1. |
Pada gambar diatas pengukuran dengan jangka sorong yang menandakan hasil pengukuran yaitu ? A. | 73, 40 mm | B. | 73, 45 mm | C. | 73, 50 mm | D. | 73, 55 mm | E. | 73, 60 mm |
|
|
|
2. | Alat yang dipakai dalam mengukur tegangan tali kipas adalah
A. | Tension belt tester | B. | Sighmat/jangka sorong | C. | Mikrometer | D. | Hidro meter | E. | Termometer |
|
|
|
3. | Pada waktu melaksanakan investigasi kebocoran sistem pendingin memakai radiator tester(cooling tester), pada water pump menjadi berair , hal ini berarti salah satu penyebabnya adalah… A. | Seal water pump rusak | B. | Sirip-sirip pendingin tersumbat | C. | Pressure Valve tutup radiator bocor | D. | Katup Thermostat tidak mau menutup | E. | Bearing water pump macet |
|
|
|
4. |
Gambar. 4 Hasil pengukuran radiator cap
Perhatikan gambar diatas ! Hasil pengukuran tutup radiator memakai radiator cap tester menyerupai pada gambar 4, hal ini berarti …
A. | Vacum valve macet tidak sanggup terbuka | B. | Pressure valve spring terlalu kuat | C. | Pegas Vacum valve patah | D. | Pressure Valve bocor | E. | Pressure valve normal |
|
|
|
5. |
Perhatikan gambar diatas ! Nama-nama komponen karburator no.1,3, 5, dan 7 pada gambar diatas adalah… A. | Main jet, Economizer jet, nozzle dan throtle valve | B. | Nedle valve, Pelampung, Throtle valve dan idle mixture adjusting screw(IMAS) | C. | Nedle valve, Pelampung, Choke valve dan idle mixture adjusting screw(IMAS) | D. | Nedle valve, Pelampung, Throtle valve dan idle Speed adjusting screw(ISAS) | E. | Main jet, slow jet, idle port dan air bleeder no 2 |
|
|
|
6. |
Perhatikan gambar diatas ! Sistem kerja karburator pada gambar denah karburator gb.6.a dan gb.6.b yakni … A. | Gb.6.a Power system dan Gb.6.b Acceleration system | B. | Gb.6.a.Acceleration system dan Gb.6.b. Power system | C. | Gb.6.a Idle Speed system dan Gb.6.b Choke System | D. | Gb.6.a Choke System dan Gb.6.b. Stasioner system | E. | Gb.6.a. Low speed system dan Gb.6.b. Stasioner system |
|
|
|
7. |
Perhatikan gambar diatas Hasil pemeriksaan injector menyerupai gambar 7.E, salah satu penyebabnya adalah…. A. | Tekanan pembukaan nozzle nedle terlalu tinggi | B. | Tekanan pembukaan nozzle nedle terlalu rendah | C. | Pressure spring terlalu kuat | D. | Oil passage tersumbat | E. | Nozzle nedle bocor |
|
|
|
8. |
Perhatikan gambar diatas ! Urutan proses kerja elemen pompa injeksi inline yang benar yakni sebagai berikut… A. | 1- 2-3-4 | B. | 1-3-2-4 | C. | 2-3-4-1 | D. | 2-4-3-1 | E. | 4-2-3-1 |
|
|
|
9. | Pada waktu melaksanakan engine tune mesin bensin yang memakai karburator dan pengapian konvensional, pekerjaan yang dilakukan pada waktu mesin hambar adalah… A. | Pemeriksaan celah katup, tekanan kompresi | B. | Pemeriksaan Ignation timing, tekanan kompresi | C. | Pemeriksaan celah platina, sirkulsi air pendingin | D. | Pemeriksaan sirkulasi air pendingin, Dwell angle | E. | Pemeriksaan tutup radiator, investigasi filter |
|
|
|
