tidak merespon.


1. Hapus Antivirus Yang Tidak Berguna


Apabila di komputer kita terdapat banyak antivirus, hapus saja antivirus tersebut. Karena satu antivirus saja sudah cukup untuk menjaga komputer dari serangan virus komputer.


Antivirus pada dasar nya berjalan di latar belakang komputer dimulai ketika komputer menyala. Makara bisa dibayangkan jika  terdapat banyak antivirus di sebuah komputer, hal tersebut malah berakibat cpu berkerja secara berlebihan dan menciptakan kinerja cpu menurun.


2. Scan dengan Antivirus


Setelah diatas dijelaskan bahwa terlalu banyak antivirus itu menciptakan cpu 100%, di nomor dua kita akan fungsikan antivirus nya. Virus juga salah satu penyebab cpu komputer melambung tinggi hingga 100% alasannya hampir semua virus terdapat pada komputer berkerja untuk memakan kinerja dari cpu.


Lakukan scan pada komputer secara rutin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada komputer. Namun, jangan sembarangan menentukan software antivirus untuk komputer. Anda bisa menginstall antivirus seperti AVG Antivirus, Avast! Free Antivirus, dan Bitdefender Free Antivirus. Karena dari ketiga antivirus tersebut sudah ada fitur autoscan, jadi cukup gampang dan mudah untuk digunakan.


3. Matikan Komputer


Seperti halnya manusia, komputer juga butuh istirahat maka matikan komputer untuk beberapa saat. Karena komputer bila dipakai dalam waktu yang sangat usang dan tidak shutdown atau dimatikan maka menciptakan kinerja cpu tidak normal.


4. Program Utility


Gunakan kegiatan utility yakni salah satu metode yang paling mudah. Cara kerja nya yang ibarat antivirus namun mengarah hanya untuk mengecek kinerja CPU.


Silahkan memakai kegiatan Professional High Cpu Usage Fixer Utility, di kegiatan tersebut kalian bisa mengetahui apa saja penyebab CPU 100%.


Sekian beberapa cara singkat yang bisa caradasar.com berikan yang membahas cara mengatasi cpu usage 100% pada laptop dan komputer. Semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk mencari solusi bagaimana cara mengatasi cpu usage yang 100% semoga kembali normal.




Sumber https://caradasar.com


EmoticonEmoticon