10. | Pada waktu menyetel katup mesin 4 tak , 4 silinder , F.O. 1-3-4-2 tentukan langkah penyetelan katup yang benar. Setelah posisi silinder 1 di top 1 A. | Cari pushrod atau rocker arm yang tertekan, longgarkan mur pengunci dan lakukan penyetelan dengan obeng – atau + dan mengukur celah dengan feller gauge | B. | Cari pushrod atau rocker arm yang bebas, longgarkan mur pengunci dan lakukan penyetelan dengan obeng – atau + dan mengukur celah dengan feller gauge | C. | Cari pushrod atau rocker arm yang tertekan, longgarkan mur pengunci dan lakukan penyetelan dengan obeng – atau + dan mengukur celah dengan sighmat | D. | Cari pushrod atau rocker arm yang tertekan, longgarkan mur pengunci dan lakukan penyetelan dengan kunci pas dan mengukur celah dengan feller gauge | E. | Cari pushrod atau rocker arm yang bebas, longgarkan mur pengunci dan lakukan penyetelan dengan kunci ring dan mengukur celah dengan feller gauge |
|
|
|
11. |
Gb.11. Konstruksi mesin
Perhatikan gambar diatas ! Nama komponen-komponen mesin/engine pada Gb.11 yang ditunjukan pada,No 3,4,6,9 adalah… A. | Cam shaft, valve, crank shaft pulley dan timing chain | B. | Crank shaft, valve, cam shaft pulley dan timing chain | C. | Crank shaft, valve, cam shaft pulley dan timing belt | D. | Piston,Valve, cam shaft pulley dan Strainer(Oil filter) | E. | Oil pan, piston, cam shaft dan timing belt |
|
|
|
12. | Sebuah kendaraan memakai kopling hidrolis, Pada waktu pedal kopling diinjak/ditekan dan mesin kondisi hidup , transmisi dipindahkan keposisi gigi kecepatan mengalami kesulitan. Apabila pedal kopling diinjak beberapa kali ternyata perpindahan gigi kecepatan menjadi mudah. Hal ini disebabkan oleh… A. | Kampas kopling di dalam pesawat kopling aus | B. | Release bearing sudang mengalami rusak | C. | Pressure plate sudah mengalami aus | D. | Terdapat udara didalam sistem hidrolis kopling | E. | Realese fork sudah mengalami rusak |
|
|
|
13. |
Gambar 13
Pada gb.13 merupakan salah satu pemeriksaan/pengukuran komponen kopling, investigasi yang sedang dilakukan adalah… A. | Ukuran panjang pressure plate | B. | Keolengan / run-out fly wheel | C. | Keausan pressure plate | D. | Keausan kampas kopling | E. | Keausan clutch cover |
|
|
|
14. |
Perhatikan gambar diatas ! Sebuah transmisi yang mempunyai roda gigi A: 24 , roda gigi B: 48 , roda gigi C:28 dan roda gigi D: 56, apabila mesin berputar 1000 rpm maka putaran output shaft transmisi adalah… IG = B/A X D/C A. | 100 rpm = 48/24 X 56/28 | B. | 250 rpm = 2 x 2 | C. | 400 rpm = 4 | D. | 1000 rpm n2 = 1000/4 | E. | 4000 rpm = 250 rpm |
|
|
|
15. | Apabila interlock ball mengalami keausan hal ini akan menjadikan … A. | Kendaraan ketika bejalan ditanjakan dan beban berat hilang tenaga | B. | Pada waktu pemindahan gigi kecepatan pada waktu mesin mati mengalami kesulitan | C. | Timbul bunyi berangasan di dalam transmisi pada waktu kendaraan berjalan | D. | Pada waktu kendaraan berjalan, gigi kecepatan terkadang pindah ke posisi netral sendiri | E. | Pada waktu memindahkan gigi kecepatan pada waktu berjalan mengalami kesulitan |
|
|
|
16. |
Gambar. 16
Perhatikan Gambar 16. Menunjukan salah satu pemeriksaan/pengukuran komponen pada diferensial/gardan, jenis investigasi yang dilakukan adalah… A. | Preload | B. | Backlas ring gear | C. | Run out ring gear | D. | Keausan bearing | E. | Run out side gear |
|
|
|
17. | Pada waktu kendaraan berjalan terdengar bunyi berangasan dari diferensial dikarenakan oli habis padahal gardan terlihat kering/tidak berair , salah satu penyebabnya adalah… A. | Perpak diferensia bocor | B. | Seal rear axle shaft bocor | C. | Seal pinion drive shaft bocor | D. | Backlas side gear terlalu kecil | E. | Bearing diferensial aus |
|
|
|
18. |
Gambar. 18
Perhatikan gambar diatas! Axle shaft/poros penggerak roda sepert pada gb.18 yakni tipe… A. | Full floating | B. | ¾ floating | C. | Semi floating | D. | Transaxle | E. | Knuckle shaft |
|
|
|
19. | Gambar. 19
Perhatikan gambar diatas ! Nama komponen transxle/penggerak depan Gb.19. No.3-4-5-8 adalah… A. | Pinion drive,Counter shaft, Output shaft, plat kopling | B. | Ringgear diferensial, rear axle, counter shaft, input shaft | C. | Ringgear diferensial, counter shaft, input shaft, flywheel | D. | Counter shaft, input shaft, flywheel,plat koling | E. | Rear shaft, input shaft, Ringgear diferensil, Counter shaft |
|
|
|
20. | Pada ban terdapat kode 165 S 13/6.45 S 13 – 4PR, angka S pada ban tersebut menandakan …. A. | Type ban | B. | Lebar ban | C. | Tinggi ban | D. | Diameter pelek | E. | Kecepatan kondusif maximum |
|
|
|
21. | Pada sebuah ban mengalami keausan yang lebih cepat pada bagian pinggir luar daripada bagian-bagian lainnya , hal ini disebabkan oleh… A. | Camber terlalu besar | B. | Kondisi jalan tidak rata | C. | Type ban tidak sesuai kondisi jalan | D. | Tekanan ban selalu kurang dari spesifikasi | E. | Tekanan ban selalu melebihi spesifikasi |
|
|
|
22. |
Gambar. 22
Perhatikan gambar diatas ! Tipe rem tromol ada beberapa macam, salah satu tipe rem tromol menyerupai pada gambar .22 adalah… A. | Leading trailing type | B. | Single leading type | C. | Two leading type | D. | Tipe duo-servo | E. | Uni servo type |
|
|
|
23. |
Gambar.23
Perhatikan gambar diatas ! Pada gambar.23 ditunjukan salah satu investigasi komponen sistem rem,pemeriksaan yang dilakukan yaitu… A. | Kontak/hubungan kanvas dengan Caliper | B. | Diameter kanvas rem | C. | Keausan kanvas rem | D. | Freeplay pedal rem | E. | Kebocoran caliper |
|
|
|
24. | Gambar. 24
Perhatikan gambar diatas ! Sistem kemudi pada gambar. 24 memakai gear box steering type… A. | Power steering gear box Integral type | B. | Recirculating ball type | C. | Rack and pinion type | D. | Warm and sector type | E. | Screw nut type |
|
|
|
25. | Pada waktu mengendarai kendaraan, pengemudi merasakan berat pada waktu membelok, tetapi sehabis membelok roda kemudi kembali ke posisi lurus dengan cepat maka yang harus dilakukan investigasi dan perbaikan pada… A. | Backlash roda kemudi, bolt joint tie rod | B. | Steering shaft, knuckle arm | C. | Knuckle arm, steering shaft | D. | Tie rod , relay rod | E. | Caster |
|
|
|
26. | Pada waktu kendaraan posisi berbelok, salah satu roda terseret tidak sanggup menggelinding dengan sempurna, hal ini disebabkan sudut belok roda kiri dan kanan tidak sesuai spesifikasi , hal ini disebabkan… A. | Panjang Tie rod roda kanan dengan kiri tidak sama | B. | Freeplay roda kemudi terlalu besar | C. | Salah satu lower bolt joint aus | D. | Knuckle arm bengkok | E. | Toe in terlalu besar |
|
|
|
27. |
Gambar. 27
Perhatikan gambar sistem suspensi double wishbone type berikut ini! Komponen sistem suspense pada gambar. 27 yang di tunjukan no.1,2 dan 3 adalah… A. | Lower arm, torsion spring dan strut kafe | B. | Lower arm, stabilizer dan torsion spring | C. | Lower bolt joint, stabilizer dan strut bar | D. | Bumper, strut kafe dan torsion spring | E. | Bumper, Stabilizer dan Strut bar |
|
|
|
28. |
Gambar. 28 Perhatikan gambar diatas ! Bouncing yakni gerakan naik turun kendaraan secara keseluruhan ketika melalui jalan bergelombang ketika melalui jalan bergelombang dengan kecepatan tinggi penyebabnya adalah… A. | Pegas-pegas suspensi tidak sama | B. | Pegas-pegas suspensi lemah | C. | Shock absorber terlalu besar | D. | Stabilizer kafe patah | E. | Strut kafe patah |
|
|
|
29. | Sistem lampu tanda belok lampu kiri berkedip lebih cepat dibanding lampu tanda belok kanan hal ini disebabkan oleh… A. | Flaser yang dipakai rusak | B. | Lampu tanda belok kanan putus | C. | Watt lampu tanda belok tidak sama | D. | Watt lampu tanda belok terlalu kecil | E. | Watt lampu tanda belok terlalu besar |
|
|
|
30. |
Perhatikan gambar diatas ! Untuk mengoperasikan lampu kepala jarak jauh / Head lamp / HU pada gambar rangkaian berikut, maka rangkaian harus di hubungkan melalui terminal....
A. | 1 – 2 – 3 – 4 – 6 – 10 | B. | 1 – 3 – 2 – 6 – 4 – 9 | C. | 1 – 3 – 2 – 6 – 5 – 10 | D. | 1 – 3 – 2 – 4 – 6 – 9 | E. | 1 – 3 – 2 – 4 – 6 – 10 |
|
|
|
31. | Sebuah kendaraan pada waktu lampu kepala di hidupkan , lampu tail tidak menyala , salah satu penyebabnya adalah… A. | Terlalu banyak beban pemakaian arus di kendaraan | B. | Kabel ground lampu kepala kurang baik | C. | Arus pengisian dari alternator lemah | D. | Terminal lampu kepala kiri kotor | E. | Sekering lampu tail putus |
|
|
|
32. |
Gambar. 32
Perhatikan gambar diatas ! Gambar .32 menandakan salah satu komponen sistem pengisian, komponen yang ditunjukan no.1,2 dan 3 adalah… A. | Regulator, rotor, rectifier | B. | Field coil, armature, fan | C. | Stator, armature, fan | D. | Regulator, rotor, fan | E. | Stator, rotor, fan |
|
|
|
33. | Suatu perkara pada kendaraan yaitu pada waku kunci kontak diposisikan Start “ST” Motor stater tidak berputar, solenoid tidak terdengar bunyi “klik” Apabila terminal C dihubungkan eksklusif dengan terminal 30 , motor stater sanggup berputar, hal ini salah satu penyebabnya adalah… A. | Hold in coil solenoid putus | B. | Pull in coil solenoid putus | C. | Kabel terminal 50 putus | D. | Brush motor stater aus | E. | Field coild putus |
|
|
|
34. | Pada waktu kendaraan berjalan, indicator lamp mati , pengisian berjalan normal, sehabis beberapa ketika indicator lamp hidup. Setelah diganti regulator pengisian berjalan normal, sehabis beberapa ketika indicator lamp hidup lagi demikian terus, hal ini kemungkinan komponen sistem pengisian yang rusak adalah… A. | Brush alternator hampir habis/sudah aus | B. | Kumparan regulator putus | C. | Lampu indicator putus | D. | Dioda/rectifier rusak | E. | Sekering rusak |
|
|
|
35. | Salah satu fungsi sistem AC (Air conditioning system) pada kendaraan yakni … A. | Mendinginkan mesin | B. | Menghisap udara dari luar kendaraan | C. | Membuat semburan embun didalam kendaraan | D. | Mengatur kelembaban udara didalam kendaraan | E. | Membuat udara di dalam kendaraan berbau harum |
|
|
|
36. |
Perhatikan gambar diatas ! Nama-nama komponen sistem AC(Air Conditioner system) pada gb. No. 2- 4 – 5 – 8 adalah… A. | Kondensor, Evaporator, Drier dan expansion valve | B. | Radiator, evaporator, expansion valve dan kompresor | C. | Outlet hose, inlet hose, drier, Magnetic switch | D. | Inlet hose, evaporator, drier dan kondensor | E. | Evaporator, kondensor, drier, filter |
|
|
|
37. | Pada waktu kendaraan berputar stasioner , Saklar AC di “ON” kan tetapi putaran mesin menjadi turun dan tidak normal, hal ini disebabkan oleh… A. | Freon habis | B. | Drier rusak | C. | Blower rusak | D. | Kondensor rusak | E. | Pulsation damper idle up bocor |
|
|
|
38. | Gb. 38
Perhatikan gambar diatas ! Urutan rangkaian sistem pengapian konvensional pada rangkaian primer dari gb.38 yang benar yakni sebagai berikut… A. | 1 – 2 – 4 – 3 –6 | B. | 9 – 8 – 2 – 1 – 7 | C. | 8 – 9 – 1 – 2 –7 | D. | 1 – 4 – 2 – 6 – 5 | E. | 8 – 7 - 9 – 6 – 4 |
|
|
|
39. | Sebuah kendaraan tidak sanggup berputar stasioner dengan baik, goncangan mesin besar, power mesin berkurang, materi bakar boros, padahal mesin belum usang dioverhoul dan karburator sudah dibersihkan, salah satu penyebabnya adalah… A. | Platina terbakar | B. | Vacum advancer bocor | C. | Tahana sekunder coil tidak sesuai spesifikasi | D. | Tahanan di primer coil tidak sesuai spesifikasi | E. | Tahanan Kabel busi ada yang melebihi spesifikasi |
|
|
|
40. |
Perhatikan gambar diatas ! Seorang mekanik sedang menggoyang body kendaraan beroda empat dan memperhatikan kotak battery, mekanik tersebut sedang melaksanakan pemeriksaan… A. | Ukuran battery | B. | Tegangan battery | C. | Volume Electrolit | D. | Berat jenis battery | E. | Ventilasi tutup Battery |
|
|
|
4 | 4 buah battery dirangkai secara parallel, kapasitas battery 12 Volt 50AH, berapa besarnya tegangan dan kapasitas battery yang di jumper tersebut? A. | 12 Volt, 200 AH | B. | 12 Volt, 100 AH | C. | 48 Volt, 50 AH | D. | 48 Volt, 100 AH | E. | 48 Volt, 200 AH |
|
|
|
42. | Sebuah battery tertulis angka 50 AH, apabila di isi/charging dengan cara pengisian lambat , maka besarnya arus pengisian adalah… A. | 5 Ampere | B. | 10 Ampere | C. | 12,5 Ampere | D. | 25 Ampere | E. | 50 Ampere |
|
|
|
43. | Sebuah battery tertulis kode12v NS 50 Z L, arti tulisan 50 yakni … A. | Dimensi | B. | Tegangan battery | C. | Kapasitas battery | D. | Pabrik pembuat battery | E. | Lebih kecil dari normal |
|
|
|
44. |
A b c d
Perhatikan gambar diatas ! Gambar – gambar simbol kelistrikan menyerupai gb.a, gb.b, gb.c dan gb.d yakni simbol komponen… A. | Ignation coil, Rectifier(Dioda), Bola lampu, Sekering | B. | Baterry, Kunci kontak, Bola lampu, Ground | C. | Bola lampu, Ground, Battery, Kunci Kontak | D. | Bola lampu, Dioda, Relay, kunci kontak | E. | Relay, Dioda, Battery, kunci kontak |
|
|
|
45. |
Perhatikan gambar diatas ! Urutan proses kerja motor 4 tak yakni sebagai berikut… A. | Gb. A – Gb.B -- Gb C – Gb.D | B. | Gb.A – Gb.C – Gb.D – Gb.B | C. | Gb.B – Gb. A- Gb.C – Gb.D | D. | Gb.B – Gb.D – Gb.C – Gb.A | E. | Gb.C – Gb.A – Gb.D – Gb.B
|
|
|
|
EmoticonEmoticon